Sedekah

5 Manfaat Sedekah di Akhir Tahun

Tahun 2020 ini menjadi tahun yang berat bagi kita semua. Kedatangan pandemi virus covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya, banyak bisnis yang tutup, bahkan segala aktivitas di luar rumah harus dihentikan guna menekan penyebaran virus berbahaya itu.

Begitupun dengan tahun 2021, dimana covid-19 pandemi juga belum berakhir hingga tak jarang banyak dari saudara-saudara kita yang harus kehilangan pekerjaannya dan juga mereka yang sedang merintis usaha harus kehilangan pelanggannya karena jam operasional yang tak menentu akibat pemberlakukan PPKM.

Sedikit flash-back meskipun terkenal dengan ‘tahun covid-19’, banyak bencana lain yang juga terjadi di tahun 2020 ini. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat sebanyak 2.256 bencana alam terjadi dengan rincian banjir sebanyak 822 kali, tanah longsor 414 kali, puting beliung 627 kali, serta kebakaran hutan sebanyak 320 kali.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, kita dianjurkan untuk bersedekah dalam menghadapi bencana. Kata beliau,”Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tak dapat melewati sedekah..” (HR Thabrani).

Keutamaan Sedekah

Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ia dapat memudahkan kita dalam menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

Sedekah memiliki begitu ragam manfaat baik untuk diri sendiri maupun mereka yang menerima apa yang telah kita sedekahkan. Sedekah juga dapat menjadi obat yang mujarab dalam penyembuhan penyakit dan juga dapat memperlancar urusan-urusan yang kita miliki.

Nah, Sahabat. Menjelang akhir tahun 2021 ini, kesempatan untuk membantu sesama dengan sedekah masih terbuka lebar. Apa saja manfaat yang akan kita peroleh jika bersedekah di akhir tahun 2021 ini? Berikut di antaranya :

Baca Juga: 5 Resolusi yang Wajib Dimiliki di Tahun 2022

1. Menghilangkan Kecemasan

cara mengatasi kecemasan
Membantu menghilangkan kecemasan.

Rasa cemas menjadi semakin sering kita rasakan sejak covid-19 datang di tengah-tengah kita. 

Apalagi menjelang tahun 2021 yang  ada di depan mata, kekhawatiran dalam menghadapinya tentu juga seringkali melanda.
Sedekah akhir tahun dapat membantu kita untuk menghilangkan rasa khawatir dan juga rasa cemas. Sesuai firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 274 :

Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati..”

2. Menjadi Obat Penyembuh 

obat penyembuh
Menjadi obat penyembuh.

Tahun 2020 ini menjadi berat bagi sebagian orang karena di tahun ini ada saudara, kerabat, dan keluarga mereka yang telah tiada, atau diberi ujian oleh Allah berupa sakit yang sulit disembuhkan.

Berbagai ikhtiar sudah diupayakan, tapi kesembuhan tak kunjung didapatkan. Bersedekah di akhir tahun dapat menjadi upaya untuk menyembuhkan mereka, Sedekah disebut sebagai ‘obat mujarab’ untuk menyembuhkan sebuah penyakit.

Sebagaimana hadist Rasulullah SAW :

Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah.” (Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahih al-Jami’).

3.    Menghapus Dosa-dosa

menghapus dosa-dosa
Menjadi penghapus dosa-dosa.

Akhir tahun menjadi ajang untuk evaluasi diri tentang apa saja yang sudah kita lakukan di tahun ini. Selain itu, menjadi perbaikan agar bisa menjalani tahun depan dengan lebih baik. 

Begitu pula dengan kesalahan dan dosa-dosa. Sebagai manusia, kita tak akan pernah luput dari itu. Sedekah di akhir tahun dapat menjadi perantara agar Allah menghapus dosa-dosa kita. Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW :

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR At-Tirmidzi).

Baca Juga: Doa Akhir Tahun

4. Harta Jadi Bertambah

cara menambah harta
Harta menjadi bertambah.

Karena pandemi covid-19 yang menyerang segala aspek kehidupan, banyak orang yang menjadi kesulitan secara ekonomi. Bersedekah di akhir tahun dapat membantu orang-orang yang kesulitan sekaligus juga memperbaiki kondisi ekonomi kita sendiri.

Rasulullah SAW bersabda jika bersedekah tidak akan membuat harta kita berkurang, justru akan bertambah berkali-kali lipat lebih banyak seperti biji yang menumbuhkan seratus  tumbuhan (QS Al Baqarah 261).

5. Menolak Kematian dalam Keadaan Su’ul Khatimah

menolak kematian dalam keadaan su'ul khotimah
Menolak kematian dalam keadaan su’ul khotimah.

Mati dalam keadaan husnul khatimah adalah harapan seluruh kaum muslimin di dunia. Kita harus selalu berikhtiar dan berdoa agar Allah mematikan kita dalam kondisi ini.

Sedekah di akhir tahun ternyata punya manfaat yang besar bagi kita untuk menghindarkan dari su’ul khotimah. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW,”Sesungguhnya sedekah meredam murka Tuhan, dan menolak mati dalam keadaan buruk (su’ul khatimah).”

Nah, Sahabat, itu tadi 5 manfaat sedekah akhir tahun yang bisa kita dapatkan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Amiin ya rabbal alamin.

Sahabat, untuk menitipkan sedekah di akhir tahun, klik di sini.

Menjelang akhir tahuj ada baiknya kita melaksanakan sedekah. Lalu, ada apa saja manfaat yang diperoleh di sedekah akhir tahun?