Pendidikan

4 Cara Agar Lebih Produktif (Dalam 24 Jam)

cara agar lebih produktif

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai produktivitas, dalam sehari, manusia memiliki waktu yang sama di dalam hidupnya. 24 jam tidak lebih dan juga tidak kurang. Namun, seringkali kita merasa bahwa waktu yang tersedia tak pernah cukup untuk memenuhi kewajiban-kewajiban yang dimiliki.

Usaha dan juga ikhtiar pun sudah dilakukan untuk mengatur diri kita agar bisa senantiasa produktif setiap hari. Akan tetapi, yang terjadi malah sebaliknya: kita masih sering menunda pekerjaan dan memilih untuk melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Nikmat Sehat dan Juga Waktu Luang

Kekeliruan Terhadap Produktivitas

Saat ditanya bagaimana caranya agar produktif, biasanya kita akan menjawab bahwa terus menerus bekerja. Apakah benar? Jawabannya adalah: tidak. Manusia memiliki batasan-batasan tertentu yang membuatnya tidak bisa bekerja terus menerus dalam waktu lama.

Manusia perlu untuk tidur, makan, minum, dan bahkan berinteraksi dengan manusia lain. Jika manusia bekerja terus menerus, bisa-bisa justru malah membuat Anda menjadi kelelahan, bahkan yang terburuk adalah membuat kita menjadi burnout. 


Di dalam bukunya yang berjudul Makes Time karya Jake Knapp dan John Jeratsky. Mereka mengatakan biasanya ada 2 alasan mengapa seseorang terlalu banyak membuang waktunya untuk hal yang tidak produktif. Kedua alasan tersebut dikenal dengan istilah busy bandwagon dan juga infinity pool.

Busy Bandwagon & Infinity Pool

Salah satu pencuri waktu yang biasanya terjadi yaitu kita merasa begitu sibuk dengan kegiatan, padahal sebenarnya tidak menghasilkan apapun. Busy bandwagon ini adalah sebuah mindset atau bisa disebut budaya yang menekankan jika kita itu harus selalu sibuk dan produktif setiap menitnya jika ingin sukses di masyarakat.

Terlihat sibuk mengerjakan sesuatu, tapi tidak tahu tujuannya akan ke mana. Terlalu sibuk dan kecanduan dengan urgensi namun tidak bisa memprioritaskan mana yang penting dan yang tidak. Pokoknya yang terlihat harus dikerjakan pada saat itu harus langsung dikerjakan.

Bberikutnya, yang membuat hidup kita menjadi tidak teratur adalah infinity pool atau bisa juga disebut sebagai distraksi yang berkepanjangan. Kita menjadi terlarut dalam kesenangan instan yang tidak ada habis-habisnya. Misalnya seperti bermain medsos dan tanpa kita sadari sudah mencuri sebagian dari waktu kita yang tadinya bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif.

4 Langkah Praktis yang Bisa Membuat Anda Semakin Produktif

Di era modern dan super sibuk seperti saat ini seringkali kita merasa kekurangan waktu untuk melakukan pekerjaan atau hal penting yang ingin kita selesaikan. Kesibukan terkadang menjadi jebakan, sibuk membuat kita melakukan pekerjaan yang seharusnya kita bisa kerjakan nanti. Dan saat kita lelah dengan kesibukan itu, kita habiskan waktu untuk sosial media, film, chatting, dan sebagainya.

Agar memiliki waktu lebih sehingga dapat melakukan hal yang benar-benar ingin dikerjakan, kita harus berhenti menjadi sibuk dengan pekerjaan yang tidak perlu dilakukan dan hindari distraksi yang tidak perlu. Terdengar mudah, namun kita harus memahami sebab utama yang membuat sibuk dan mudah terdistraksi. 

Menjadi produktif bukanlah solusi mengatasi kesibukan. Keinginan yang kuat pun tidak cukup untuk menghindari distraksi. Yang kita perlukan adalah langkah praktis untuk diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa langkah praktis yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ulasannya.

tahapan-agar-semakin-produktif-menurut-buku-makes-time
Tahapan dalam Makes Time

1. Highlight

Tulislah-apa-yang-menurut-anda-begitu-penting
Tulislah apa yang menurut anda begitu penting

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan berada di tahapan highlight. Seperti namanya, Anda disarankan untuk mencatat setiap kegiatan yang menurut Anda penting. Selain mencatat, Anda juga merencanakannya untuk kegiatan besok.

Selain itu bisa juga menuliskan hal yang paling bermakna di dalam hidup. Misalnya seperti membaca buku dan juga menulis sebuah jurnal. Tak hanya itu, Anda juga bisa menuliskan hal apapun yang bisa membuat Anda senang.

Tuliskan apa saja yang ingin Anda lakukan di keesokan harinya, buatlah waktu untuk diri sendiri. Karena jika kita menunggu, maka seiring dengan kesibukan yang terus menerus datang. Waktu kosong tersebut tidak akan pernah Ada.

2. Laser

fokus-dengan-apa-yang-sedang-dilakukan
Fokus dengan apa yang sedang Anda kerjakan

Setelah Anda menuliskan daftar beberapa kegiatan yang ingin  dilakukan besok maupun dalam beberapa hari ke depan, berikutnya adalah memfokuskan seluruh perhatian yang dimiliki pada kegiatan tersebut.

Memiliki fokus yang tinggi memang begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan, mulai dari pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Selain itu, Sahabat juga bisa meminimalisir keteledoran yang biasanya terjadi dikarenakan kurangnya fokus dan juga ketelitian.

Fokus yang baik juga bagus untuk otak, karena memang otak kita tidak bekerja secara multitasking.

3. Energize

Melakukan kegiatan lain yang bisa mengembalikan energi Anda

Bekerja dan juga berkegiatan terus menerus bisa membuat tubuh seseorang menjadi kelelahan. Biasanya saat lelah apa yang perlu untuk dilakukan? Yap, benar sekali istirahat. Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan istirahat dengan tidur.

Beberapa kegiatan bisa Anda alokasikan untuk menambah energi, misalnya seperti olahraga secara teratur, rekreasi/hiburan sejenak, tidur yang cukup dan juga mengonsumsi makanan yang bergizi. Manfaatnya begitu banyak, selain bisa menjaga kesehatan. 

Beberapa kegiatan tersebut juga bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan tentunya semakin produktif. Tubuh yang berenergi juga bisa membantu Anda agar bisa tetap terjaga sepanjang hari.

Baca Juga: 6 Herbal yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Imun

4. Reflect

cobalah untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan
Mengevaluasi diri sendiri

Bagian yang terakhir adalah melakukan refleksi. Seperti kita ketahui, yang namanya manusia tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan dan juga kekurangan. Dengan melakukan refleksi, kita jadi bisa melihat kebelakang terhadap kegiatan yang sudah dilakukan Anda juga bisa merencanakan agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Refleksi juga bisa menjadi sarana agar seseorang bisa lebih mawas diri, menyadari posisinya di dunia ini dan juga peran-perannya di dalam kehidupan. Sebagai contoh saat Anda menyadari bahwa hidup di dunia ini tidak hanya untuk bersenang-senang saja, maka ada kewajiban untuk beribadah. 

Berangkat dari hal tersebut, Anda bisa mengagendakan untuk memiliki beberapa kegiatan (dalam tahapan highlight). Salah satunya misalnya Anda bisa berbagi dengans sesama yang membutuhkan agar hidup menjadi lebih bermakna.

Kesimpulannya

Sebanyak apapun waktu yang dimiliki oleh seseorang tak akan cukup jika hanya mengikuti keinginannya saja. Akan ada saja kegiatan-kegiatan tidak terduga yang bersiap-siap merenggut waktu luang kita. Lalu, jika seperti itu apa yang bisa dilakukan? Jawabannya hanya satu yaitu prioritas.

Dengan Anda memprioritaskan apa yang menurut Anda penting dan juga bermakna di dalam hidup ini. Maka akan dengan sangat mudah untuk menolak permintaan-permintaan yang tidak sesuai dengan prioritas Anda. 

Sahabat di luar sana,ada begitu banyak saudara kita yang hidupnya kurang beruntung. Anda bisa membantu mereka di sini

bantu mereka para pejuang pedalaman