Kurban

5 Alasan Kenapa Harus Kurban di Pedalaman

alasan kenapa kurban di pedalaman

Kurban menjadi kata yang sering dicari ketika memasuki bulan Dzulhijjah. Pasalnya, hari raya Idul Adha pada bulan ini identik dengan ibadah kurban yang dilakukan. Artikel sebelumnya juga sudah banyak membahas mengenai seputar kurban. Namun, tahukah sahabat bahwa kurban di pedalaman membawa lebih banyak manfaat? Berikut akan dibahas mengenai 5 alasan kenapa harus kurban di pedalaman.

Golongan Penerima Kurban

Sebelum memasuki alasan kenapa harus kurban di pedalaman, terlebih dulu harus kita ketahui golongan-golongan orang yang berhak menerima kurban. Sebagaimana dikutip dari artikel berikut setidaknya ada 3 golongan orang penerima kurban. Diantaranya yaitu:

1. Orang yang Berqurban dan Keluarganya

Hukum pembagian bagi orang yang berqurban adalah memakan 1/3 daging hewan kurban. Hal ini didasari dari firman Allah SWT

فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا القَانِعَ وَالْمُعْتَر

Artinya: “Maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta” (QS.Al-Hajj: 28) 

Selain itu, terdapat juga hadits yang menjelaskan mengenai kebolehan bagi pekurban untuk memakan daging kurban ini. Sabda Rasulullah SAW adalah:

 وَقَوْلِ النَّبِيِّ – عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ – «كُنْت نَهَيْتُكُمْ عَنْ لُحُومِ الْأَضَاحِيِّ فَكُلُوا مِنْهَا وَادَّخِرُوا

“Dahulu saya melarang kalian memakan daging hewan, maka (sekarang) makanlah darinya dan simpanlah”

2. Fakir dan Miskin

Jatah daging yang diberikan kepada fakir miskin ialah 1/3 bagian. Ibadah kurban ini juga menjadi sangat bermaanfaat dan hikmah ketika dibagiakn ke golongan fakir dan miskin. Firman Allah SWT:

. لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِس الْفَقِيرَ 

Artinya: “Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir” (QS. Al-Hajj: 28)

Selain itu, terdapat pula hadits yang menjelaskan tentang pembagian kurban bagi fakir dan miskin. Rasulullah SAW bersabda,

“Makanlah, berilah makan orang miskin dan hadiahkanlah.” (HR Bukhari dan Muslim)

3. Kerabat dan Tetangga

Tidak terkecuali kerabat dan tetangga yang kaya, mereka boleh diberikan 1/3 bagian dari daging kurban.

Alasan Kenapa Harus Berkurban di Pedalaman 

Bagi sahabat muslim yang ingin berkurban, sangat baik untuk melakukanya di pedalaman. Namun, mengapa harus dilakukan? Ada beberapa alasan mengapa berkurban di pedalaman menjadi lebih baik dilakukan. Beberapa dari alasan itu sudah penulis rangkum dari beberapa sumber seperti kompasiana, hidayatullah dan blog Insan Bumi Mandiri. Adalah sebagai berikut:

1. Menjangkau Daerah Terpencil

Kesetimpangan serta kesenjangan ekonomi di setiap wilayah memang menjadi problema utama pemerintahan dan negara. Sehingga, hampir setiap tahun distribusi kurban tidak merata. Hal ini sangat tidak efektif, mengingat masih banyak warga yang menetap di daerah terpencil. Sehingga, melakukan kurban di daerah terpencil akan sangat membantu proses penjangkauan hasil kurban. Kebahagiaan Idul Adha pun dapat dirasakan oleh semuanya.

2. Membantu Warga Terdampak Pandemi dan Peternak Lokal

Pandemik membuat warga terdampak. Beberapa diantaranya mungkin kehilangan pekerjaan, dan lainnya. Sehingga, kurban di pedalaman dapat membantu warga lokal untuk mendapatkan kebahagiaan di tengah dampak buruk pandemik. Selain itu, peternak lokal akan terbantu dalam jual-beli hewan ternak. Lonjakan pembelian hewan ternak oleh peternak lokal pastilah membantu perekonomian mereka.

3. Membahagiakan Warga di Pedalaman

Kebahagiaan pada Idul Adha ini bisa dirayakan dan semarak jika warga di pedalaman mendapatkan pembagian daging kurban yang merata. Berkat kurban tersebut, warga yang biasanya tidak kebagian jatah daging maka akan merasa lebih Bahagia dengan pemerataan tersebut. Jika sebelum kehadiran kurban hanya 2-3 hewan saja, maka dengan adanya kurban di pedalaman akan membuat puluhan hingga ratusan kurban.

4. Menguatkan Dakwah di Pelosok

Pasalnya, Ketika melakukan kurban ke pedalaman, hal ini bisa menjadi sarana untuk melakukan dakwah. Para dai bisa memperkuat dakwah mereka sambal membagikan daging kurban. Cara ini dapat menjadi sarana pengantar bahagia, sehingga dakwah akan menjadi lebih lancer. 

5. Dapat Meningkatkan Imun Tubuh Warga

Perlu diketahui bahwa kondisi pandemik membuat kita butuh asupan protein yang lebih untuk meningkatkan imunitas. Salah satu asupan protein itu diperoleh dengan konsumsi makanan bergizi seperti daging. Sehingga, berkurban dengan hewan ternak terbaik dapat membantu meningkatkan imun. Jika sahabat ikut berkurban di pedalaman, maka sahabat akan membantu warga di pedalaman untuk meningkatkan imun tubuh mereka. Nah, itu adalah 5 Alasan Kenapa Harus Kurban di Pedalaman. Bagi sahabat yang ingin melakukan kurban di pedalaman, silahkan klik tautan berikut: Insha Allah, kurban sahabat akan tersampaikan ke warga pedalaman, dan kebaikan sahabat akan dibalas oleh Allah SWT dengan hikmah yang berlimpah.

Referensi:

https://www.kompasiana.com/wafiqzuhair7173/5ee19d0a097f36669e421ea2/10-keutamaan-berkurban-di-pedalaman

https://www.inews.id/lifestyle/muslim/golongan-penerima-daging-qurban/2.
https://blog.insanbumimandiri.org/kurban-di-pedalaman-2020-hadirkan-bahagia-untuk-semua/

https://hidayatullah.com/berita/berita-dari-anda/read/2019/06/29/166942/berqurban-di-pedalaman-menguatkan-dakwah-di-pelosok.html