Kesehatan

4 Tips Rahasia Aman Corona Ala Masyarakat Pedalaman

Semakin meningkatnya persebaran virus corona di Indonesia membuat kita harus terus waspada. Meski PSBB belum diberlakukan kembali, bukan berati kita bisa bebas pergi ke mana saja sesuka hati. Nah kali ini kita akan membahas tips-tips agar aman dari corona belajar dari masyarakat pedalaman. Apa saja itu? Simak selengkapnya.

1.     Tetap Bahagia

tetap bahagia
Tetap tersenyum dan bahagia.

Rahasia aman corona yang pertama adalah tetap bahagia. Meski terdengar sederhana, merasa bahagia setiap saat dapat membantu kita untuk memiliki kesehatan mental yang baik. Hal ini akan berdampak pada kesehatan fisik yang baik pula dan dapat memperkuat imunitas tubuh.

Jika Sahabat masih kesulitan untuk bahagia, Sahabat bisa sejenak menengok saudara-saudara kita di pedalaman sana. Meski hidup serba terbatas, jauh dari beragam fasilitas yang memadai, dan sulit mendapatkan air, mereka tetap bahagia.  

2.    Tidak Nongkrong Sembarangan

seseorang sedang berdoa di masjid

Salah satu yang harus dihindari semasa pandemi adalah berkumpul dengan banyak orang. Karena menurut WHO, transmisi virus corona dapat melalui udara (droplet) sehingga dapat berpotensi menular ketika kita berpapasan dengan orang lain.

Jika tidak ada kebutuhan yang mendesak, usahakan tetap di rumah ya Sahabat. Kita bisa mencontoh kehidupan masyarakat di pedalaman. Alih-alih nongkrong bersama kawan-kawannya, warga di pedalaman lebih memilih untuk istirahat begitu malam tiba. Tidur yang cukup, agar esok pagi punya tenaga yang cukup untuk bekerja.   

3.    Tidak Lupa Berolahraga

berolahraga untuk jaga kesehatan
Memancing dan berenang jadi salah satu olahraga.

Demi menjaga tubuh tetap bugar dan tahan terhadap berbagai macam penyakit, olahraga jadi salah satu kebiasaan yang tidak boleh ditinggalkan. Rajin berolahraga akan meningkatkan kinerja sel darah putih. Sel darah putih inilah yang nantinya memiliki fungsi sebagai antibodi dalam melawan berbagai macam kuman yang masuk ke dalam tubuh. 

Olahraga juga dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru yang membuat kita terserang penyakit seperti flu dan juga penyakit lainnya.

Kita bisa mencontoh kebiasaan warga di pedalaman, yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan atau petani. Setiap harinya, mereka mengeluarkan tenaga yang besar untuk bercocok tanam ataupun ketika melaut di lautan. 

4.    Mengonsumsi Makanan Bergizi Tinggi

daging merupakan salah satu makanan berprotein tinggi
Konsumsi makanan bergizi tinggi.

Mengkonsumsi ikan dapat menaikkan imunitas tubuh sehingga kuat melawan penyakit. Termasuk untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh kita. Segala macam nutrisi yang terkandung dalam ikan segar dapat kita serap untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

Bagi warga di pedalaman, ikan adalah makanan kedua setelah nasi. Artinya, ikan sudah menjadi santapan mereka sehari-hari. Tidak heran jika mereka punya daya tahan tubuh yang baik.

Nah, Sahabat. Itu tadi 4 rahasia aman corona yang bisa kita tiru  dari kebiasaan-kebiasaan warga pedalaman. Semoga kita senantiasa diberi Kesehatan dan kekuatan agar dapat melalui pandemi virus corona dengan baik 😊. 

Sayangnya, dampak dari virus corona masih dirasakan oleh masyarakat pedalaman, khususnya siswa-siswa yang tidak memiliki gadget untuk belajar online. Yuk ikut bantu pendidikan di pedalaman.