Tentang IBM

5 Cara Menjaga Mentalmu Tetap Baik-Baik Saja

Beberapa hari lalu, kita semua dihebohkan oleh kasus seorang anak remaja berusia 15 tahun membunuh tetangganya yang berumur 5 tahun. Sahabat tentu bertanya-tanya, kenapa itu bisa terjadi?

Isu tersebut tidak bisa terlepas dari kesehatan mental. Semakin banyak tuntutan serta tekanan dalam hidup membuat kita mudah sekali merasa stres, entah itu karena masalah pekerjaan, pendidikan, bisnis, karir, dan lain sebagainya. Apalagi kita sedang dihadapkan oleh Virus Corona yang sudah mulai masuk ke Indonesia. Rasa panik, khawatir, dan takut tentu mudah sekali dirasakan oleh masyarakat belakangan ini.

Pentingnya Menjaga Mental

Masalah kesehatan mental ini tidak boleh dianggap sebelah mata loh, Sahabat. Sebab menjaga mental kita tetap sehat sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Ketika mental seseorang terganggu dalam jangka waktu yang lama, dapat mengubah karakternya menjadi negatif dan dapat semakin parah.

Yuk, simak cara-cara yang dapat dilakukan agar mental Sahabat bisa terus terjaga dengan baik.

1. Berpikir Positif 


Meski sederhana, berpikir positif dapat membuat Sahabat tetap tegar walaupun dihadapkan oleh masalah yang berat. Salah satu caranya adalah dengan bersyukur atas semua yang Sahabat alami. Seburuk apapun itu, usahakanlah untuk menyempatkan waktu mencari alasan untuk bersyukur. Bersyukur juga dapat membuat Sahabat lebih bahagia.

Baca Juga : 20 Tips Milennials Menjelang Ramadhan

2. Olahraga


Ketika berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang gunanya meningkatkan suasana hati dan juga menghilangkan stres. Jika Sahabat mudah merasa stres, maka dapat meluangkan waktu untuk berolahraga. 30 menit adalah waktu yang ideal untuk berolahraga setiap harinya. 

Cobalah untuk melakukannya di luar ruangan. Sinar matahari dapat membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang memicu otak untuk menghasilkan hormon hormon pencegah depresi, serotonin.

Baca Juga : Stop Bullying! Support Penderita Facial Cleft

3. Terbuka dengan Orang Lain

700


Masalah berat yang menimpa membuat Sahabat terkadang malu untuk menyampaikannya kepada orang lain. Padahal, terlalu lama menyimpan masalah sendirian juga tidak baik. 

Sahabat bisa memulai dengan mengekspresikan emosi kepada teman terdekat maupun dengan keluarga. Terhubung dengan orang-orang bisa membantu menenangkan pikiran dan juga melepaskan pikiran dari perasaan yang selama ini menyiksa.

 

Baca Juga : Qurban di Pedalaman, 4 Tahun Berlayar di Pedalaman

4. Pola Tidur yang Baik

Beberapa penelitian menunjukkan, kualitas tidur seseorang dapat berdampak pada suasana hati yang dimiliki. Jika Sahabat memiliki kebiasaan begadang, cobalah untuk menguranginya. Tidur selama 7 jam per hari dapat menjaga mental Sahabat tetap terjaga dengan baik.

Baca Selengkapnya : Mengenal Facial Cleft

5. Berbagi dengan Orang Lain

Melakukan kebaikan dapat membuat Sahabat merasa bahagia dan bersyukur dengan apa yang dimiliki. Sahabat bisa mengikuti kegiatan-kegiatan sosial atau dengan berdonasi di lembaga sosial yang sekarang sudah banyak jumlahnya. Jika Sahabat tidak mau ribet, dapat berbagi melalui smartphone lewat website Insan Bumi Mandiri.
 
Itulah 5 cara yang bisa Sahabat lakukan untuk menjaga agar kondisi mental tetap baik. Semoga Sahabat terus diberi kebahagiaan dan rasa syukur yang berlimpah agar dapat menjalani hari dengan semangat.

donasi pedalaman bantu mereka yang membutuhkan