Kurban

Kurban Pedalaman: Salurkan Kebahagiaan, Kuatkan Persaudaraan

Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah akan segera datang. Namun, euforia kurban tahun sebelumnya masih sangat jelas dirasakan oleh tim Insan Bumi Mandiri yang sudah berhasil menyelenggarakan kegiatan kurban di pedalaman. Mulai dari mencari pekurban yang ingin ikut berpartisipasi, menyalurkan hewan, hingga akhirnya saudara kita di pedalaman bisa merasakan nikmatnya daging kurban.

Kurban di pedalaman bukan hanya ajang menyalurkan bantuan semata, bersamaan dengan bantuan yang diberikan tersebut, terdapat pula harapan dari para pekurban untuk bisa menyediakan kebahagiaan bagi saudara-saudara mereka yang ada di pedalaman. Hewan kurban yang berlayar hingga pedalaman diharapkan bisa membuat mereka di pedalaman sana merasakan berkah hari raya sebagaimana kita di kota-kota besar.

Bukanlah perkara mudah bagi semua orang yang terlibat dalam kegiatan kurban di pedalaman untuk membuat niat baik ini bisa terwujud. Berbagai kata terlontar dari mulut para relawan yang langsung turun ke lapangan ketika menggambarkan kegiatan kurban di pedalaman. Mulai dari luar biasa, menakjubkan, dan tidak akan pernah terlupakan.

Baca Juga: 10 Keutamaan Kurban di Pedalaman Bersama Insan Bumi Mandiri

Koordinator lapangan Kurban untuk Pedalaman 2019, Hayatul Fikri Azis mengatakan, ada kesulitan dan kemudahan tertentu dalam kegiatan kurban di pedalaman 2019 lalu. Kesulitannya adalah akses yang jauh dan fasilitas transportasi yang terbatas, hewan kadang dibeli di pulau yang berbeda, kemudian diantar ke pulau sasaran dengan kapal atau perahu seadanya. Tidak jarang hewan kurban tersebut harus digotong dari pinggiran laut hingga ke dermaga.

Wah, membayangkannya saja sudah terasa bagaimana tingkat kesulitannya ya Sahabat. Namun, hal ini tidak menjadi hal yang akan membuat kurban di pedalaman terhenti pada 2019 saja. Banyak hal baik yang juga memotivasi tim Insan Bumi Mandiri untuk terus menjalankan program ini, dan tahun ini akan menjadi salah satu pembuktian komitmen IBM untuk selalu menghadirkan kebahagiaan di pedalaman.

Seorang anak sedang membawa hewan kurban
Kurban Pedalaman

Salah satu kebahagiaan yang bisa diberikan adalah kepada warga lokal yang bisa menjual ternaknya pada kurban 2019 lalu. “Kurban di pedalaman, kita berupaya untuk menyejahterakan banyak pihak, mulai dari proses pembelian hewan kurban kepada peternak atau masyarakat lokal, hingga hewannya disembelih dan disantap bersama. Semua proses kurban kita dilakukan di pedalaman, sehingga tepat sasaran,” ujar Fikri yang juga menjabat sebagai koordinator bagian Monitoring dan Evaluating di Insan Bumi Mandiri.

Kebahagiaan masyarakat pedalaman terlihat jelas saat mereka menerima daging hewan kurban. Semua elemen masyarakat ikut serta tanpa terkecuali, anak-anak pun ikut serta memilih dan membersihkan daging kurban yang nantinya bisa mereka santap bersama-sama. Bisa menyaksikan kebahagian dan antusias masyarakat pedalaman saat momen qurban menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi Fikri dan tim Kurban di Pedalaman lainnya.

Selain ajang untuk berbagi kebahagiaan, kurban pada 2019 lalu juga menjadi ajang pembuktian jika agama membawa persatuan adalah benar adanya. Agama dan kemanusiaan merupakan hal yang beriringan karena setiap agama mengajarkan kepeduliaan dan saling membantu sesama manusia.

“Pada momen sekali setahun ini, semua pihak ikut terlibat. Tidak hanya muslim, tapi non muslim juga membantu dalam proses distribusi daging dan kemudian memasak hingga menyantap daging bersama-sama. Sangat harmonis,” jelas Fikri menggambarkan bagaimana hangatnya suasana kurban di pedalaman 2019 lalu.

kurban pedalaman insan bumi mandiri
Kurbanmu telah sampai ke pedalaman.

Tahun ini Fikri menjadi ketua panitia Kurban di Pedalaman 1441 H. Ketika ditanyakan target apa yang ingin dicapai pada tahun ini, Fikri menargetkan makin banyak wilayah-wilayah pedalaman yang dijangkau. Saat ini tim kurban 2020 sedang berusaha memperluas wilayah penyebaran di berbagai daerah pedalaman Indonesia. Harapannya banyak #SahabatPedalaman yang berkurban di Insan Bumi Mandiri, sehingga makin banyak pula daerah dan masyarakat pedalaman yang merasakan kebahagiaan dan nikmat hari raya idhul adha.

Untuk #SahabatPedalaman yang ingin berkurban, saat ini Insan Bumi Mandiri sudah membuka kesempatannya lewat program Tabungan Kurban, jangan lupa daftar ya. Segerakan kurbanmu.