Pendidikan

3 Hobi Bermanfaat yang Bisa Mendatangkan Rezeki

hobi yang bisa mendatangkan rezeki

Apakah Anda pernah memiliki waktu luang? Jika jawabannya “iya”, maka saat ini Anda sedang berada di artikel yang tepat. Coba luangkan waktu selama beberapa menit saja untuk membaca artikel ini.

Seperti kita ketahui, memiliki waktu luang adalah salah satu hal yang dinantikan oleh banyak orang. Dengan adanya waktu luang, maka manusia jadi lebih tenang dalam menjalani hidup, mempunyai banyak waktu untuk bersama dengan orang yang dicintai serta hidup menjadi lebih produktif.

Memanfaatkan Waktu Luang

Biasanya seseorang memanfaatkan waktu luang untuk melakukan berbagai hal mulai dari bersantai dengan menonton youtube, nongkrong bersama dengan teman atau bahkan bisa juga melakukan hobi yang menyenangkan.

Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, aktivitas banyak dihabiskan di rumah. Alhasil, menjalankan hobi untuk mengisi waktu luang bisa jadi merupakan hal positif. Selain menjadi hal yang positif juga bisa meningkatkan kualitas diri kita.
 
Akan tetapi kebanyakan orang belum menemukan suatu hobi yang bisa ia lakoni karena berbagai kendala mulai dari waktu, tenaga, dan juga biaya. 

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Nikmat Sehat dan Waktu Luang

Sebenarnya Hobi itu Apa?

Sebelumnya mari kita definisikan terlebih dahulu tentang hobi. Hobi sendiri merupakan kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. 

Lalu pertanyaannya adalah, hobi apa sih yang bisa kita lakukan pada saat sedang ada waktu luang? Terutama pada saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini yang bisa membuat Anda menjadi semakin produktif. Berikut ulasannya:

1. Membaca Membuka Cakrawala Ilmu

membaca membuka pemikiran
Dengan membaca kamu bisa membuka cakrawala ilmu baru.

Yap, membaca. Mungkin ada sebagian dari kita yang tidak suka dengan membaca buku. Jangankan untuk membaca buku yang tebal-tebal, melihatnya saja kadang sudah terbayang betapa membosankan. Tapi tahukah Anda, bahwa ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan baik ini?

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan di antaranya mulai dari menambah wawasan dan juga ilmu, melatih kemampuan berpikir dan daya ingat, memperkaya kosakata, serta meningkatkan konsentrasi dan memori.

Namun, tenang! Bagi Anda yang memang tidak terbiasa untuk membaca buku, Anda bisa memulai dengan membaca artikel-artikel ringan. Misalnya seperti artikel-artikel yang ada di sini, komik, maupun surat kabar atau berita yang bisa dengan mudah kita akses melalui telepon genggam yang kita miliki. 

Mulailah dengan membaca dari hal-hal yang diminati serta mulai konsisten dari hal-hal yang terkecil. Karena, semakin kita banyak membaca, maka minat kita pun akan bertambah juga. 

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, membaca juga bisa meningkatkan kemampuan menulis juga.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Membaca Buku Digital atau Cetak? 
  

 

2. Menulis: Berkarya Sembari Menuangkan Inspirasi

tuliskan apa pun yang ingin Anda tuangkan
Tuliskan apa saja yang bisa kamu tulis.

Kebiasaan menulis diyakini memiliki segudang manfaat. Mulai dari hal yang kecil sampai hal-hal yang besar. Beberapa manfaat dari menulis bisa kita rasakan secara instan. Misalnya, saat Anda sedang stress atau terlalu overthinking dengan hidup yang sedang dijalani. Anda bisa mencoba menuliskan apa yang anda pikiran di buku catatan harian atau biasa kita kenal dengan diary. Kebiasaan ini saat ini dikenal dengan nama journaling.

Saat sedang merasa bahwa hidup kita kurang beruntung, bisa membuat grateful journal sebelum tidur. Dan saat kita memiliki tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai bisa juga dengan memulai menuliskan impian kita satu per satu di dalam secarik kertas dan kemudian menempelkannya di dinding.

Selain menulis untuk pribadi, kita juga bisa menuliskan hal-hal yang sifatnya bisa menarik rezeki. Menulis bisa kita lakukan pada saat kita ingin mendaftar sesuatu. Misalnya saat ini Anda baru saja lulus dari sebuah perguruan tinggi. Kemudian ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih jauh lagi. Biasanya akan disuruh untuk membuat essay untuk disertakan dalam lampiran.

Selain hal-hal yang bisa dilihat secara jangka pendek, menulis dalam jangka waktu yang panjang bisa membuat kita menjadi orang yang memiliki pemikiran yang lebih kritis. Sehingga ide-ide baru pun akan bermunculan. Bisa jadi saat Anda mempunyai ide baru Anda bisa membicarakannya dengan teman maupun orang terdekat.

Baca Juga: 5 Resolusi yang Wajib Dimiliki di Awal tahun

3. Diskusi untuk Menyelsaikan Permasalahan

diskusi untuk selesaikan permasalahan dalam hidup
Berdiskusi dengan sesama untuk selesaikan permasalahan.

Selain menulis dan juga membaca salah satu hobi yang cukup mendasar dan bisa mendatangkan rezeki adalah dengan cara sharing. Tidak harus kita menunggu orang lain untuk memberitahu. Bisa dimulai dari kita untuk membicarakan sebuah ide yang terlintas di pikiran juga termasuk ke dalam sharing.

Berbeda dengan harta, ilmu yang dibagikan bukannya semakin berkurang, justru malah akan semakin bertambah. Namun, harta yang disedekahkan akan menjadi pahala dan investasi untuk dunia dan juga di akhirat kelak. Seperti dijelaskan dalam hadist di bawah ini.

Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya.” (HR Muslim).

Semoga kita senantiasa belajar dan juga bertumbuh agar dapat memberikan kebermanfaatan kepada orang-orang yang ada di sekeliling kita.

Berbicara Tentang Rezeki

Kebanyakan orang berpikir bahwa rezeki itu hanya berupa harta saja. Rezeki bisa memiliki bentuk yang beragam bisa itu nikmat sehat, ilmu yang bermanfaat, teman yang baik, maupun hati yang senantiasa tenteram.

Kita bisa memandang hidup ini sebagai rezeki (pemberian) dari Allah Swt saat kita memandang segala sesuatu dengan cara yang berbeda.

pendidikan untuk semua insan bumi mandiri