Tentang IBM

Insan Bumi Mandiri dan Paragon Kelola Program Pemberdayaan Peternak di Pedalaman NTT

permberdayaan ternak di pedalaman

Bandung, 30 September 2022 – Paragon mendukung Insan Bumi Mandiri (IBM) dalam program pemberdayaan peternak lokal bernama Ternak.In. Mereka menggandeng para peternak di wilayah pedalaman Nusa Tenggara Timur (NTT). Ternak.In memulai programnya dari tiga wilayah, yaitu Kampung Nurdin, Kecamatan Alor Tengah Utara, Alor; Baranusa, Pantai Timur, Alor; dan Waingapu, Sumba Timur, NTT.

Pada kolaborasi ini, Paragon mendorong kemajuan program dengan dukungan modal pembelian hewan ternak, pembuatan kandang, dan edukasi program fattening. Fattening adalah program penggemukan hewan ternak dengan tujuan memperbaiki kualitasnya sehingga daging yang dihasilkan juga baik.

kambing untuk kurban

Melihat senyum peternak lokal saat memberi kabar bahwa jumlah kambingnya terus bertambah menjadi motivasi besar agar program ini bisa terus berlanjut sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Program ini dimulai bersama 14 peternak di Terbina, Kampung Nurdin. IBM berharap semoga kedepannya semakin banyak peternak yang bergabung.

Baca Juga: Cerita Kambing dan Sapi Qurban untuk Pedalaman

Dari 14 peternak yang bergabung dengan Ternak.In, empat diantaranya sudah memiliki kandang. Sebagai permulaan, jumlah tersebut sudah sangat baik. Kemudian, 10 peternak lainnya akan segera menyusul membuat kandang untuk ternak-ternak mereka.

“Kami juga memiliki program Kurban di Pedalaman setiap tahun. Tujuannya selain untuk merayakan Idul Adha dengan saudara di pelosok, juga untuk memberdayakan peternak-peternak lokal. Semoga dengan adanya Ternak.In, lebih banyak lagi peternak lokal yang berdaya,” papar Zulfa.

program kurban pedalaman

IBM telah menggelar Kurban di Pedalaman sejak 2016. Kurban di Pedalaman ini berfokus kepada penyaluran di daerah yang jarang mendapat distribusi daging kurban. Pada tahun pertama, telah bergabung sebanyak 200 Shohibul Kurban dan 200 hewan kurban berhasil disembelih. Jumlah tersebut berdampak pada peningkatan ekonomi lebih dari 20 peternak yang dibina oleh IBM. Daging kurban kemudian didistribusikan ke lebih dari 10 desa penerima manfaat.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harus Kurban di Pedalaman

Tahun 2022, Kurban di Pedalaman telah mengantarkan sebanyak 2.517 hewan kurban untuk 62.316 penerima daging kurban di pedalaman. Tak hanya pedalaman Indonesia, suka cita kurban juga disampaikan hingga ke Somalia, negara berpenduduk muslim di Afrika yang mengalami kelaparan. Pelaksanaan program ini tak lepas dari kontribusi 161 peternak lokal yang dengan sigap menyediakan hewan-hewan ternak untuk dikurbankan.

Hal ini membuat IBM dan Paragon melihat bahwa program ini bisa sangat bermanfaat, tidak hanya untuk pemberdayaan peternak, tetapi juga membantu memenuhi gizi warga pedalaman. Masyarakat juga bisa ikut membantu peternak melalui Ternak.In atau berpartisipasi dalam Kurban di Pedalaman. Kunjungi website insanbumimandiri.org dan Instagram @insanbumimandiri untuk informasi selengkapnya.

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama anda #SahabatPedalaman, akan menciptakan Jejak Kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org

Hubungi kami

Customer Service +6281282383432

[email protected]