Ramadhan

10 Ucapan Menyambut Ramadhan untuk Keluarga dan Teman

ucapan ramadhan

Ramadhan telah tiba! Bulan ke-9 dalam kalender umat muslim ini. pada bulan ini pula, seluruh umat muslim di dunia melakukan ibadah seperti puasa, tarawih, tadarus, dan sebagainya, selama 30 hari. Pada Bulan Ramadhan pula, sudah menjadi hal yang wajar bagi para muslim untuk saling berkirim ucapan. Baik itu untuk mendoakan kelancaran di bulan puasa, hingga bermaaf-maafan.

Hikmah Ketika Berpuasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan hikmah bagi kaum muslimin di seluruh dunia. Secara garis besar, terdapat empat hikmah utama dalam berpuasa. Keempat ikma ini, seperti yang diutarakan oleh Andy (2018), adalah sebagai berikut:

1. Kejujuran

Dalam berkediupan di tengah masyarakat, kita pastinya tidak akan terlepas dari komunikasi. Dimana dalam berkomunikasi, dibutukan keselarasan antara dua pelaku, seingga tercipta bentuk interaksi yang baik. Dan terdapat al paling utama dalam komuniasi, yaitu kejujuran di setiap ucapan kita. Kejujuran juga akan mengantarkan kebaikan dan kebahagiaan kepada kita. Namun, bagaimana hubungan kejujuran terhadap puasa?

Ketika kita berpuasa, maka timbul kesadaran bahwa kita hanya seorang hamba Allah SWT. Sehingga, perilaku jujur akan tertanam dalam diri kita yang selalu merasa rendah di muka bumi.

2. Pengakuan kepemilikan Allah SWT

Berpuasa akan memberikan kesadaran lembut di dalam diri kita bahwa segala sesuatu di langit dan bumi, sesungguhnya adalah milik Allah SWT. Begitu Pula isi bumi ini, tidak ada yang kita miliki. Hal ini berhubungan dengan kita yang menahan nafsu untuk makan dan minum selama bulan puasa. Sehingga, kita pun menjadi sadar bahwa tidak ada yang bisa kita lakukan tanpa kuasa Allah SWT, dan sadar jika makanan dan minuman pun adalah titipan dan rahmat dari Allah SWT.

3. Kesadaran bahwa segala sesuatu adalah milik Allah yang dititipkan kepada kita.

Selama hidup tanpa kita sadari ada begitu banyak kenikmatan yang Allah SWT titipkan pada diri kita. Beberapa nikmat tersebut ada yang merupakan keinginan kita dan ada juga beberapa yang merupakan kebutuhan kita. Sebagaimana dijelaskan dalam ayat Alquran beberapa

4. Sadar akan dosa yang diperbuat oleh perkataan

Mulut terkadang bisa melakukan kesalahan selama tahun-tahun sebelumnya. Manusia tanpa sadar mengucapkan kata-kata yang mungkin menyakiti hati orang lain. Bahkan terkadang, mulut bisa menimbulkan fitnah. Berpuasa akan mengajarkan muslimin untuk berhati-hati dalam berkata.

10 Ucapan Menyambut Ramadhan untuk Keluarga dan Teman

Oleh karena ucapan dan perbuatan kita mungkin menyakiti hati orang-orang di sekitar, maka sangat baik untuk bermaaf-maafan terlebih dahulu, atau sekadar kara-kata menyambut Ramadhan. Di era teknologi serba canggih sekarang, ucapan-ucapan tersebut dapat kita kirim melalui pesan chat, atau pun SMS.

Dikutip dari artikel Afiani (2022), Jalantikus (2022), Lestari (2022), Nugraha (2022), dan Sitoresmi (2022), ada beberapa kata-kata mutiara yang bisa dijadikan inspirasi untuk menyampaikan semarak Ramadhan tersebut kepada sanak saudara. Berikut 10 ucapan menyambut Ramadhan untuk teman dan keluarga.

1. Ramadhan Kareem! May Allah bring countless happiness and joy to your life!

Ucapan ini bisa menjadi inspirasi bagi anak muda yang ingin terkesan kebarat-baratan. Adapun arti dari ucapan ini adalah “Selamat Ramadhan! Semoga Allah memberikan kebahagiaan yang tak terhingga untuk hidupmu!”

2. Marilah kita sambut Ramadan ini dengan jiwa yang baru. Sucikan hati, sucikan jiwa dan bersihkan pikiran. Marhaban Ya Ramadhan. Selamat berpuasa.

Kalimat simpel ini bisa menjadi salah satu ucapan yang bermakna. Selain karena maknanya yang dalam, terkandung pula ajakan yang mulia. 

3. Bulan berkah hampir tiba! Jiwa dan hati akan kembali bersih di bulan suci ini. Mohon maaf lahir dan batin!

4. Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata.

Bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Kesiapan mental dan kejernihan hati dipersiapkan untuk menyambutnya. Sudilah kiranya, membuka pintu hati untuk menerima ucapan kami. Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Kata-kata ini bisa menjadi sumber inspirasi jika ingin mengirimkan ucapan yang sedikit puitis. 

  1. Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Tak lama lagi kita akan berjumpa. Siapkan hati untuk mendekatkan diri pada-Nya. Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin.
  1. O Allah forgive us for all our sins and take us in your blessings and happiness. We are very weak, give us the strength to fight against sins. Happy Ramadhan!

Kalimat bahasa Inggris ini juga bisa dijadikan inspirasi untuk ucapan berpuasa. Adapun arti dari kalimat ini adalah “Ya Allah, maafkan dosa-dosa kami, dan berikan karunia mu kepada kami. Sesunggunya kami ini sangat lema, berikanla kami kekuatan untuk melawan godaan syaitan ini. Selamat Ramadan!” 

  1. Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga, saatnya kembali kepada-Nya. Mensyukuri indahnya kemurahan-Nya. Saatnya merenungi diri bersama kita leburkan kekhilafan, dengan shaum dan amalan soleh dan keikhlasan dalam jiwa.
  1. Matahari berdzikir pepohonan memuji segala keagungan-Mu. Napas merupakan tasbih dan tidur dijadikan ibadah. Selamat Ramadhan, semoga kita meraih segala berkah.
  1. Segagah apapun diri, bukanlah pahlawan jika nafsu tak dapat dilawan. Setinggi apapun derajat, bukanlah mulia jika tak ada iman di dada. Setinggi langit pun ilmu, bukanlah bijaksana jika tak diamal dan diguna. Sealim apapun akhlak, bukanlah ulama jika takabur dan riya’. Selamat menyambut Ramadhan.
  1. Pucuk selasih bertunas menjulang, dahannya patah tolong betulkan,

Puasa Ramadhan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. 

Selamat Menunaikan Ibadah puasa.

Jika ingin memberikan ucapan seperti pantun, contoh ini juga bisa dijadikan inspirasi.

Itu tadi contoh 10 ucapan menyambut ramadhan untuk teman dan keluarga, yang bisa dijadikan inspirasi untuk kita bersama. Mari semarakkan bulan Ramadhan dengan ucapan-ucapan inda dan permintaan maaf yang tulus!

Terakhir, bulan Ramadhan tidak akan lengkap tanpa berbagi terutama kepada saudara sesama muslim kita. Sahabat, marilah, kita lengkapi keindahan bulan Ramadhan ini dengan berbagi ke sesama. Klik di sini.