Pendidikan

5 Cara Menghilangkan Rasa Malas yang Terbukti Efektif

cara menghilangkan rasa malas

Setiap manusia memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari atau 168 jam dalam seminggu. Waktu tersebut biasanyadipakai untuk melakukan beragam kegiatan. Mulai dari bekerja, belajar, tidur hingga kegiatan lainnya.

Namun, terkadang kita sering merasa bahwa waktu yang kita miliki tersebut kurang. Bahkan tak jarang habis dengan percuma hanya untuk bermalas-malasan. 

Sebelum berbicara lebih jauh tentang malas, coba Anda ingat baik-baik kapan terakhir kali merasa malas? Entah itu malas belajar, malas bekerja, atau malas untuk hal lainnya. Biasanya penyebab dari rasa malas ini bisa bermacam-macam. 

Secara psikologis, bisa jadi karena kita sudah terlalu lelah dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan berulang setiap harinya. Atau justru mungkin terlalu lelah karena banyaknya tugas pun bisa menjadi salah satu menyebab rasa malas.

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengatasi rasa malas mereka. Ada yang membiasakan diri dengan kegiatan rutin bersama dengan temannya, ada juga yang terbiasa membuat manajemen waktu yang baik. Tak jarang beberapa dari mereka begitu disiplin dengan jadwal yang mereka miliki.

Namun, di luar sana bisa jadi ada dari mereka yang masih berjuang dengan rasa malas yang terus menempel dalam kebiasaan kita. Alhasil memang menyebalkan juga sih yah, ketika rasa malas tersebut ternyata justru malah membuat kita jadi tidak produktif. Untuk itu spesial di tulisan kali ini akan membalas mengenai cara menghilangkan rasa malas. Berikut ulasannya:

cara menghilangkan rasa malas
Cara mengatasi rasa malas.

1. Ketahui Penyebab Rasa Malas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap orang pasti memiliki penyebab yang berbeda-beda. Nah, langkah pertama yang bisa dilakukan Sahabat  adalah mengidentifikasi penyebab rasa malas yang selama ini muncul saat hendak melakukan aktivitas.

2. Membuat Time-Log

Yaitu mencatat kegiatan apa saja yang biasanya dilakukan. Mencatat seluruh kegiatan selama satu minggu mulai dari bangun tidur, mandi, berangkat kerja, persiapan kerja, pada saat bekerja hingga pulang dan tidur lagi. Dengan begitu, kita jadi bisa mengetahui waktu yang  terpakai untuk setiap kegiatan yang dilakukan. Time-log ini penting untuk langkah berikutnya yaitu membuat rencana.

3. Merencanakan Kegiatan Selama Satu Minggu Kedepan

 
Langkah berikutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa malas adalah menjadwalkan kegiatan-kegiatan penting yang biasanya kita lakukan selama satu minggu. Hal ini penting supaya kita bisa melakukan prioritas terhadap kegiatan yang kita agedakan, menepati janji-jani yang sudah disepakati dengan teman maupun klien, serta menolak atau menjadwal ajakan dari orang lain.

4. Melatih Disiplin

Disiplin merupakan salah satu hal mendasar yang dibutuhkan dalam hidup. Sejak kecil orang tua sudah menanamkan kedisiplinan pada anaknya. Meskipun sewaktu kita kecil disiplin terasa berat akan tetapi kita akan merasakan dampak positif pada saat beranjak dewasa karena hampir segala hal bisa kita kontrol dan semuanya ada dalam kendali kita. Misalnya dengan menerapkan disiplin untuk sholat tepat waktu.

5. Membuat rencana cadangan

Dalam hidup pasti akan ada saja hal-hal yang terjadi di luar dugaan kita. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk, kita harus menyiapkan rencana cadangan. Misalnya, Anda berencana datang ke kantor tepat waktu. Untuk mengantisipasi ban bocor atau tragedi lainnya, Anda sudah menyiapkannya dengan datang jauh lebih pagi.

Menikmati Prosesnya


Di dunia ini semua pasti perlu proses. Bahkan untuk hal yang paling sederhana sekalipun. Jatuh bangun dan gagal kerap mewarnai kehidupan ini. Termasuk proses untuk menghilangkan rasa malas juga tentunya. Sahabat mungkin bisa memulai dengan disiplin untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu mereka yang kurang beruntung di sini

donasi-gotong-royong-sifat-malas