Ramadhan

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Menuju Bulan Ramadhan

persiapan ramadhan

Ramadhan akan datang dalam hitungan hari. Di bulan suci tersebut, seluruh umat muslim wajib melakukan ibadah puasa. Menahan lapar, haus, dan hawa nafsu dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari selama satu bulan penuh. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk ketaqwaan umat muslim kepada Allah SWT.

Masih banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa selain rasa lapar dan haus. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut ini:

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوْع وَالْعَطْش

Artinya: “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. An-Nasa’i).

Agar nanti ketika melaksanakan ibadah puasa kita tidak hanya mendapatkan rasa lapar dan haus saja, ada baiknya kita melakukan persiapan untuk menyambut Ramadhan. Berikut ini persiapan-persiapan tersebut.

Persiapan Ramadhan

Banyak Berdoa

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di bulan Ramadhan, banyak aktivitas yang dapat mengundang pahala jika kita melakukannya. Namun, di samping itu, bulan Ramadhan juga dipenuhi dengan berbagai cobaan yang dapat merusak puasa. Sehubungan dengan hal tersebut, kita dapat berdoa kepada Allah SWT untuk memperkuat iman agar dapat terhindar dari perbuatan-perbuatan tercela yang dapat merusak ibadah kita di bulan Ramadhan.

“Sesungguhnya Allah SWT akan membebaskan orang-orang agar terhindar dari api neraka pada hari-hari di bulan Ramadhan, kemudian untuk setiap muslim jika ia berdo’a maka pasti Allah kabulkan.” (HR. Al Bazzar, Al Haitsami yang dikutip dalam Majma’ Az Zawaid 10:14).

Menyucikan Hati

Agama menganjurkan untuk menyambut bulan penuh berkah dengan hati yang suci. Maksudnya, dalam menyambut bulan Ramadhan, sebaiknya hari kita sudah bersih dari perasaan dendam, iri, maupun dengki, terlebih kepada sesama umat muslim. Pada dasarnya, perasaan-perasaan tersebut merupakan sesuatu yang tercela, oleh karena itu sebaiknya kita membersihkan hati darinya sebelum bulan Ramadhan datang. Sebuah hadits berkata:

“Jauhi sifat hasad atau dengki, sebab sifat hasad bisa memakan setiap kebaikan sama halnya api menghabiskan kayu bakar” (HR Abu Dawud).

Salah satu ciri orang beriman adalah hatinya bersih dari perasaan dendam, iri, dan dengki. Menjalani puasa dengan hati yang suci akan dapat membuat ibadah menjadi lebih khidmat.

Mempersiapkan Fisik

Ketika berpuasa, kita diharuskan untuk menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan kalau sebenarnya puasa adalah ibadah yang berat. Oleh karena itu, agar nanti puasa yang kita jalani lancar, kita perlu untuk mempersiapkan fisik agar selalu sehat ketika berpuasa selama 30 hari. Dengan begini, kita akan terhindar dari tanggung jawab mengqadha puasa yang wajib dilakukan ketika kita tidak berpuasa karena sakit.

Memastikan Sudah Mengqadha Puasa

Melanjutkan poin sebelumnya, bahwa kita diwajibkan untuk membayar puasa di lain hari ketika kita tidak dapat melakukan puasa karena beberapa alasan, misalnya sakit atau ketika seorang wanita mengalami menstruasi. Hal ini dituangkan dalam QS. Al-Baqarah:184 yang artinya sebagai berikut:

“… Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain…” (QS. Al-Baqarah:184).

Perdalam Ilmu

Sebelum melakukan sesuatu, termasuk ibadah, seperti puasa Ramadhan, kita harus mempunyai pengetahuan atau ilmu terlebih dahulu sebelum melakukannya. Sebab, dengan ilmu, kita menjadi tahu dasar-dasar dalam menjalankannya. Misalnya, sebelum menjalankan puasa Ramadhan, kita perlu tahu soal niat atau soal apa saja yang membatalkannya sehingga puasa yang dilakukan sesuai syariat, lancar, dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Hal ini tertuang dalam sebuah hadits:

“Milikilah ilmu sebelum kamu berbicara, beramal dan melakukan aktivitas.” (HR. Bukhori).

Menyiapkan Rencana Beribadah yang Matang

Bulan Ramadhan akan sangat sayang jika kita lewatkan tanpa meningkatkan iman dengan beribadah. Oleh karena itu, Sahabat dapat mempersiapkan rencana yang matang soal ibadah apa saja dan kapan akan melakukannya saat Ramadhan. Dengan begini, semoga Ramadhan kita tidak berlalu sia-sia.

Salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan pada saat bulan Ramadhan adalah tilawah (membaca Al-Quran dengan baik dan indah). Hal ini sesuai dengan hadits sebagai berikut:

“Baca Al-Qur’an, sebab sesungguhnya pada Al-Qur’an terdapat syafaat untuk orang yang membacanya di hari kiamat” (HR. Muslim).

Bertaubat kepada Allah

Terakhir, yang tidak kalah penting untuk disiapkan sebelum Ramadhan datang adalah kita harus bertaubat kepada Allah SWT. Memohon ampunlah kepada Allah SWT atas segala perbuatan maksiat maupun tercela yang pernah dilakukan. Dengan bertaubat, semoga kita dapat meningkatkan tingkat keimanan. Berikut ini adalah hadits yang menjelaskan tentang taubat:

“Apabila kamu telah melakukan dosa bahkan hingga dosa tersebut telah sampai ke matahari, namun kemudian kamu bertaubat, maka Allah SWT tetap akan mengampuni dosa-dosamu.” (Ibnu Majah).

Agar dosa dapat diampuni oleh-Nya, kita harus bertaubat dengan sungguh-sungguh, diniatkan dari hati terdalam serta tidak akan mengulangi perbuatan-perbuatan maksiat maupun tercela lagi.

Itulah beberapa hal yang perlu Sahabat persiapkan sebelum bulan Ramadhan tiba. Selain mempersiapkan fisik, secara keimanan juga kita harus mempersiapkannya. Semoga dengan mempersiapkan hal-hal yang sudah disebutkan tadi, kita tidak termasuk orang-orang yang hanya mendapatkan rasa haus dan lapar saja ketika berpuasa Ramadhan.

Intinya adalah, kita harus banyak berbuat baik sebelum Ramadhan tiba. Sahabat dapat menyebarkan kebaikan tersebut dengan cara ikut membantu saudara-saudara muslim di pedalaman untuk membangun masjid pertama di kampungnya bersama Insan Bumi Mandiri. Semoga dengan bantuan Sahabat, mereka sudah dapat beribadah di masjid maupun mushola ketika Ramadhan tiba.

Baca juga : Apa Hukumnya Membatalkan Puasa dengan Sengaja di Bulan Ramadhan

Sumber artikel:
https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/persiapan-menyambut-ramadhan
https://www.tokopedia.com/blog/persiapan-menyambut-ramadan-slm/?utm_source=google&utm_medium=organic