Kurban

7 Manfaat Luar Biasa Kurban ke Pedalaman

Hari Raya Idul Adha 1442 H yang dinanti-nanti sebentar lagi akan segera tiba, banyak dari kita juga sudah mempersiapkan kurban sejak jauh-jauh hari. Bahkan tak sedikit juga yang menyisihkan sebagian dari rezekinya untuk ditabung agar bisa berkurban di hari raya nanti.

Seperti kita ketahui Idul Adha yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021, membuat banyak umat Muslim banyak bersiap. Salah satunya yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan adalah melalui kurban di pedalaman, yang bisa dilakukan secara online. Lalu, keuntungan apa saja yang akan Anda dapatkan dari kurban di pedalaman ini? Berikut ulasannya:

1. Bisa Memberi Bagi Mereka yang Membutuhkan

Fakta menunjukan bahwa jumlah penduduk miskin yang ada di NTT pada bulan september 2020 lalu meningkat sebesar 0,31 persen menjadi 21,22 persen dibandingkan bulan maret 2020.

Kondisi tersebut pun diperparah dengan adanya kasus covid-19 yang hingga saat ini semakin bertambah. Belum lagi, akibat dari banjir yang terjadi beberapa bulan silam yang masih menyisakan cukup banyak kerugian.

Tak hanya itu jumlah muslim yang terbilang masih minoritas di sana juga bisa menjadi keberkahan tersendiri pada saat Idul Adha nanti. Oleh karena itu, dengan adanya program kurban di pedalaman, mereka bisa mencicipi daging kurban dan juga saling berbagi dengan saudara yang berbeda agama sekalipun.

2. Biayanya Lebih Murah

Bicara tentang biaya tentu kita tidak hanya sekedar melihat dari uang saja. Melainkan ada biaya lain yang tidak kalah penting yaitu waktu, tenaga dan juga kesempatan.

Untuk membeli dan juga mempersiapkan daging kurban membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Baik dari akomodasi hingga biaya transportasinya.

Belum lagi, seiring berjalannya waktu harga hewan kurban di masing-masing tempat yang berbeda, membuat beberapa pekurban mengalami kendala terkait biayanya.

Untuk itu kurban di pedalaman hadir, hewan kurban dibeli langsung dari peternak-peternak kecil di pedalaman. Selain bisa menghemat ongkos juga bisa bisa menghemat waktu dan juga tenaga.

3. Bantu Berdayakan Peternak Lokal


Keberkahan dari adanya Kurban di Pedalaman tidak tanggung-tanggung. Selain bisa membantu para peternak lokal, kurban di pedalaman juga bisa berikan nutrisi dan juga kebahagiaan bagi para penerimanya.

Bahkan, jika dilihat dari sisi lain, dapat turut serta dalam membantu penduduk setempat agar bisa terus produktif serta mendorong dan juga memotivasi masyarakat yang lain agar bisa berkurban di daerahnya sendiri.

Tak hanya itu, tahun lalu ada sebuah cerita haru dari mereka yang ada di pedalaman. Salah satunya adanya penduduk yang masuk agama Islam setelah merasakan kebahagiaan bisa merayakan Idul Adha bersama.

Baca Juga; Fiqih Kurban dan Anjuran Berkurban ke Daerah Pelosok

4. Distribusinya Lebih Merata

Salah satu keistimewaan dari kurban di pedalaman ini yaitu distribusinya tidak hanya berada di satu daerah saja. Berkaca pada kurban di tahun sebelumnya, ada 57 kecamatan yang berhasil mendapatkan manfaat dari adanya kurban di pedalaman ini. 

Tahun ini kurban di pedalaman akan hadir kembali dan memberikan warna baru bagi muslim minoritas yang ada di pedalaman. Selain juga sebagai bentuk kepedulian kita terhadap mereka. Kurban di pedalaman juga bisa menjadi sarana dalam syiar islam ke wilayah minoritas.

Tak hanya itu, dengan adanya kurban yang lebih terarah ini, harapannya dapat membantu dalam menekan angka penularan virus corona.

Baca Juga: Kurban Online Jadi Solusi Terbaik Untuk Kurangi Penularan Corona

5. Membuat Hati Lebih Tenang


Melihat terus naiknya angka penularan covid-19 serta ditambah dengan ketakutan masyarakat akan tertularnya virus corona. Maka tetap di rumah saja dan terus menerapkan protokol kesehatan merupakan hal yang perlu untuk dilanjutkan.

Selain itu, dengan mengurangi kegiatan yang tidak perlu tentu dapat membuat kita terhindar dari penularan virus berbahaya ini. Baik sebagai yang tertular maupun yang dapat menularkannya.

Dengan berkurban secara online maka Anda akan bisa lebih tenang. Tinggal menunggu di rumah dan kami pun akan kirimkan laporannya untuk Anda.

6. Kurban yang Sesuai Syariah Islam

Kurban di Pedalaman juga secara langsung dipantau oleh tokoh ulama setempat. Mulai dari saat memilih hewan kurban, penyembelihan, pemotongan bahkan pembagian hewan kurban juga.

Dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang juga disesuaikan dengan syariat maka insyaAllah kurban yang sedang dijalankan dapat diterima oleh Allah SWT dan tentunya bisa memberikan keberkahan bagi kita semua.

7. Proses yang Lebih Mudah (Tanpa Ribet)

Di era digital yang serba mudah seperti sekarang, ada begitu banyak kegiatan bisa dilakukan secara online. Termasuk saat ingin berbelanja, mulai dari kebutuhan pokok sampai kebutuhan lainnya.

Bagi Anda yang memang sehari-hari memiliki jadwal yang begitu padat, maka kurban secara online bisa dijadikan referensi untuk tahun ini agar dapat berurban.

Termasuk salah satunya untuk berkurban juga, caranya mudah Anda dapat memulainya dengan mengklik tautan berikut

kurban online