Inspiratif
Keutamaan Sedekah Menurut Alquran dan Hadis

Bersedekah merupakan salah satu jalan meraih rida Allah. Tidak hanya mendapatkan pahala untuk diri sendiri, bersedekah juga bermanfaat bagi sesama. Perintah dan keutamaan sedekah juga tertulis dengan jelas di beberapa ayat Alquran. Salah satunya pada surat Al munafiqun ayat 10.

Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan untukmu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, lalu ia berkata,

“Ya Tuhan, kenapa Engkau tidak menangguhkan kematianku hingga waktu dekat, sehingga aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?”

Melalui ayat itu, secara jelas Allah Swt. memerintahkan umat muslim untuk membelanjakan sebagian dari harta yang dimiliki dengan cara bersedekah. Selain itu, bersedekah juga menjadi salah satu tanda seorang muslim termasuk dalam golongan orang-orang yang saleh.

Pentingnya amalan bersedekah, juga ditekankan Nabi Muhammad saw. melalui sebuah hadis. Bahkan, dalam hadisnya Rasulullah saw. menyebut bersedekah sebagai amalan wajib.

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, dan Ahmad, umat muslim seolah tak ada alasan lagi untuk tidak bersedekah, sebab pengertiannya Tindakan tersebut yang luas. Maksudnya, bersedekah tidak melulu menyumbangkan harta benda, tetapi juga bisa dilakukan dengan perbuatan.

Dengan demikian, selayaknya seorang muslim tidak banyak beralasan untuk tidak bersedekah lantaran tak memiliki harta. Pasalnya, kebaikan kepada orang lain pun bernilai setara dengan sedekah materi.

Tidak hanya penting untuk dilakukan, sedekah pun memiliki beberapa keutamaan. Berikut ini adalah keutamaan sedekah bersumber dari Alquran dan hadis.

Keutamaan Sedekah: Dapat Menyucikan Hati

Inilah satu di antara beberapa keutamaan sedekah, yakni menyucikan hati. Bahkan, tak sedikit pula yang menafsirkan bahwa bersedekah juga membersihkan harta.

Jika hati seorang muslim bersih dan suci, ia akan lebih mudah mendapatkan hidayah dan taufik atau bimbingan dari Allah Swt. Untuk senantiasa berbuat kebaikan dan menjalankan syariat. Sementara, di sisi lain harta yang bersih tentu juga akan membawa lebih banyak keberkahan hidup.

Sebagaimana yang tertulis di dalam firman Allah pada surat Almujadilah ayat ke-21,

Hai orang-orang beriman, Apabila kalian terlibat perbincangan dengan Rasulullah, hendaknya kalian bersedekah lebih dahulu. Yang demikian itu, lebih baik bagimu dan lebih bersih (suci), jika kamu tidak mempunyai (sesuatu yang untuk disedekahkan) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Keutamaan Sedekah: Mendapatkan Balasan Rezeki

Rezeki setiap muslim memang telah dituliskan jauh sebelum dilahirkan. Akan tetapi, kelapangan rezeki tersebut sangat dipengaruhi oleh tindakan muslim itu sendiri.

Apabila ia banyak berbuat amal saleh, tentu kemudahan meraih berbagai bentuk rezeki akan Allah berikan. Mulai dari kesehatan, inspirasi dalam berpikir, hingga berupa harta benda.

Bahkan, hal yang jarang disyukuri oleh umat muslim adalah nikmat bernafas dengan lega, terhindar dari marabahaya, dijauhkan dari lingkungan yang buruk, juga termasuk disatukan dengan orang-orang yang saleh, termasuk dalam kaidah rezeki yang berlimpah.

Belum tentu baik bagi seorang muslim harta yang berlimpah, jika itu malah menjauhkannya dari amal saleh. Sebaliknya, kemiskinan bisa jadi menjauhkannya dari bermacam fitnah di dunia.

Akan tetapi, yang terbaik tentulah bersedekah dengan mengharapkan rida dari Allah yang Mahaesa. Meluruskan niat dan hati ketika sedang bersedekah sangat penting untuk dilakukan.

Keutamaan Sedekah: Memperoleh Pahala yang Berlipat Ganda

Bagi mereka yang bersedekah, Allah juga akan mengganjar pahala yang berlipat. Ya, pahala berlipat jadi salah satu keutamaan sedekah.
Terlebih, Allah tidak memandang sedekah dari besaran harta atau nominalnya. Melainkan dari keikhlasannya. Dengan begitu, manusia jadi lebih mudah mengumpulkan pahala, salah satunya dengan lebih banyak bersedekah secara ikhlas.

Keutamaan Sedekah: Akan Diangkat Derajatnya

Setidaknya ada empat hal yang bisa membuat derajat seseorang dinaikkan oleh Allah Swt. Keempat hal itu adalah keimanan, amal saleh, berjihad di jalan Allah, dan berdakwah. Bersedekah termasuk dalam amal saleh.

Oleh karena itulah, dalam satu Hadits Nabi Muhammad menjelaskan bahwa salah satu keutamaan sedekah adalah akan diangkat drajatnya oleh Allah. Hadist tersebut berbunyi:

“Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya.”
(HR Muslim)

Sikap tawadhu menjadi kunci utama tatkala melakukan sedekah. Di sini ditekankan bahwa penting sekali menundukkan diri dan jauh dari sikap sombong sangatlah penting bahkan menjadi syarat untuk memperoleh ganjaran berupa diangkatnya derajat seorang muslim yang bersedekah.

Akan tetapi, di masa sekarang ini, sangat sulit menemui sikap rendah hati dan menyembunyikan kebaikan termasuk sedekah kepada orang lain.
Justru banyak yang berlomba-lomba menunjukkan sedekah yang diberikan, padahal Rasulullah saw. Senantiasa menganjurkan untuk menyembunyikan kebaikan apapun yang seorang muslim lakukan, termasuk sedekah, dari hadapan orang lain.

Keutamaan Sedekah: Mendapatkan Ampunan

Sebagai umat manusia yang tentu tak pernah luput dari kelalaian yang berbuah dosa, pengampunan dari Allah Swt. akan menjadi nikmat yang luar biasa. Hebatnya, nikmat tersebut bisa diraih hanya cukup dengan bersedekah. Hal tersebut disampaikan Nabi Muhammad dalam sebuah hadis yang berbunyi:

Sedekah itu menghapuskan dosa seperti air memadamkan api.”
(HR At-Tirmidzi)

Namun, ampunan ini hanyalah untuk dosa selain menyekutukan Allah Swt. Semoga Anda terhindar dari dosa besar sehingga dapat meraih ampunan Allah Ta’ala melalui sedekah yang dilakukan.

Keutamaan Sedekah: Menjadi Amal Jariah

Bersedekah termasuk salah satu amalan jariah. Artinya, pahala amalan ini tak akan terputus walaupun yang bersangkutan sudah meninggal dunia. Dengan begitu, sebagai amalan yang kekal, sedekah sama nilainya seperti menabung harta untuk kehidupan di alam akhirat.

Itulah di antaranya beberapa keutamaan sedekah yang tertuang dalam Alquran dan Hadis. Melihat begitu banyak keutamaannya, seharusnya Anda tak perlu ragu lagi untuk membelanjakan harta di jalan Allah Swt.
Jadi, jangan menunggu nanti. Bersedekahlah sekarang ketika Allah Swt. masih memberikan kesempatan. Meraih keutamaan sedekah anggaplah sebagai tambahan, tetapi yang utama niat karena lillahi ta’ala.

Sahabat, mari mulai sedekahmu sekarang! Klik di sini.