Kurban

Kurban di Pedalaman : Tingkatkan Kesejahteraan Peternak Lokal

peternal hewan kurban lokal

Hari Raya Idul Adha yang akan berlangsung pada akhir Juli nanti tentunya sangat dinantikan oleh banyak pihak, terutama umat muslim. Kurang dari dua bulan menjelang lebaran sudah banyak orang yang membeli hewan kurban untuk disembelih pada hari raya nanti, baik secara online maupun offline.

Momen ini juga sangat ditunggu oleh para peternak sapi dan kambing yang ada di Indonesia, terutama bagi para peternak lokal. Hari raya kurban sangat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan peternak lokal.

Insan Bumi Mandiri, sebagai salah satu lembaga terdepan di bidang sosial dan kemanusiaan juga turut serta berpartisipasi dalam kegiatan kurban dengan mengadakan program kurban di pedalaman untuk para calon pekurban.

Insan Bumi Mandiri sudah melakukan program Kurban di pedalaman sejak tahun 2016, dan saat ini sudah masuk tahun keempat. Sejak awal diadakan, Insan Bumi Mandiri berkomitmen bahwa kegiatan kurban di pedalaman bukan hanya sekedar kegiatan penyembelihan hewan saja, namun juga turut serta dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya kesejahteraan peternak lokal di sana.

Baca Juga : Kurban di Pedalaman, 4 Tahun Berlayar Bersama Insan Bumi Mandiri

Untuk mewujudkan hal tersebut, Insan Bumi Mandiri selalu membeli hewan dari peternak lokal dalam setiap kegiatan kurban di pedalaman. Apa sih dampaknya pada kesejahteraan peternak lokal di pedalaman? Berikut kami berikan uraian singkatnya. Selamat membaca

1. Meningkatkan Jumlah Penjualan Hewan Peternak Lokal

Menurut direktur Insan Bumi Mandiri, Mochammad Ridwan Hilmi, jika biasanya peternak lokal di pedalaman hanya bisa menjual 2 ekor sapi atau kambing, sejak adanya program kurban di pedalaman oleh Insan Bumi Mandiri ini, mereka bisa menjual hingga 10 ekor sapi.

Hal ini berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan peternak lokal. Sapi atau kambing dibeli oleh Insan Bumi Mandiri dalam skala besar dengan harga yang menguntungkan peternak.

Ingin bantu meningkatkan kesejahteraan peternak lokal di pedalaman? Pesan hewan kurban Anda di sini.

2. Tingkatkan Skill dan Keterampilan Peternak

Kurban di pedalaman tidak hanya tentang transaksi jual beli saja, berbulan-bulan sebelum kegiatan kurban berlangsung, Insan Bumi Mandiri terlebih dahulu membina peternak lokal dengan memberikan pengetahuan dan skill dalam mengelola hewan ternak.

Sehingga, pada saat kurban di pedalaman berlangsung, hewan sudah tersedia dengan kualitas yang bagus dan layak kurban. Dengan meningkatnya kualitas hewan ternak, harga jual juga meningkat dan tentunya berpengaruh pada kesejahteraan peternak lokal.

Baca Juga : 10 Keutamaan Kurban di Pedalaman Bersama Insan Bumi Mandiri

2. Dari Peternak Untuk Peternak

Hasil dari kurban di pedalaman nantinya juga akan dinikmati oleh peternak. Bukan hanya dagingnya saja, namun juga dari keuntungan penjualan yang didapatkan. Menurut Ridwan, membeli sapi dari peternak lokal berperan penting dalam mengangkat perekonomian masyarakat pada umumnya dan kesejahteraan peternak lokal khususnya.

“Dulu pas awal saya kesana, saya memikirkan hal apakah yang bisa langsung berdampak ke masyarakat, dan yang saya temukan disana adalah potensi peternakannya. Kambing dan sapi harganya terjangkau, akhirnya saya memutuskan untuk membeli ternak mereka pada saat kurban. Masyarakat sangat bahagia saat ternaknya dibeli. Kesejahteraan peternak lokal meningkat, mereka langsung mendapat uang cash yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok, kebutuhan sekolah anak, dll. Jadi masyarakat langsung merasakan manfaatnya,” papar direktur Insan Bumi Mandiri ini.

Baca Juga : Beli Kurban Online, Berikut Harga Hewan Kurban di Insan Bumi Mandiri

Dengan ikut kegiatan kurban di pedalaman bersama Insan Bumi Mandiri, Anda sudah ikut serta secara langsung dalam membantu perekonomian masyarakat di pedalaman, khususnya kesejahteraan peternak lokal.

Meningkatkan kesejahteraan peternak lokal melalui program kurban merupakan salah satu komitmen Insan Bumi Mandiri dalam mewujudkan masyarakat pedalaman yang lebih baik, mandiri dan berdaya.

Jika belum ikut kegiatan kurban di pedalaman, segera daftarkan diri Anda sebagai pekurban dengan cara klik di sini. Bersama-sama, kita tingkatkan kesejahteraan peternak lokal di pedalaman Indonesia.