Inspiratif

5 Manfaat Hidup Sederhana di Tengah Corona

manfaat hidup sederhana

Tidak dapat dipungkiri, virus Covid-19 telah merugikan banyak orang di seluruh penjuru dunia. Orang-orang jadi tidak bisa bebas berkegiatan, seperti traveling, bersekolah, bekerja, dan bahkan untuk sekedar keluar rumah. Negara pun terkena imbasnya, pandemi virus covid-19 telah meruntuhkan sektor ekonomi, pariwisata, pendidikan, dan sektor-sektor lainnya.

Sebagai seorang muslim, kita diharuskan untuk selalu berhusnudzon kepada Allah SWT. Meskipun memang ujian pandemi kali ini begitu dahsyat, hingga membuat beberapa dari saudara kita menjadi harus kehilangan pekerjaan atau bahkan hingga kehilangan anggota keluarganya, namun kita harus berpikir positif bahwa Allah tidak menurunkan suatu ujian selain ada hikmah atau pelajaran di dalamnya. Salah satu manfaat  yang bisa kita dapatkan dari adanya Covid-19 adalah kita dilatih untuk hidup sederhana. 

Apa Saja Manfaat Hidup Sederhana?

Mengapa kita harus hidup sederhana? Setiap orang memiliki motivasi tersendiri yang membuat mereka ingin hidup dengan lebih sederhana. Sebagai perumpamaan bagi mereka yang hidupnya sudah terlalu penuh dengan kemewahan dan ternyata hal tersebut tidak membuat mereka menjadi lebih bahagia. Di sisi lain ada juga orang-orang yang memutuskan hidupnya menjadi lebih sederhana dikarenakan tuntutan kehidupan yang membuat mereka menjadi hidup dengan lebih sederhana.

Semoga beberapa narasi di atas dapat menambah pemahaman kita, mengenai mengapa banyak orang yang memutuskan untuk hidup lebih sederhana. Tapi, tahukan Anda Sahabat bahwa hidup sederhana juga ternyata memiliki begitu banyak manfaat. Apalagi ditambah dengan kondisi pandemi corona seperti sekarang. Berikut adalah 5 Manfaat Hidup Sederhana di Tengah Corona:

Apa Keuntungan Orang yang Hidup Sederhana?

Salah satu keuntungan dari hidup sederhana adalah memungkinkan kita untuk melakukan kebiasaan dengan memprioritaskan kebutuhan utama. Kebutuhan utama seperti apa? Kebutuhan utama tersebut diantaranya seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, memiliki tempat tinggal yang cukup, pendidikan yang baik serta memperhatikan kesehatan dari keluarga kita.

bantu saudara yang membutuhkan

Beberapa manfaat dari hidup sederhana yang kita dapatkan diantaranya bisa lebih hemat (alias tidak boros) sehingga jadi bisa menabung, lebih bersyukur atas apa yang dimiliki, dan terakhir hidup menjadi lebih tenang dan juga bahagia. Berikut beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan saat kita memutuskan untuk hidup sederhana yaitu.

Manfaat hidup sederhana #1: Lebih Sehat

Hidup sederhana di tengah corona bisa membuat kita lebih sehat loh, Sahabat. Jika biasanya kita selalu bisa untuk bebas makan di luar rumah, saat pandemi virus covid-19 ini melanda kita dituntut untuk tetap di rumah dan otomatis harus memasak makanan sendiri. Walaupun bisa membeli makanan dari rumah, sahabat dapat mulai mengubah pola hidup dari yang sebelumnya lebih konsumtif menjadi lebih sehat dan teratur. 

Sahabat juga bisa menghindari gaya hidup yang hedonis, di mana yang biasanya akan berfoya-foya, pergi ke tempat makan cepat saji, dan berkumpul hingga larut malam. Kebiasaan-kebiasaan tersebut berdampak pada kesehatan badan dan mental Sahabat. Selama pandemi ini Sahabat bisa menghilangkan kebiasaan tersebut dan berubah jadi lebih baik lagi.

Baca Juga: 10 Cara Siap Hadapi New Normal

Manfaat hidup sederhana #2: Lebih Hemat

Manfaat hidup sederhana di tengah corona berikutnya adalah Sahabat bisa lebih hemat dalam mengalokasikan dana. Meskipun sebagian besar orang mengalami penurunan pendapatan sejak pandemi covid-19, justru pengeluaran mereka juga menurun karena tidak lagi harus membayar biaya transportasi yang biasanya membuat kepala menjadi pusing tujuh keliling. Dengan pendapatan yang berkurang, Sahabat tentunya juga akan dituntut untuk lebih banyak mempertimbangkan antara kebutuhan dan keinginan.

Hidup hemat juga dapat dijadikan sebagai sarana latihan agar bisa lebih mengontrol diri, sehingga ketika penghasilan stabil tidak membuat diri menjadi orang yang boros.

Baca Juga: 5 Tips Efektif Bekerja di Rumah

Manfaat hidup sederhana #3: Dapat Menabung

Dengan hidup sederhana di tengah corona, Sahabat bisa menyisihkan penghasilan Sahabat untuk ditabung. Kegiatan menabung ini sangat penting untuk mempersiapkan keuangan Sahabat dalam menghadapi kondisi darurat yang mungkin saja terjadi di masa depan. Karena tidak ada yang tahu kapan pandemi covid-19 ini akan berakhir, jadi lebih baik kita dapat sering menabung setiap ada kesempatan.

Menabung dapat memberikan manfaat bagi dalam jangka pendek maupun panjang. Bagi mereka yang menabung akan mendapatkan banyak keuntungan dan benefit yang tidak didapatkan mereka yang tidak menabung. Beberapa manfaat yang akan mereka dapatkan misalnya seperti ketenangan batin (jangka pendek) serta kestabilan finansial, yang di mana jika suatu saat mereka yang menabung membutuhkan uang semuanya telah tersedia.

Jangankan hidup sederhana. Mereka bisa hidup saja sudah bersyukur. Mari bantu saudara-saudara kita di pedalaman! Klik di sini.

Manfaat hidup sederhana #4: Lebih Tenang Pikiran

Hidup sederhana di tengah corona membuat Sahabat akan merasakan pikiran yang lebih tenang tanpa banyak beban. Selama masa virus covid-19 ini, pemerintah membuat kebijakan untuk menunda beberapa pembayaran tagihan seperti cicilan motor, kartu kredit, dan lain-lain. Sahabat tidak akan memikirkan banyak kebutuhan atau cicilan yang terkadang membuat hidup jadi keteteran.

Ketenangan pikiran juga berpengaruh pada kesehatan loh Sahabat. Berapa banyak penyakit yang disebabkan karena kita terlalu banyak pikiran atau stress. Oleh karena itu, hikmah dari covid-19 ini kita bisa jadi lebih tenang dalam menjalani hidup.

Baca Juga : Cara Menjaga Mentalmu Tetap Baik-Baik Saja

Manfaat hidup sederhana #5: Lebih Bersyukur

Melihat banyak korban berjatuhan dan berita-berita yang menyedihkan di beberapa media membuat kita lebih bisa berempati. Virus Covid-19 memang membuat rasa kemanusiaan kita muncul lebih dari biasanya. Apalagi orang Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang dermawan, gotong royong, dan selalu membantu sesama yang membutuhkan.

Di masa pandemi virus covid-19 ini kita jadi lebih bersyukur dengan kondisi yang ada. Karena ada orang-orang yang jauh tidak beruntung dibandingkan dengan kita, para pekerja yang terkena PHK, ataupun yang bisnisnya bangkrut karena pandemi virus covid-19 sejak bulan Maret lalu. Mari bantu pejuang keluarga yang terdampak Covid-19. 

Bersyukur juga menjadi bentuk terima kasih kita kepada Allah SWT karena masih diberikan kesehatan, kesempatan dan juga nikmat waktu luang. Salah satunya saat Sahabat sedang membaca artikel ini. Dengan bersyukur membuat hati menjadi lebih tentram dan cenderung membuat kita menjadi tidak membanding-bandingan dengan pencapaian orang lain yang berada di sekitar kita.

Baca Juga: Pentingnya Bersyukur: Sudahkah Bersyukur untuk Hari Ini?

Beberapa contoh hidup sederhana

Untuk menjalankan hidup sederhana tentu tidak sulit, akan tetapi memang memerlukan kebiasaan dan juga control diri yang baik. Ada kalanya kita tidak bisa mengelola gaya hidup yang selama ini selalu menemani kita. Ibarat jika ada gaya hidup sederhana maka ada juga kebalikannya, yaitu gaya hidup hedon atau bermewah-mewahan.

Beberapa hal yang termasuk gaya hidup sederhana yaitu:

  1. Membeli sesuatu sesuai kemampuan.
  2. Selalu mensyukuri setiap pencapaian yang dimiliki.
  3. Bergaya hidup sederhana
  4. Mulai untuk mengontrol diri.
  5. Menikmati kehidupan saat ini

Demikian adalah 5 manfaat hidup sederhana berserta dengan contohnya juga yang dapat kita syukuri dan petik hikmahnya. Semoga adanya ujian ini dapat semakin menambah ketakwaan dan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamin.

bantu saudara yang membutuhkan