Sedekah

5 Keajaiban Sedekah ketika Sedang Masa Sulit

Masa-masa pandemi Covid 19 belum berakhir. Meskipun Pembataasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah dilonggarkan, roda kehidupan masyarakat hingga masih belum stabil seperti semula. Tercatat kurang lebih sekitar 29 juta warga Indonesia kehilangan pekerjaannya sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Peningkatan angka pengangguran ini tiada lain dan tidak bukan karena banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi di beberapa industri di tanah air. Ada begitu banyak mereka yang mengalami sulitnya hidup. Jangankan untuk memenuhi keingin yang mereka miliki, untuk memenuhi kebutuhan saja malah terkadang tidak bisa.

bantu pendidikan untuk pelosok indonesia

Keajaiban Sedekah

Islam hadir sebagai jawaban atas segala permasalahan manusia. Rasulullah mengajarkan umatnya agar menyisihkan rezekinya untuk orang lain atau yang biasa disebut dengan sedekah.

Sedekah tidak hanya bisa dilakukan dengan uang atau harta melainkan dengan cara lain misalnya menyedekahkan ilmu yang kita miliki kepada orang lain. Dengan bersedekah pada saat keadaan kita sempit adalah sesuatu yang sangat menakjubkan.

Lalu, apa saja keajaiban sedekah rutin yang bisa didapatkan ketika melakukannya di masa-masa sulit? Berikut ulasannya:

1.    Sedekah Paling Utama

sedekah paling utama

Bersedekah rutin apalagi di masa-masa sulit tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu Islam memberi ganjaran yang besar bagi orang yang melakukan hal tersebut. 

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dan ‘Abdullah bin Hubsyi Al Khots’ami’, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah ditanya sedekah mana yang paling afdhol (utama). Beliau menjawab:

Sedekah dari orang yang serba kekurangan.” (HR. An Nasai no.2526)

2.    Diberikan Kelapangan

Diberi kelapangan

Keajaiban sedekah rutin di masa sulit selanjutnya adalah akan selalu diberikan kelapangan. Hal ini dijelaskan dalam QS At-Talaq ayat 65;

“Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Sesungguhnya Allah tidak membebani seorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.”

Baca Juga: Hadist Tentang Keutamaan Sedekah

3.    Lebih Utama dari Seratus Dirham

Lebih utama dari 100 dirham

Sebagaimana hadits dan ayat-ayat Al-Qur’an yang banyak mengandung perumpamaan. Hal ini bertujuan agar memudahkan kita dalam menerima dan memahaminya. Di dalam satu haditsnya, Rasulullah SAW mengibaratkan orang yang bersedekah di waktu sempit ini dengan “1 dirham lebih baik dari 1000 dirham.”

Suatu waktu, Rasulullah SAW bersabda di depan para sahabatnya, beliau berkata,” Satu dirham dapat mengungguli 100.000 dirham. Kemudian salah seorang sahabat bertanya,”Bagaimana hal itu bisa terjadi wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,”Ada seseorang yang mempunyai dua dirham, lalu mengambil satu dirham untuk disedekahkan. Ada juga orang yang mempunyai harta banyak, lalu mengambil 100.000 dirham untuk disedekahkan.” (HR An-Nasa’I No. 2527 dan Imam Ahmad 2:379)

4.    Terhindar dari Kesulitan

Terhindar dari kesulitan

Siapa yang tak ingin hidupnya tenang dan terhindar dari kesulitan? Sedekah rutin di masa sulit bisa menjadi solusinya. Seperti yang dijelaskan dalam salah satu hadits Rasulullah SAW;

Bersegeralah dalam bersedekah, karena bala bencana tak pernah dapat mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah..”
(HR Baihaqi dan Thabrani)

5.    Mengampuni Dosa-Dosa Kecil

Mengampuni dosa kecil

Manusia tak luput dari kesalahan, baik yang kecil maupun yang besar. Kita terkadang tidak sadar melakukan dosa-dosa kecil seperti menyakiti perasaan orang lain, timbul perasaan iri/dengki di hati, dan lain sebagainya. Ternyata, keajaiban sedekah rutin di masa sulit juga dapat menghapus dosa-dosa kita. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda;

Sedekah akan menghapus dosa sebagaimana air dapat mematikan api.”
(HR.Ibnu Majah Nomor 4200)

Sahabat, di tengah kehidupan yang serba sulit ini. Ada setitik harapan bernama sedekah. Sedekah membuat kita mampu membantu orang lain untuk keluar dari kesulitan-kesulitan mereka. Sedekah juga menjadi jawaban atas permasalahan yang sedang kita hadapi bersama.

Insan Bumi Mandiri mengajak Sahabat untuk membantu para pejuang keluarga yang sedang kesulitan di tengah pandemi. Klik di sini.