Kesehatan

Mengatasi Overthinking: Penyebab, Dampak Hingga Solusinya

overthinking adalah

Masalah dalam hidup itu seperti kemestian. Seluruh manusia pasti pernah mengalami masalah, entah itu besar atau kecil rasanya ada saja yang membuat pikiran menjadi kusut sampai terkadang membuat kepala menjadi sakit. Kondisi tersebut memang wajar karena keadaan psikologis sangat berkaitan erat dengan kesehatan fisik seseorang, biasanya hal tersebut disebut dengan psikosomatis.

Masalah yang dipikirkan berlarut-larut ternyata bisa memperburuk keadaan, hingga akhirnya secara tidak sadar membawa seseorang dalam lembah overthinking. Nah, pas banget nih Sahabat, saat ini kamu sedang berada di artikel yang tepat, karena kita akan membahas tentang overthinking. Mulai dari penyebab, dampak, dan juga solusi praktis yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut ulasannya.

Penyebab Overthinking

Kadang-kadang bagi beberapa orang yang sedang mengalami overthinking tidak sadar bahwa ternyata dirinya sedang mengalami overthinking. Biasanya mereka merasa bingung dan kepalanya begitu berisik, beragam pertanyaan muncul di kepala, menyangsikan kemampuan diri sendiri dalam menghadapi masalah.

“Bisa tidak ya aku menyelesaikan ini? Kalau nanti tidak selesai, saya akan dimarahi habis-habisan. Tapi rasanya sekarang berat sekali untuk menyelesaikan. Saya minta tolong sama siapa ya? Rasanya tidak ada yang bisa menolong. Saya harus bagaimana?”

Sampai akhirnya masalah yang ia miliki tidak selesai-selesai karena memang hanya dipikirkan saja tanpa pernah mencoba untuk mencari solusinya. Malah, pada beberapa orang justru solusinya sudah ada di depan mata, tapi karena terlalu overthinking, yang dirasakan hanya keraguan untuk menjalankan solusi tersebut. Bisa jadi karena ada pengalaman traumatis ataupun kegagalan yang membuatnya tidak langsung take action untuk mengatasi masalahnya tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Bersyukur: Sudahkah Bersyukur untuk Hari Ini?

Dampaknya dari overthinking

arti dari overthinking
Dampak overthinking.

Meskipun overthinking ini bukan salah satu dari gangguan mental, tapi jika dibiarkan pasti turut mengganggu kualitas hidup seseorang. Berikut adalah dampak yang biasanya dialami oleh mereka yang sedang overthinking diantaranya seperti.

1. Sulit Tidur dan Gangguan Tidur

Bagi mereka yang mengalami overthinking pada umumnya mengalami kesulitan untuk tidur. Kondisi tersebut bisa terjadi karena didalam pikirannya belum tenang.

Ini pasti sering terjadi pada para pembaca juga. Saat hendak tidur, tiba-tiba terpikir hal yang mengganggu di pagi hari, lalu membuat skenario sendiri jika hal ini dan itu terjadi, dan seterusnya. Lalu, efek domino pun berlanjut malah main handphone sampai akhirnya yang terjadi justru mengalami insomnia atau keadaan yang membuat seseorang menjadi susah tidur.

2. Produktivitas Menjadi Semakin Menurun

Pernah nggak dari Sahabat ada yang merasa tidak se-produktif biasanya. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan diri sudah terlalu lelah. Tapi, anehnya badan tetap merasa lelah walau kegiatan minim?

Kemungkinan bisa jadi Sahabat sudah terlalu lelah karena banyak memikirkan sesuatu yang sebenarnya tidak harus dipikirkan. Misalkan bisa saja daripada terlalu dipikirkan lebih baik dituangkan melalui sebuah tulisan dalam bentuk journaling atau bisa juga menceritakan kepada orang lain agar kita menjadi lebih tenang.

Yap, kadang-kadang seseorang itu hanya butuh untuk didengar karena solusinya sendiri justru berada di dalam dirinya..

3. Gangguan Kecemasan

Kalau untuk kasus ini biasanya memang jarang terjadi sih. Namun, overthinking yang kronis dan juga dibiarkan secara terus menerus dapat mengubah struktur otak yang membuat adanya perubahan mood. Bahkan lebih lanjut juga dapat menyebabkan gangguan kecemasan yang bisa mengganggu hidup penderitanya.

Baca Juga: Sebab-sebab Malnutrisi yang Kerap Menimpa Semua Orang

Cara agar tidak overthinking

solusi jitu untuk atas overthinking
Solusi jitu untuk atasi overthinking.

Kalau misalkan kamu sedang membaca artikel ini berarti kamu sedang mencari cara untuk mengatasi masalah overthinking yang kamu miliki. Lalu, apakah overthinking adalah hal yang wajar? untuk menjawab hal tersebut bisa iya bisa juga ngga.

Disebut iya karena secara alami sifat manusia adalah berpikir, kita akan terus memikirkan hal-hal yang menurut kita berkesan. Seperti memikirkan masa lalu maupun merencanakan masa depan, bahkan saat seseorang sedang tidur sekalipun otak masih terus aktif dan bekerja mengendapkan pemikiran-pemikiran yang kita alami pada saat terjaga.

Tidak hanya itu memikirkan suatu ide tertentu juga termasuk ke dalam berpikir, dan memikirkannya lebih dalam lagi juga termasuk ke dalam overthinking. Tapi, nih yang menjadi masalah adalah saat kegiatan berpikir tersebut malah Sahabat lakukan berlarut-larut, tanpa melakukan tindakan tertentu bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu pemicu dari overthinking yang sedang Sahabat alami.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengatasi overthinking yang sedang Sahabat alami?

1. Menyadari Sedang Mengalami Overthinking

Dalam overthinking, biasanya banyak orang memikirkan masa lalu yang sudah pernah terjadi baik dalam jangka waktu bertahun-tahun lalu atau yang berjarak jam, juga masa depan yang dikhawatirkan.

Kondisi tersebutlah yang membuatnya merasa tidak memiliki kendali akan hidup yang sedang dijalani, oleh karena itu menyadari bahwa kita sedang mengalami overthinking dan mengerti bahwa masa lalu maupun masa depan itu di luar kendali kita adalah cara paling efektif untuk mengatasi hal tersebut.

2. Fokus Pada Hal yang Bisa Dikendalikan

Setelah kita menyadari bahwa masa lalu dan masa depan itu di luar kendali kita, maka langkah berikutnya adalah berfokus pada hal-hal yang bisa kita kontrol saja. Seperti misalnya perilaku kita, pemikiran kita, persepsi kita dan juga pilihan-pilihan kita.

Dengan memfokuskan diri dan energi pada sesuatu yang bisa kendalikan dalam hidup, maka hal tersebut merupakan solusi yang paling ampuh untuk memberikan perasaan bahwa kita memiliki kendali atas hidup kita.

Bisa jadi dalam perjalanannya tidak akan semudah membaca artikel ini. Akan tetapi, jika dibiasakan lambat laun self-control yang Sahabat miliki bisa semakin terasah dan lama kelamaan overthinking yang sedang dialami bisa semakin berkurang.

3. Berserah Diri Kepada Allah SWT

Yang dimaksud berserah di sini bukan maksudnya menyerah begitu saja ya Sahabat!
Jika Sahabat sudah berjuang sekuat tenaga untuk mencoba mengatasi masalah yang Sahabat miliki, maka sisanya yang tidak bisa dikendalikan bisa kita serahkan kepada pemilik takdir yaitu Allah SWT.

Dengan begitu hati bisa menjadi tenang dan juga tentram karena kita menaruh harapan pada hal yang tepat yaitu Allah SWT.

Baiklah Sahabat demikian artikel mengenai overthinking ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membaca artikel ini dan masalah yang sedang dihadapi bisa segera menemukan solusinya. Bagi Anda yang ingin menjadi solusi dari masalah saudara kita di luar sana bisa melalui link berikut.