Kurban

4 Tips Memilih Lokasi Kurban yang Tepat di Tahun 2022

kurban pedalaman

Banyak dari kita yang sudah diberikan izin oleh Allah untuk bisa berqurban setiap tahunnya. Apakah berqurban di komplek tempat tinggal atau berqurban di kampung halaman. Ada pula orang-orang yang tahun ini baru diberikan rezeki oleh Allah untuk bisa berqurban. Selain keuangan, pemilihan lokasi akan berqurban di mana juga sering menjadi kebingungan tersendiri bagi para pequrban.

Perihal pemilihan lokasi qurban, berbagai alasan tentunya dimiliki oleh setiap orang. Mulai dari ingin berbagi dengan orang-orang di sekitar tempat tinggal dan ada yang memilih di kampung halaman dengan alasan qurban bersama orang tua. Lalu, ada juga orang-orang memilih berqurban di lokasi jauh dengan alasan ingin menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Jika Sahabat memiliki rezeki yang cukup untuk berqurban tahun ini, di mana Anda ingin berqurban? Berikut beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan Sahabat dalam memilih lokasi untuk berqurban. Selamat membaca.

kurban pedalaman

1. Sekitar Rumah Agar Bisa Silaturahmi dengan Tetangga

Ada orang yang memilih berqurban di lingkungan tempat tinggalnya karena ingin bersilaturahmi dan memberikan bantuan kepada orang yang lebih dekat dengan mereka. Berqurban di lingkungan tempat tinggal membuat kita akan menjadi lebih akrab dengan tetangga, dan memberikan kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan di sekitar kita.

Selain itu, banyak orang yang memilih berqurban di lingkungan tempat tinggal karena ingin menyaksikan hewan qurban mereka saat disembelih.

2. Qurban Bersama Orang Tua

Untuk pertimbangan kedua ini sering masih menjadi salah satu alasan terbesar bagi orang-orang yang ingin berqurban dalam memilih lokasi. Ada yang berqurban bersama orang tua, atau berqurban atas nama orang tua di kampung halamannya. Selain membahagiakan orang tua, menjalin silaturahmi dengan orang-orang di kampung halaman juga menjadi salah satu sisi positifnya.

3. Lokasi Bencana

Memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan menjadi salah satu hal yang mendorong orang-orang untuk memilih berqurban di negara-negara yang menderita akibat perang atau krisis kesehatan, di mana tingkat kesejahteraan penduduknya sangat rendah. Dengan menyalurkan qurban di wilayah bencana, diharapkan bisa sedikit meringankan kesulitan yang mereka hadapi dan sekaligus melambangkan kepedulian pada sesama.

Baca Juga : Kurban di Pedalaman, Salurkan Kebahagiaan, Kuatkan Persaudaraan

4. Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat Pedalaman

Pertimbangan keempat ini merupakan hal utama yang mendorong Insan Bumi Mandiri beserta pada perqurban untuk mengadakan kegiatan Qurban di Pedalaman. Di negara yang sangat luas ini, masih ada orang-orang yang hidup dalam keterbatasan dan jauh dari kata sejahtera.

Qurban di Pedalaman bukan hanya tentang menyalurkan daging hewan qurban saja, tapi juga bagaimana caranya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di pedalaman. Untuk itulah, setiap kali Qurban di Pedalaman dilaksanakan, hewan qurban dibeli dari peternak lokal dengan harga yang menguntungkan mereka tentunya.

Baca Juga : Cerita Kambing dan Sapi Qurban untuk Pedalaman

Nah, empat hal di atas adalah alasan yang bisa Sahabat pertimbangkan dalam memilih lokasi untuk berqurban. Bagi Sahabat yang khawatir qurbannya tidak sah karena tidak melihat hewan qurban saat disembeli, jangan khawatir.

Menghadiri prosesi penyembelihan bukanlah syarat sah kurban. Jadi, tidak akan membatalkan qurban jika seseorang tidak bisa melihat penyembelihan dan mewakilkannya kepada orang lain, misalnya panitia qurban.

“Hendaklah shohibul kurban mengurus kurbannya sendiri. Namun ia boleh pula mewakilkan muslim yang lain dan ia menyaksikan prosesi penyembelihan ketika diwakilkan.”

Al Bahuti dalam Ar Roudh

Baiklah, sekian artikel kali ini ya Sahabat. Apakah sudah tahu ingin berqurban di mana tahun ini? Klik di sini jika Sahabat ingin berqurban di pedalaman.

kurban online