Wakaf

Wakaf Alquran: Hadiah untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Manusia yang terlahir ke muka bumi ini tidak lahir dengan sendiri, melainkan ada peran dari kedua orang tua. Baik ibu yang memiliki peran melahirkan kita, maupun ayah yang bekerja untuk mencari nafkah agar kebutuhan anak-anaknya bisa terpenuhi.

Begitu besar kasih sayang dari orang tua kita, bahkan saking besarnya berapa pun yang kita berikan untuk kedua orang tua kita tidak akan pernah bisa membalas kebaikan yang selama ini sudah mereka berikan.

Setiap yang Bernyawa Pasti Akan Mati

setiap yang bernyawa akan mati

Hampir setiap hari kita bisa menemukan ada begitu banyak pengingat baik tentang kematian maupun tentang akhirat bahwasannya kehidupan yang ada di dunia ini hanya sementara dan segala sesuatu yang ada di dalamnya merupakan titipan sebagaimana dijelaskan dalam QS Al-Anbiya Ayat 34-35  

وَمَا جَعَلۡنَا لِبَشَرٍ مِّنۡ قَبۡلِكَ الۡخُـلۡدَ‌ ؕ اَفَا۟ٮِٕن مِّتَّ فَهُمُ الۡخٰـلِدُوۡنَ

Wa maa ja’alnaa libasharim min qablikal khuld; afaimmitta fahumul khaaliduun

Artinya: “Dan Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia sebelum engkau (Muhammad); maka jika engkau wafat, apakah mereka akan kekal?

كُلُّ نَفۡسٍ ذَآٮِٕقَةُ الۡمَوۡتِ‌ؕ وَنَبۡلُوۡكُمۡ بِالشَّرِّ وَالۡخَيۡرِ فِتۡنَةً‌  ؕ وَاِلَيۡنَا تُرۡجَعُوۡنَ

Kullu nafsin zaaa’iqatul mawt; wa nabluukum bishsharri walkhairi fitnatanw wa ilainaa turja’uun

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.

Baca Juga: Keutamaan Sedekah Menurut Alquran dan Hadist

Tak Ada Kesempatan untuk Beribadah

bersedekah dan beribadah sebagai amal jaryah

Pada saat seseorang meninggal dunia, maka sudah tidak akan ada lagi kesempatan untuk beribadah. Kecuali bagi mereka yang mempunyai 3 hal yaitu:

  1. Sedekah Jariyah

Sedekah jaryah adalah amalan pertama yang terus mengalir pahalanya. Misalnya seseorang yang menyumbangkan Alquran. Selama Alquran masih digunakan untuk hal-hal yang baik, maka selama itu pula amalannya akan terus mengalir tanpa sedikit pun mengurangi pahala orang yang membaca Alquran tersebut.

  1. Ilmu yang Bermanfaat

Bagi seseorang yang memiliki ilmu kemudian, lalu kemudian menyebarkan ilmu yang ia miliki tersebut kepada orang lain. Jika ilmu tersebut tersebar luas, maka pahalanya juga akan terus mengalir kepada orang yang mulanya mengajarkan ilmu tersebut.

  1. Doa Anak Sholeh

Anak yang sholeh pasti akan senantiasa mendoakan kedua orang tuanya untuk mendapat keberkahan di dunia dan akhirat. Baik ketika mereka masih hidup maupun ketika telah meninggal dunia. Doa anak yang sholeh akan selalu mengalir ke orang tuanya meskipun sudah di alam barzah.

Baca Juga: 5 Manfaat Sedekah di Akhir Tahun

Bagaimana Jika Kedua Orang Tua Sudah Meninggal?

kedua orang tua

Amal sholeh yang dilakukan oleh orang yang masih hidup untuk diberikan oleh orang yang sudah meninggal dunia, maka InsyaAllah akan diterima oleh Allah SWT. Setidaknya terdapat beberapa riwayat hadits yang menyinggung hal tersebut, diantaranya tertera pada hadits berikut:

Dari Abdullah bin Abbas ra bahwa Saad bin Ubadah ibunya meninggal dunia ketika ia tidak ada di tempat, lalu ia datang kepada Nabi Muhammad SAW untuk bertanya  “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal sedang saya tidak ada di tempat, apakah jika saya bersedekah untuknya bermanfaat baginya”? Rasul SAW menjawab : “Ya”, Saad berkata : “Saksikanlah bahwa kebunku yang banyak buahnya aku sedekahkan untuknya”. (HR.Bukhari)

Pahala didapatkan ketika seseorang  beramal baik. Jika ia menghadiahkan kepada orang tanya atau saudaranya yang muslim, maka hal itu tidak ada halangan sebagaimana tidak dilarang menghadiahkan harta untuk orang lain di waktu hidupnya dan membebaskan hutang setelah wafatnya.

Jadi, tenang saja Sahabat. Bagi Anda yang ingin menghadiahkan kedua orang tua dengan berwakaf maupun bersedekah tentu saja sangat bisa. Anda bisa memulainya dengan melakukan sedekah Alquran melalui link berikut.