Pendidikan

3 Tips Sederhana buat Kamu yang Ingin Bekerja sambil Kuliah

kerja sambil kuliah

Pernahkah Sahabat terlintas pertanyaan “apakah sekolah itu wajib?”. Jawabannya bisa “iya” bisa juga ”nggak juga ah”. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan dan juga prioritas setiap orang yang berbeda-beda. Akan tetapi, jika kita bicara pendidikan sebagai salah satu kendaraan bagi seseorang untuk menggapai kesuksesan, maka jawaban tersebut mutlak: iya.

Melalui pendidikan, kita bisa mempelajari sesuatu yang baru, meningkatkan mobilitas sosial serta yang terpenting adalah dapat merubah pola berpikir (mind-set) dan juga sikap seseorang. Hal tersebut tentu bisa menjadi salah satu faktor yang dapat membuat seseorang dapat meraih impian dan juga tujuan dalam hidupnya.

Masalah dalam Pendidikan

Salah satu permasalahan yang seringkali dihadapi oleh siswa dan juga mahasiswa adalah biaya. Kebutuhan biaya pendidikan dan juga akomodasi yang tinggi tidak jarang membuat semangat mereka untuk berkuliah maupun sekolah jadi menurun.

Meskipun beberapa institusi telah menyediakan beasiswa yang dapat mengcover biaya kuliah sampai biaya kehidupan sehari-hari, terkadang masih belum cukup untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari mereka.

Tidak Ingin Mereportkan Orang Tua

Tak jarang ada yang merelakan waktu luangnya untuk bekerja karena tidak mau terus merepotkan orang tuanya. Mereka bekerja untuk mendapatkan penghasilan dengan harapan mampu mencukupi kebutuhan hidupnya. Nah, jika ada dari Sahabat yang sedang berpikir untuk mencari pekerjaan ketika sedang menempuh pendidikan. Berikut beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan namun tetap tidak meninggalkan tanggung jawab utama sebagai mahasiswa.

Bekerja, Bisnis, dan Kuliah

1. Kuliah sambil Kerja Part-time

Menjalani kuliah apalagi secara reguler tentu cukup menguras waktu, uang maupun tenaga. Kondisi tersebut tak jarang menuntut mereka agar dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

Buat kamu mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan dan itu menjadi kesibukan utama, mendaftar sebagai pekerja paruh waktu bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang namun tetap menambah penghasilan juga.

Bisa dimulai dari mengajar les secara privat, menjadi seorang penjaga toko, warnet maupun coworking space sampai bisa juga menjadi seorang barista yang bekerja hanya pada saat akhir pekan saja.

Baca Juga: 3 Hobi Bermanfaat yang Bisa Mendatangkan Rezeki

2. Kuliah sambil Berbisnis

Selain untuk belajar di dalam kelas, sebagai mahasiswa kita juga perlu untuk belajar di luar kelas. Ada begitu banyak kegiatan yang dapat Sahabat ikuti seperti menjadi seorang relawan (volunteer), mengikuti perlombaan, menjadi  pengurus sebuah organisasi serta bisa juga mendaftarkan diri untuk menjadi panitia di kampus.

Namun, ternyata ada juga alternatif lain yang bisa kamu coba untuk tetap menambah pengalaman sembari juga menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan cara memulai menjadi seorang pebisnis.

Tentu, untuk awal-awal tidak harus langsung berbisnis dengan modal yang begitu besar. Sahabat bisa memulai dengan menjadi seorang reseller yang menjual barang maupun jasa melalui platform online. Tidak melulu harus membuat produk baru, sekarang sudah banyak sekali produk yang membuka peluang untuk re-seller.

3. Kerja sambil Kuliah

Nah, sebaliknya untuk poin ini, justru kuliahnya yang part-time, atau paruh waktu. Ya, tentu bisa juga. Bagi Sahabat yang sudah terlanjur bekerja dan memiliki tanggung jawab sehingga tidak memungkinkan untuk kuliah, dapat mengambil kelas karyawan sebagai solusi alternatif.

Ada begitu banyak kampus saat ini yang menyediakan jenjang kelas karyawan baik jenjang Diploma maupun Sarjana. Tidak hanya itu, Sahabat juga bisa mengambil beberapa kursus yang menunjang pekerjaan Sahabat misalnya seperti bootcamp untuk pelatihan Digital Marketing hingga menjadi seorang Developer di bidang IT.

Baca Juga: 4 Keuntungan Melaksanakan Shalat

Tips Bekerja sambil Kuliah?

Bagaimana Sahabat? Setelah kamu membaca beberapa peluang untuk tetap mendapatkan penghasilan meskipun sedang menyandang status sebagai mahasiswa, mulai tercerahkan kah?

Setiap orang memiliki keterbatasan juga dengan kesibukannya masing-masing, beberapa tips yang biasanya kita temui di internet bisa jadi akan bekerja untuk diri kita, bisa juga tidak bekerja (bahkan sama sekali).

Namun, setidaknya ada beberapa hal penting yang seringkali muncul dalam teks tersebut, diantaranya:

1. Jangan Melupakan yang Utama

Kuliah memang nomor 1 namun itu bukan berarti pekerjaan yang sedang dilakukan adalah nomor ke sekian. Lah, kok jadi seperti itu? Pasalnya ketika kita memiliki amanah lebih dari satu, maka semuanya merupakan hal yang penting. Akan tetapi, dalam waktu tertentu ada yang memang perlu untuk diutamakan serta menunda kegiatan lainnya.

2. Manajemen Diri=Manajemen Waktu

Banyak yang bicara bahwa dalam manajemen waktu itu berarti waktu yang kita atur, padahal dalam kenyataannya justru kita yang sedang mengatur diri kita sendiri. Mengenal diri sendiri, tanggung jawab, kebutuhan serta keinginan menjadi salah satu kunci untuk manajemen diri.

Hal tersebut terjadi karena pada saat kita lebih mengenal diri kita sendiri, maka kedepannya akan lebih memudahkan untuk mengontrol diri sendiri. Mengetahui batasan serta potensi yang ada di dalam diri sendiri.

Sahabat, buat kamu yang saat ini sedang bekerja sambil menuntut ilmu, kamu tidak sendirian. Beberapa saudara kita juga mengalami kondisi yang sama. Tetap semangat yah. 

pendidikan untuk semua insan bumi mandiri