Ramadhan

Amalan Wajib yang Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

amalan bulan ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat muslim. Terdapat beberapa keistimewaan yang menjadikan bulan Ramadhan berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Salah satu keistimewaan tersebut misalnya, dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka pada saat Ramadhan. Hal tersebut sesuai dengan hadits berikut ini:

Ketika datang (bulan) Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu” (HR Bukhari dan Muslim).

Oleh karena keistimewaan tersebut, sayang jika kita melewatkan bulan Ramadhan begitu saja tanpa berbuat kebaikan dan memperbaiki diri. Banyak amalan-amalan yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan. Sehubungan dengan hal ini, kami punya beberapa amalan yang bisa Sahabat lakukan pada saat bulan Ramadhan. Berikut ini amalan-amalan tersebut.

Amalan Bulan Ramadhan

1. Puasa

Puasa adalah amalan yang paling utama dan wajib dilakukan pada saat Ramadhan. Dalam berpuasa kita dituntut untuk menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Selain akan mendatangkan pahala, dengan berpuasa kita juga bisa lebih sehat.

Ibadah adalah salah satu ibadah yang cukup berat. Oleh karena itu, bagi orang yang tidak mampu melakukannya dengan alasan tertentu, misalnya sakit, orang tersebut diperbolehkan tidak berpuasa dengan syarat harus mengganti puasa yang ditinggalkan tersebut di hari lain. Ketika seseorang tersebut tidak dapat menggantinya, maka diwajibkan atasnya untuk membayar fidyah.

2. Tadarus Al-Quran

Pada saat bulan Ramadhan, biasanya banyak terdengar lantunan ayat Al-Quran dari masjid maupun mushola di sekitar kita ketika selesai tarawih. Sahabat dapat melakukan kegiatan tadarus tersebut di rumah setelah selesai sholat wajib, misalnya.

BIasanya, orang-orang yang tadarus di masjid maupun mushola setelah sholat tarawih, akan melakukannya hingga tengah malam. Bahkan, mereka biasanya khatam berkali-kali dalam satu bulan Ramadhan. Namun, khatam ini bukanlah sebuah keharusan, yang paling penting adalah rutin melakukannya setiap hari.

3. Sholat Tarawih

Ibadah sunnah yang satu ini hanya dilakukan ketika bulan Ramadhan. Sholat tarawih dilakukan setelah sholat isya. Walaupun ibadah ini tergolong sunnah, namun pahalanya sangat melimpah. Oleh karena itu, tetap disarankan melakukan tarawih ketika bulan Ramadhan agar meningkatkan keimanan kita.

Walau normalnya sholat tarawih dilakukan secara berjamaah sebanyak 23 rakaat atau 11 rakaat, para ulama sebenarnya sepakat bahwa sholat tarawih diperbolehkan untuk dilakukan sendiri di rumah. Oleh karena itu, jika ada suatu alasan yang tidak memungkinkan Sahabat melakukan sholat tarawih berjamaah di rumah, Sahabat bisa melakukannya di rumah.

4. Sholat Malam

Selain tarawih, ada satu lagi amalan pada malam hari yang dapat Sahabat lakukan. Amalan tersebut adalah amalan sholat malam yang dapat dilakukan sebelum atau sesudah tidur. Sholat malam ini bisa dilakukan sebanyak dua rakaat dengan waktu terbaiknya dilaksanakan pada sepertiga malam atau pukul 2 hingga 3 dini hari.

Karena pada bulan puasa kita harus bangun sahur, kita bisa sekalian melakukan sholat malam. Sahabat bisa bangun lebih awal untuk melakukan sholat malam terlebih dahulu sebelum melakukan sahur.

5. Berdiam Diri di Masjid

Ketika sedang tidak ada kegiatan lain yang harus dilakukan pada saat bulan Ramadhan, ada baiknya kita berdiam diri di masjid atau mushola. Dengan berdiam diri di masjid, kita dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan yang berpotensi mengurangi pahala atau bahkan membatalkan puasa kita.

Pada saat Sahabat berdiam diri di masjid, Sahabat dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, misalnya membaca Al-Quran.

6. Beribadah pada Malam Lailatul Qadar

Sepuluh hari terakhir pada bulan Ramadhan, khususnya pada malam-malam ganjil merupakan malam Lailatul Qadar. Sahabat dapat beribadah sholat Lailatul Qadar pada malam-malam ini.

Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril pada malam Lailatul Qadar ini. Malam Lailatul Qadar bahkan dalam Al-Quran disebutkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

“Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al-Qadr: 3).

7. Bersedekah

Bulan Ramadhan adalah waktu terbaik untuk melakukan sedekah. Rasulullah SAW pernah ditanya soal ini; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah di bulan Ramadhan”. (HR. Tirmidzi).

Sedekah tidak harus banyak yang penting kita ikhlas dalam melakukannya. Maka dari itu, untuk bersedekah kita tidak harus menunggu mempunyai kondisi finansial yang stabil. Sahabat dapat memberikan apapun sesuai dengan kemampuan.

8. Memperbanyak Doa

Berdoalah sebanyak-banyaknya ketika sedang berpuasa. Doa yang dipanjatkan oleh orang yang sedang berpuasa lebih mustajab atau lebih mudah untuk dikabulkan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadits sebagai berikut:

“Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi.” (HR. At Tirmidzi).

Sahabat dapat berdoa ketika selesai sholat. Lakukanlah secara rutin hal ini untuk mendapatkan keberkahan Allah SWT.

9. Memohon Ampun kepada Allah SWT

Menyambung soal memperbanyak doa tadi yang bisa Sahabat lakukan setiap selesai sholat, Sahabat juga bisa memohon ampunan kepada Allah SWT pada waktu tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, bahwa pada bulan Ramadhan pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Oleh karena itu, kita dapat memanfaatkan hal ini dengan memohon ampunan kepada Allah SWT. Semoga dengan memohon ampun kepada-Nya, dosa-dosa kita dapat diampuni.

10. Membantu Sesama

Membantu orang lain dapat dilakukan kapan saja, terlebih pada bulan Ramadhan. Kita dapat membantu orang lain dengan bersedekah semampu kita. Karena selama bulan Ramadhan kita berpuasa, kita juga dapat membantu orang lain dengan memberikan makanan untuk berbuka. Namun, perlu diingat bahwa dalam membantu orang lain, kita harus ikhlas dan sesuai dengan kemampuan.

Selain mendapatkan pahala, kita juga dapat memperkuat hubungan persaudaraan dengan membantu orang lain. Oleh karena itu, jangan sekali-kali berpikir dengan membantu orang lain kita akan merugi.

Itulah beberapa saran amalan yang dapat Sahabat lakukan selama Ramadhan. Walaupun banyak diantaranya yang tidak wajib hukumnya, kita tetap dianjurkan untuk melakukannya agar tidak melewatkan keistimewaan Ramadhan begitu saja. Walaupun Ramadhan belum tiba, beberapa amalan di atas sudah ada yang dapat dilakukan dari sekarang, misalnya bersedekah.

Untuk bersedekah, Sahabat dapat bergabung bersama Insan Bumi Mandiri dalam membantu Aqilah yang sedang sakit anemia aplastik. Semoga dengan bantuan Sahabat, Aqilah dapat segera sembuh.

Baca juga : Apa Hukumnya Membatalkan Puasa dengan Sengaja di Bulan Ramadhan

Sumber artikel:
https://yatimmandiri.org/blog/inspirasi/amalan-di-bulan-ramadhan/
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6021925/5-amalan-di-bulan-ramadhan-yang-sesuai-sunah-rasulullah-saw
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210415180901-284-630549/6-ibadah-sunah-dan-amalan-lailatul-qadar