Kurban

Kurban di Pedalaman 2020 , Hadirkan Bahagia Untuk Semua

kurban pedalaman

Tak terasa, hari raya kurban sudah satu bulan berlalu. Meski demikian, kebahagiaan kurban di pedalaman 2020 masih dirasakan hingga sekarang. Kurban di pedalaman menjadi kisah manis yang tak akan dilupakan oleh saudara-saudara kita di pedalaman sana. Yuk, kita simak keseruan kurban di pedalaman 2020!

Melewati Gunung, Lembah, dan Lautan

Alhamdulillah, lebih dari 2500 kurban dari Sahabat telah berhasil dilayarkan ke 5 Provinsi di Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Timur (NTT),   Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat. Sebanyak 119 Desa dan 182 Dusun yang tersebar di 57 Kecamatan menjadi penerima manfaat kurban di pedalaman tahun 2020 ini.

Butuh perjalanan panjang untuk mengantarkan hewan kurban hingga ke daerah pelosok Indonesia. Seperti yang terjadi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Kambing dan sapi harus dibawa menggunakan perahu agar bisa sampai di Pulau  Besar, salah satu pulau terpencil di sana. Begitu pula yang dialami oleh masyarakat di Pulau Kangge dan Pulau Pantar di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Sebelum hari raya Idul Adha tiba, relawan harus mencari terlebih dahulu kambing-kambing yang akan disembelih di bukit-bukit dan hutan karena mereka dibiarkan hidup di alam bebas.  

Bahagiakan Lebih dari 55.000 Warga di Pedalaman

Tahun 2020 ini, kurban dari Sahabat telah membahagiakan 56.793 saudara-saudara di Pedalaman Indonesia. Mereka merasa bersyukur karena bisa makan daging kurban tahun ini. Di tengah pandemi, datangnya kurban di pedalaman jadi kebahagiaan yang tak terkira.
Kebahagiaan kurban di pedalaman 2020 tidak hanya dirasakan oleh segelintir orang saja. Berkat kurban dari Sahabat, semua penduduk desa turut bersukacita menyambutnya. Seperti yang dialami oleh warga Desa Leubatang, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Sebelum kehadiran kurban Anda, warga hanya bisa berkurban 2-3 hewan saja di masjid-masjid desanya. Namun, sejak kehadiran kurban di pedalaman, warga desa bisa berkurban hingga puluhan bahkan ratusan hewan. Hal inilah yang membuat mereka antusias. Dengan sepenuh hati warga mempersiapkan kurban agar terlaksana tanpa kendala. Seperti membangun kandang semi-permanen untuk hewan yang akan disembelih, menyiapkan tempat penyembelihan, hingga menyiapkan dapur umum untuk mengolah daging kurban.

Berdayakan Peternak Kecil di Pedalaman

Para peternak kecil juga turut mendapatkan kebahagiaan dari kurban di pedalaman 2020. Sebanyak 111 peternak bersyukur hewan ternaknya dibeli dengan jumlah banyak dan dengan harga yang sangat baik. Apalagi di tengah pandemi yang belum juga berakhir, di tengah pendapatan yang menurun, hewan kurban yang dibeli langsung dari para peternak itu sangat membantu mereka.

Sampai Berjumpa Tahun Depan!

Terima kasih telah melayarkan kurban sampai jauh ke pedalaman Indonesia. Semoga kurban Anda dibalas dengan seribu kebaikan. Semoga Allah beri kesempatan untuk berkurban lagi di tahun depan. 

Terima kasih, Sahabat. Sampai berjumpa lagi di kurban tahun depan!