Kurban

Cerita Kambing dan Sapi Qurban untuk Pedalaman

beli kambing kurban dari peternak lokal

Mendekati Hari Raya Kurban, kambing dan sapi menjadi primadona yang paling dicari masyarakat Indonesia. Ada yang beli secara langsung, ada juga yang memesan lewat kurban online, salah satunya lewat Qurban di Pedalaman. Pada artikel kali ini, akan kami ceritakan secara singkat, bagaimana dua mamalia ini berjuang agar bisa menghadirkan nikmatnya hari raya qurban untuk masyarakat yang hidup di pedalaman Indonesia.

Kambing dan Sapi dari Peternak Lokal

Kambing dan sapi qurban untuk pedalaman yang diadakan oleh Insan Bumi Mandiri, dibeli langsung dari peternak lokal loh Sahabat. Tujuannya agar saat Hari Raya Kurban, kesejahteraan ekonomi masyarakat juga dapat terbantu. Hewan-hewan ini dibeli dengan harga yang menguntungkan bagi penjualnya.

Tentunya hewan kurban yang dibeli juga bukan hewan sembarangan. Sebelum memasuki musim qurban, masyarakat sudah lebih dulu diedukasi bagaimana cara merawat hewan mereka. Sehingga saat dijual nanti, hewan sudah dalam kondisi terbaiknya sesuai dengan syariat Islam.

Menyeberang Laut dan Menerjang Ombak

Ini nih momen yang tidak akan pernah terlewatkan dan selalu jadi kenangan menakjubkan saat kegiatan Qurban di Pedalaman berlangsung. Bagaimana serunya menyeberang lautan bersama kambing dan sapi untuk bisa sampai di lokasi qurban.

Kondisi geografis pedalaman yang terdiri dari kepulauan membuat akses transportasi masih sulit, sehingga penyeberangan hanya bisa dilakukan dengan perahu. Apabila perahu tidak bisa menepi karena pasang atau cuaca buruk, maka hewan-hewan lucu ini akan digendong untuk berenang bersama agar bisa sampai ke tepian. Sangat menarik bukan?

Bertemu Warga Pedalaman

Setelah melalui perjalanan panjang dari darat ke laut hingga sampai lagi di darat, akhirnya kambing dan sapi qurban untuk pedalaman ini menyapa saudara-saudara kita di sana. Sangat bahagia melihat bagaimana antusiasme warga menyambut kehadiran dua hewan ini di kampung mereka.

Bagi mereka, qurban merupakan momen tahunan yang sangat ditunggu. Masyarakat dari berbagai usia, jenis kelamin, hingga agama sangat menantikan momen yang membahagiakan ini. Kegiatan qurban di pedalaman ini menegaskan, jika persatuan masih sangat kuat di bumi Indonesia. Jangan sampai ada perpecahan di antara kita, Sahabat.

Baca Juga : Kurban di Pedalaman, Salurkan Kebahagiaan, Kuatkan Persaudaraan

Nikmatnya Menyantap Daging di Hari Raya Qurban

Setelah kambing dibeli dari peternak lokal, menyeberang lautan, hingga menyapa masyarakat pedalaman, tibalah saatnya yang paling ditunggu. Apalagi jika bukan menyembelih hewan qurban dan memasaknya menjadi olahan makanan yang lezat.

Bahkan, beberapa warga nonmuslim pun ingin ikut menyembelih hewan qurban. Namun, dalam syariat Islam, hanya orang muslim saja yang boleh menyembelih hewan qurban. Sehingga, warga yang nonmuslim pun bisa membantu pada bagian pencacahan dan distribusi qurban.

Bagi kami yang menunaikan kewajiban sebagai perantara pequrban dengan masyarakat di pedalaman, momen ini adalah saat paling membahagiakan. Melihat masyarakat berbaur menjadi satu dalam sebuah ikatan persaudaraan dibalut dengan kebahagiaan yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Olahan daging dimakan bersama-sama dengan suasana penuh kehangatan. Dalam suasana ini, hanya rasa syukur yang terlontar dari mulut kami, disertai dengan doa untuk mereka yang sudah mau berqurban untuk saudara-saudaranya yang ada di pedalaman.

Hingga saat ini, empat tahun sudah Insan Bumi Mandiri mengawal dan mengantar sapi dan kambing dari para pequrban yang ingin menghadirkan kebahagiaan untuk pedalaman Indonesia. Bagi kami, hal ini adalah sesuatu yang sangat membanggakan, bekerja keras demi kebahagiaan mereka yang kadang terlupakan keberadaannya oleh sebagian orang.

Namun, kami yakin masih banyak orang yang tidak pernah menutup mata dan ingin berkontribusi lebih untuk saudara-saudara kita yang ada di pedalaman sana. Melalui program Kurban di Pedalaman, kami mengajak Anda untuk ikut peduli dan mulai menyadari, jika hal yang bagi kita merupakan sesuatu yang sederhana, tapi bagi mereka hal itu menjadi bernilai luar biasa dan sangat dinantikan.

Insan Bumi Mandiri, bersama para donatur dan pequrban akan selalu berkomitmen untuk menghadirkan kebahagiaan bagi pedalaman Indonesia. Klik di sini jika Sahabat ingin berqurban untuk pedalaman.

kurban online