Pendidikan Produktivitas

Anda Ingin Produktif Bekerja di Rumah? Lakukan 5 Tips Berikut

Menghadapi virus Covid-19 yang tak kunjung berakhir, terus dihadapkan berita dan kabar yang justru membuat kita semakin pesimis juga berpikiran negatif. Kebosanan mulai melanda ketika kita terus berada di rumah. Dampaknya, produktivitas menurun dan pekerjaan menjadi ikut terbengkalai. 

Padahal, bagi kita yang tetap harus bekerja di tengah Covid-19 dituntut untuk menyelesaikan tugas-tugas dan bersikap professional. Namun, dengan kita bekerja di rumah hal tersebut menjadi tidak mudah. Kita harus berhadapan dengan beragam godaan dan urusan rumah tangga yang terkadang mengganggu pekerjaan kita.

Tetap Produktif Bekerja di Rumah

Nah, bagaimana tips efektif agar tetap prouktif selama bekerja di rumah? Mari simak ulasannya sebagai berikut:

1. Selalu Mengawali Hari dengan Rutinitas

selalu mengawali hari dengan rutinitas

Mengawali hari dengan baik sangat penting dalam menentukan mood kita selama 24 jam ke depan. Jika kita memulai hari dengan berantakan, maka diperkirakan pekerjaan kita juga akan ikut berantakan. 

Sahabat bisa mencoba mengawali hari dengan rutinitas yang biasa dilakukan ketika pergi ke kantor di hari biasa. Seperti mandi, berpakaian rapi, ataupun bersolek serta memakai parfum.  Memang terdengar sederhana, namun dampaknya sangat efektif dalam meningkatkan mood serta konsentrasi Sahabat dalam bekerja.

Baca Juga : 19 Kabar Baik dari Covid-19 yang Perlu Kita Syukuri

2. Siapkan ruangan khusus

menyiapkan ruangan khusus untuk WFH

Berbeda dengan bekerja di kantor, ketika kerja di rumah potensi gangguan itu sangat besar terjadi. Sahabat dapat mengantisipasi hal itu dengan cara menyiapkan ruangan khusus untuk dijadikan ‘tempat kerja’. Pilihlah tempat yang sama setiap hari, dengan meja, kursi, dan juga suasana yang mendukung pikiran Sahabat agar tetap tenang dalam bekerja.

Usahakan tempat tersebut juga jauh dari gangguan yang berpotensi mendistrak pikiran kita, seperti suara TV, barang yang berantakan, ruang main anak, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 8 Perilaku yang Berubah Selama Virus Covid-19

3. Mengatur Jadwal

mengatur jadwal yang tepat untuk bekerja di rumah

Tak bisa dipungkiri, kerja di rumah lebih membuat kita bosan dan kurang serius. Sahabat bisa membuat jadwal harian, kapan harus kerja dan kapan harus berhenti sejenak untuk refreshing. Dengan adanya jadwal tersebut, pikiran kita akan lebih terstruktur dan meminimalisir adanya waktu yang terbuang sia-sia.

4. Berinteraksi dengan Teman Kantor

berinteraksi dengan teman di kantor

Berkat kemajuan teknologi, jarak bukan jadi penghalang untuk bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Ada baiknya Sahabat tetap berinteraksi dengan teman sekantor agar tidak stress dan malas. Mengobrol dengan orang lain juga dapat meningkatkan mood kerja kita dan memperbaiki mental yang terganggu akibat kerja di rumah.
Sahabat bisa memanfaatkan beragam platform seperti zoom, google meet, whatsapp call, cloud X, dan aplikasi lainnya.

Baca Juga : Cara Menjaga Mentalmu Tetap Baik-baik Saja

5. Sempatkan Waktu dengan Orang Tersayang

menyempatkan waktu dengan orang terkasih dalam hidup

Jangan sampai pekerjaan melupakan kita dari orang-orang sekitar. Sahabat bisa memanfaatkan waktu luang untuk berinteraksi dengan istri, anak, atau anggota keluarga yang lain. Hal tersebut dapat mengurangi stress karena tekanan kerja sehingga Sahabat bisa semakin produktif lagi ketika bekerja di rumah.

Itu tadi 5 tips yang dapat dilakukan agar bisa tetap produktif ketika bekerja di rumah. Semoga kita terus diberi kemudahan dan covid-19 dapat cepat berlalu dari hidup kita. Amiin..

Sahabat, tidak semua orang masih diberi kesempatan untuk bekerja, ada saudara-saudara kita yang dirumahkan akibat Covid-19, mari kita bersama-sama bantu mereka, klik di sini.

pendidikan untuk semua insan bumi mandiri