Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan bagi Umat Islam

keutamaan bulan ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang cukup istimewa bagi umat muslim. Keistimewaan tersebut tak lepas dari kemuliaan dan keberkahan yang dibawanya. Kemuliaan dan keberkahan inilah yang kemudian membuat umat muslim merasakan nikmatnya menjalani ibadah pada saat bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan akan sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa kita meningkatkan keimanan dan memperbaiki diri.

Selama bulan suci Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk banyak berdoa ke Allah SWT. Selain itu, umat muslim juga dianjurkan untuk berbuat kebaikan, baik ke sesama manusia maupun ke alam yang diciptakan-Nya. Alangkah indahnya jika kita dapat melakukan ketiga hal tadi agar mendapatkan keutamaan maupun merasakan keistimewaan bulan Ramadhan. Lalu apa saja keutamaan bulan Ramadhan tersebut?

Keutamaan Bulan Ramadhan

Setidaknya ada tiga keutamaan bulan Ramadhan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. Tiga keutamaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pahala berlipat ganda

Bagi umatnya yang melaksanakan ibadah maupun melakukan kebaikan di bulan Ramadhan, Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda. Ambil contoh puasa itu sendiri, yang pahalanya sama dengan sepuluh bulan. Dari riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang berpuasa (pada bulan) Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan. Dan siapa (yang berpuasa setelah itu) berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawal), hal itu (sama nilainya dengan puasa) sempurna satu tahun.” (HR. Ahmad).

2. Terkabulnya doa-doa

Doa yang dipanjatkan pada saat bulan Ramadhan lebih mustajab atau lebih mudah dikabulkan. Oleh karena itu, Ramadhan merupakan waktu terbaik untuk memperbanyak doa. Hal ini sesuai dengan hadist sebagai berikut:

“Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi.” (HR. At Tirmidzi).

3. Puasa Ramadhan adalah bagian dari rukun Islam

Setiap umat muslim wajib untuk melakukan amalan yang tercantum dalam rukun islam. Salah satu dari amalan tersebut adalah puasa Ramadhan. Puasa Ramadhan adalah rukun Islam yang keempat. Dari riwayat Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda:

Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan haji ke Baitullah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Selain memiliki keutamaan yang berbeda dari bulan-bulan lain, bulan Ramadhan juga memiliki beberapa keistimewaan. Keistimewaan tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Diturunkannya Al-Quran

Al-Quran diturunkan di Gua Hira, sebelah utara Mekkah pada 17 Ramadhan 610 M. Peristiwa ini adalah bukti nyata atas kemuliaan bulan Ramadhan. Surah Al-Baqarah ayat 185 menjelaskan peristiwa ini

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)…” (QS. Al-Baqarah: 185).

2. Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Keistimewaan bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah dibukakannya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka. Melalui ini, Allah SWT memberi kesempatan kepada hambanya-Nya untuk masuk surga dengan mengerjakan amalan-amalan dan berbuat kebaikan selama bulan Ramadhan. Hal ini dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim sebagai berikut:

Ketika datang (bulan) Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Terdapat malam Lailatul Qadar

Berikutnya, mungkin yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi umat muslim, bahwa di dalam bulan Ramadhan ada malam yang dinamakan dengan malam Lailatul Qadar. Malam ini terletak pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Pada malam tersebut, Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Malam Lailatul Qadar bahkan dalam Al-Quran disebutkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

“Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al-Qadr: 3).

4. Umrah di bulan Ramadhan sama dengan pahala haji

Kemudian, keistimewaan bulan Ramadhan yang keempat adalah bagi mereka yang melaksanakan umrah pada bulan Ramadhan, maka mereka mendapatkan pahala setara pergi haji. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan sama dengan pahala haji.” (HR Bukhari).

5. Puasa dan mengaji jadi syafaat di akhirat

Setelah itu, ada keistimewaan yang lain, yaitu berpuasa dan mengaji kelak akan memberikan syafaat kepada orang yang menunaikannya. Rasulullah SAW bersabda:

“Puasa dan Al Quran akan memberikan syafaat seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: “Ya Rabbi, aku mencegahnya dari makan dan minum di siang hari”, ِAl Quran juga berkata: “Aku mencegahnya dari tidur dimalam hari, maka kami mohon syafaat buat dia.” Beliau bersabda: “Maka keduanya dibolehkan memberi syafaat.”” (HR Ahmad).

6. Waktu terbaik untuk melakukan sedekah

Keistimewaan bulan puasa yang terakhir adalah bulan Ramadhan itu sendiri merupakan waktu paling baik untuk bersedekah. Rasulullah SAW pernah ditanya soal ini; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah di bulan Ramadhan”. (HR. Tirmidzi).

Selain itu, mengenai berbagi, Allah SWT juga berjanji akan melipatgandakan rezeki orang yang bersedekah atau berbagi. Hal tersebut sesuai dengan QS. Al-Hadid: 18 yang artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS. Al-Hadid: 18).

Ramadhan akan tiba dalam hitungan hari. Semoga dengan mengetahui keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan, Sahabat akan mendapatkan berkah dari Allah SWT ketika menjalani ibadah di bulan Ramadhan nanti. Sehubungan dengan hal ini, maka mari kita berbagi dan berbuat kebaikan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Salah satu yang Sahabat dapat lakukan adalah dengan membantu saudara-saudara muslim di pedalaman yang tidak memiliki masjid maupun mushola di kampungnya bersama Insan Bumi Mandiri. Semoga, dengan Sahabat ikut membantu, saudara-saudara muslim di pedalaman dapat secepatnya mempunyai masjid atau mushola agar ketika Ramadhan tiba, mereka dapat beribadah di sana.

Baca juga : 10 Kegiatan di Taman Pendidikan Al-Quran

Sumber artikel:
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220330121626-289-777885/keutamaan-dan-keistimewaan-ramadan-bagi-umat-islam
https://www.merdeka.com/trending/12-keistimewaan-bulan-ramadhan-dalam-al-quran-pahami-agar-raih-keutamaan-bulan-suci-kln.html