Ramadhan

5 Manfaat Belajar Alquran di TPQ saat Bulan Ramadhan

manfaat belajar alquran

Salah satu ibadah yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan adalah  belajar dan membaca Al Qur’an. Belajar Al Qur’an sendiri bisa dilakukan dimana saja, namun untuk anak-anak, alangkah baiknya dilakukan di TPQ. Melalui TPQ anak-anak dapat belajar sekaligus mendalami ilmu agama dan juga Al Qur’an sebagai petunjuk bagi umat muslim di seluruh. Sebenarnya TPQ itu apa dan apa manfaat yang akan didapatkan dari anak-anak yang belajar di TPQ? Berikut penjelasan lengkapnya.

Taman Pendidikan Al Qur’an

TPQ merupakan singkatan dari Taman Pendidikan Al Qur’an. Tempat ini dinaungi oleh lembaga atau kelompok yang tujuannya adalah mengajar keagamaan, terlebih membaca Al-Qur’an. Berikut akan dijabarkan mengapa membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan menjadi suatu keutamaan, dan apa manfaat belajar Al-Qur’an di TPQ.

Sebagaimana di lansir oleh Kementerian Agama Jawa Tengah TPQ bertujuan untuk menyiapkan generasi-generasi yang Qur’ani. Berarti, generasi ini berkomitmen terhadap Al Qur’an sebagai sumber perilaku, pijakan hidup, dan rujukan segala urusan. Semua ini ditandai dengan kecintaan mereka yang mendalam terhadap Al-Qur’an, mampu membacanya, rajin membacanya, mempelajari isi serta kandungan di dalam Al-Qur’an, dan terakhir, memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut akan dijabarkan keutamaan membaca Al-Qur’an, khususnya selama bulan Ramadhan, dan apa saja manfaat belajar di sebuah TPQ.

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan

Pada artikel sebelumnya, sudah dituliskan keutamaan pada bulan Ramadhan. Pada artikel ini, akan dibahas kautamaan membaca Al-Qur’an di bulan yang penuh berkah. Keutamaan tersebut diantaranya:

  1. Pahala yang berlipat ganda

Al-Qur’an mengandung banyak kebaikan, terutama ketika kita membaca ayat-ayat tersebut. Sabda Rasulullah SAW salah satunya adalah: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

Oleh karena itu, membaca Al-Qur’an, terutama di bulan penuh kebaikan, akan memberikan pahala yang berlipat ganda

  1. Derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT

Orang-orang yang selalu membaca Al-Qur’an serta mengamalkan isinya, niscaya akan disukai oleh Allah SWT. Allah akan mengangkat derajat orang tersebut. 

  1. Mendapat ketenangan

Firman Allah SWT dalam surat Al-Isra ayat 82, yang berarti: “Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

Dari firman tersebut, dapat disimpulkan bahwa Al-Qur’an merupakan obat dari berbagai penyakit hati. Hal ini akan membuat pembaca Al-Qur’an menjadi tenang jiwanya.

  1. Pertolongan di hari kiamat kelak

Bagi orang-orang yang sering membaca Al-Qur’an akan mendapatkan pertolongan di hari kiamat kelak. 

  1. Bebas dari aduan Rasulullah SAW di hari kiamat

Membaca Al-Qur’an akan mengantarkan kemudahan kepada kita untuk menghadap Allah SWT kelak.

  1. Hadirnya malaikat

Bila sebuah rumah memiliki penghuni yang selalu membaca Al-Qur’an, tak hanya di bulan Ramadhan namun sehari-hari, maka rumahnya akan dihadiri oleh malaikat.

  1. Ditempatkan di tempat terbaik

Seorang muslim yang rajin membaca Al-Qur’an, menghafalnya, serta mengaplikasikan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-harinya, maka akan dicatat kepatuhannya kepada Allah SWT sehingga akan diberikan tempat terbaik

Manfaat Belajar Al-Qur’an di TPQ

Banyak sekali manfaat dan fungsi yang bisa diambil dari pembelajaran di sebuah TPQ. Terutama, jika ingin mempelajari Al-Qur’an. Berikut akan dijabarkan 5 manfaat belajar Al-Qur’an di TPQ:

  1. Dapat membaca ayat-ayat Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an menjadi manfaat utama belajar di TPQ. Hal ini karena, di dalam sebuah TPQ, akan diajarkan terlebih dahulu membaca Al-Qur’an secara bertahap. Hal ini sangat penting karena sebelum membaca, kita harus mengerti dan paham penulisan serta pelafalan huruf-huruf arab, sebagai bahasa utama Al-Qur’an.

  1. Dapat menuliskan ayat Al-Qur’an

Manfaat berikutnya adalah dapat menuliskan ayat Al-Qur’an. Ketika seseorang bisa membaca, maka sebaiknya mereka juga bisa menulis. Di dalam sebuah TPA, cara menulis ayat Al-Qur’an juga akan diajarkan.

  1. Dapat menghafal isi Al-Qur’an

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, orang yang dapat menghafal isi Al-Qur’an akan diberikan derajat yang lebih oleh Allah SWT. Selain itu, banyak manfaat lainnya seperti mendapat syafaat di akhir zaman. Hal ini bisa diperoleh dari pendidikan yang ada di TPQ. 

  1. Sarana untuk mengamalkan isi Al-Qur’an

Membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an tidak akan lengkap jika tidak diamalkan. Pada akhirnya, Al-Qur’an merupakan pedoman dan tuntunan hidup bagi umat muslim. Sehingga, sudah sewajarnya kita mengamalkan isi Al-Qur’an. TPQ bisa menjadi sarana untuk pengamalan isi Al-Qur’an. 

  1. Sarana untuk menanamkan ketaqwaan, keimanan, dan keislaman.

Semua poin yang telah diuraikan harus berdasarkan pada ketaqwaan kita kepada Allah, keimanan kita kepada rukun iman, dan keislaman kita. Hal ini harus diasah dan diajarkan sedini mungkin. Oleh karena itu, belajar di TPQ bisa menjadi satu cara yang bisa memberikan manfaat ini.

Itu tadi, 5 manfaat belajar Al-Qur’an di TPQ saat bulan Ramadhan. Hal ini juga menunjukkan bahwa perlu sekali pembangunan TPQ di seluruh Indonesia, guna mendidik kecintaan terhadap Al-Qur’an. Oleh karena itu, ada baiknya bila kita mem bantuan pembangunan TPQ di seluruh nusantara. Klik link di sini untuk berdonasi.