Inspiratif

Doa Akhir Tahun untuk 2023 yang Lebih Baik

Menjelang akhir tahun 2022, tentu kita punya rencana yang akan kita lakukan di tahun 2022 nanti. Mulai dari keinginan untuk menikah, memiliki rumah, mempunyai pekerjaan baru, maupun keinginan sederhana seperti ingin lebih sering membaca buku dalam satu pekan.

Akhir tahun juga menjadi salah satu momen untuk refleksi dan bersama-sama dalam mengevaluasi apa yang telah dilakukan di sepanjang tahun 2022 ini. Akan tetapi, setelah kita membuat rencana-rencana itu, ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan, yaitu berdoa. Berdoa merupakan senjata paling penting untuk menghadapi tahun 2023 yang lebih baik. 

Sebetulnya tidak ada dalil yang menganjurkan kita berdoa di akhir maupun awal tahun. Akan tetapi, tidak terdapat pula larangan untuk melakukannya sehingga hukumnya mubah atau boleh dilakukan. 

Baca Juga : 5 Resolusi yang Wajib Dimiliki di tahun 2022

Doa Sebagai Senjata Orang Mukmin

Doa merupakan salah satu bentuk permohonan seorang hamba terhadap Allah SWT. Doa juga termasuk dalam bentuk ibadah, saat manusia berdoa maka hal tersebut sebagai bentuk kelemahan manusia yang selalu membutuhkan kekuatan dari Allah SWT.

Dalam Alquran sendiri terdapat 203 ayat dengan arti yang beragam. Sedang menurut istilah doa berarti memohon kepada Allah SWT secara langsung untuk memperoleh karunia dan segala yang diridhoi nya.

Nah, Sahabat doa akhir tahun bisa menjadi salah satu bentuk syukur kita atas apa yang telah kita dapatkan di tahun ini sekaligus juga menjadi harapan untuk menjalani kehidupan di masa yang akan datang.

1. Doa Meminta Ampunan

Doa memohon ampun kepada Allah SWT agar kesalahan-kesalahan yang kita lakukan di tahun ini dapat terampuni.

Rasulullah bersabda, jika membaca doa ini baik di malam ataupun pagi hari, maka ketika seseorang tersebut meninggal akan masuk surga.

Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkau menciptakan Engkau dan aku adalah hamba-Mu. Aku berada di atas janji Mu, sebisaku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku. Aku mengakui banyaknya nikmat (yang Engkau anugerahkan) untukku dan aku mengakui dosa-dosaku, maka ampunilah aku. Karena sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa melainkan Engkau.”

Baca Juga : 5 Manfaat Sedekah di Akhir Tahun

2. Doa untuk Perlindungan

Sebagai manusia kita sesungguhnya adalah makhluk yang lemah dan butuh perlindungan. Apalagi pandemi covid-19 masih belum berakhir dan masih mengintai kita hingga akhir tahun ini.

Satu-satunya yang dapat memberikan pertolongan adalah Allah SWT, oleh sebab itu kita dianjurkan berdoa memohon perlindungan.

Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan di langit tidak akan berbahaya, Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

3. Doa Untuk Kebaikan di Kehidupan Selanjutnya

Berharap selalu diberikan yang terbaik oleh Allah baik di dunia maupun di akhirat kelak. Karena kurang baik untuk kita bisa jadi terbaik menurut Allah, begitu pula sebaliknya. 

Doa ini juga dianjurkan dibaca ketika di tahun ini kita sering tertimpa musibah.

“Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.” 

Demikian adalah 3 doa akhir tahun yang dianjurkan untuk dibaca, semoga kita senantiasa diberikan keberkahan di sepanjang hidup kita.

Sahabat, selain berdoa kita juga bisa bersedekah untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Klik di sini untuk bersedekah di akhir tahun.
 

donasi pedalaman bantu mereka yang membutuhkan