Inspiratif
5 Resolusi yang Wajib Dimiliki di Tahun 2021

Tahun 2020 telah berakhir, tentunya banyak sekali pengalaman dan peristiwa yang telah dilalui, begitu pula resolusi yang telah diraih sebelumnya. Bagaimana denganmu Sahabat?

Memasuki awal tahun yang baru di 2021, ada baiknya kita membuat resolusi baru. Resolusi ini berguna untuk menciptakan target yang akan membantu dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan diri sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Berikut ini 5 resolusi yang wajib Sahabat miliki di tahun 2021 :

1. Belajar Skill Baru

Setiap orang tentunya memiliki kemampuan dalam dirinya masing-masing. Baik itu kemampuan yang diperoleh sedari lahir ataupun kemampuan yang diperoleh dengan cara belajar terus menerus.

Skill atau keterampilan merupakan hal yang penting dalam kehidupan guna meningkatkan “level” kualitas, efektivitas, dan produkivitas seseorang terutama dalam jenjang karir. Jenis skill yang dapat Sahabat pelajari dapat berupa soft skill maupun hard skill. Jenis soft skill dapat berupa public speaking, belajar bahasa asing, problem solving, dan kemampuan analisis. Sedangkan hardskill dapat berupa kemampuan mengoperasikan komputer, memasak, design, dan menulis.

2. Memperkaya Diri dengan Buku Bacaan

Salah satu resolusi yang wajib dimiliki oleh Sahabat di tahun 2021 yaitu memperkaya diri dengan buku bacaan. Setiap tahun akan bermunculan buku atau bahan bacaan baru yang sangat menarik untuk dibaca. Membaca tidak hanya sekedar dijadikan hobi belaka, namun dapat Sahabat dijadikan sebagai bahan belajar dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

Beberapa bahan bacaan yang dapat dijadikan sumber bacaan yaitu buku mengenai self development, ensiklopedia, novel, dan juga buku-buku terbitan tahun sebelumnya yang belum sempat terbaca.

3. Bekerja Efektif

Setelah melewati masa yang sulit di tahun 2020 akibat pandemi COVID-19. Banyak sekali perusahaan yang ditutup dan berdampak pada berkurangnya jumlah pekerja. Hal tersebut membuat persaingan di dunia kerja tahun ini menjadi lebih kompetitif.

Meskipun saat ini banyak pekerjaan yang dilakukan secara daring atau Work From Home (WFH), Sahabat yang telah bekerja atau memiliki kesempatan bekerja di tahun ini harus meningkatkan kemampuan agar dapat bersaing dengan orang lain. Manfaatkan waktu bekerja dan kesempatan yang telah diraih dengan sebaik dan semaksimal mungkin menjadi langkah yang bisa dilakukan. Bekerja dengan efektif dan disiplin juga dapat bermanfaat bagi ketrampilan dan jenjang karir yang lebih baik di masa depan.

4. Menjaga Pola Hidup Sehat

Tahun 2021 ini kita semua masih berada dalam masa pandemi COVID-19. Kita semua dituntut untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Menjaga pola hidup sehat merupakan suatu kewajiban dan juga resolusi yang wajib dimiliki tahun ini.

Pola hidup sehat merupakan gaya atau kebiasaan seseorang dalam meningkatkan kesehatan. Pola hidup yang baik dapat menciptakan tubuh sehat pula. Menjaga pola hidup dapat dimulai dengan rutin berolahraga seperti workout di rumah, mengonsumsi buah setiap hari, tidur yang cukup dan berkualitas, dan mengurangi kegiatan yang tidak ada manfaatnya.

Agar lebih konsisten dalam menjaga pola hidup, Sahabat bisa juga mengajak keluarga atau rekan terdekat Sahabat untuk menerapkan pola hidup sehat. Sebagai hasilnya, tidak hanya diri sendiri yang sehat, namun juga orang-orang tersayang di sekitar kita turut menerapkan pola hidup yang sehat dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Baca juga : 8 Jejak Kebaikan Untuk Pedalaman

5. Tingkatkan Ibadah dan Beramal

Ibadah merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan oleh setiap umat beragama di mana pun. Ibadah ini dilakukan sebagai bentuk rasa iman dan juga syukur.

Ibadah memberikan manfaat yang luar biasa bagi rohaniah setiap umat yang menjalankannya, ditambah dengan beramal sebagai bentuk pengingat rasa syukur atas segala yang telah diberikan Tuhan, baik itu secara materi maupun rohani. Manfaat ibadah dan beramal juga dapat dirasakan oleh orang disekitar kita. Kita dapat memberikan sedekah atau donasi kepada kawan-kawan yang membutuhkan atau pun kita dapat sekedar membantu pekerjaan orang tua di rumah.

Dengan beribadah dan beramal kita bisa mendekatkan diri pada Tuhan, menjaga hubungan baik dengan sesama umat manusia, dan juga bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Jadi di tahun 2021 ini jangan hanya menjaga kesehatan raga, namun Sahabat juga perlu menjaga kesehatan rohani.

Nah, beberapa resolusi di atas dapat dijadikan sebagai referensi dalam menyusun target hidup yang lebih baik di 2021.

Selain itu, resolusi tahun lalu yang belum tercapai dapat pula dimasukkan dalam resolusi 2021 agar keinginan tahun lalu tetap dapat terlaksana. Pastikan Sahabat semua sudah memiliki resolusi yang akan dicapai pada tahun ini ya.

Sahabat, selain bekerja lebih keras, jangan lupa sisakan rezeki kita untuk orang-orang yang membutuhkan, ya. Yuk mulai kebaikanmu dengan berdonasi di pedalaman. Klik di sini.