Kurban

Tidak Punya Uang? Berikut Tips Agar Tetap Bisa Kurban

Tak terasa ya Sahabat Idul Adha tinggal menghitung beberapa hari lagi. Hari Raya Kurban umat muslim se-dunia itu akan jatuh pada tanggal 9-10 Juli 2022 nanti. Setiap tahun, umat Islam merayakan hari raya Idul Adha, hari di mana setiap orang yang mampu akan berkurban baik itu sapi maupun kambing. 

Tentu Sahabat juga memiliki keinginan  yang sama untuk melakukan kurban. Namun, harga sapi atau kambing yang tinggi membuat kita berpikir ulang untuk berkurban. Kita lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup yang mendesak lainnya daripada menyisakan dana untuk berqurban. Nah, tips di bawah ini dapat dilakukan agar Sahabat bisa berqurban tanpa takut akan menguras kantong. Yuk, disimak!

Tips Agar Tetap Bisa Kurban

Jika kita mencari di google, akan banyak ditemui tips agar bisa laksanakan kurban. Namun, tentu setiap orang kan memiliki kondisi yang berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk itu, sebagai solusi a

1. Tetapkan Sebagai Tujuan


Sebagaimana Islam mengajarkan dalam setiap memulai sebuah amalan, maka hal pertama yang harus #Sahabat lakukan adalah meniatkan diri untuk berqurban. Niatkan karena Allah SWT dan bukan karena yang lain. Selain itu, niat ini juga diperlukan dalam mengelola keuangan nantinya. Sahabat harus menjadikan berqurban sebagai tujuan keuangan di Hari Raya Idul Adha. Apabila sudah dijadikan tujuan, maka bisa dipastikan Sahabat akan mampu berqurban di Hari Raya Idul Adha tahun ini. Insya Allah.  

Baca Juga : Kapan Donasi Untuk Pedalaman

2. Melakukan Cicilan Setiap Bulan


Sahabat tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cicilan. Entah itu cicilan rumah, motor, mobil, dan lain sebagainya. Nah, cara ini juga bisa dipakai loh untuk berqurban. Bagaimana caranya? Pertama, #Sahabat harus menentukan terlebih dahulu besarnya cicilan yang akan disisihkan setiap bulannya. Misalnya harga kambing saat ini berjumlah Rp1.850.000/ekor sedangkan sapi Rp14.000.000/ekor. Jumlah tersebut dibagi menjadi 7 bulan, perhitungan antara bulan Januari hingga bulan Juli, sehingga #Sahabat harus menyisahkan Rp265.000 per bulannya untuk mencicil qurban kambing dan  Rp2.000.000 untuk mencicil qurban sapi. Bagaimana #Sahabat? Tidak berat bukan

Baca Juga : Cara Donasi Aman Ala Insan Bumi Mandiri

3. Berinvestasi


Sahabat dapat berinvestasi dalam mempersiapkan dana qurban untuk tahun ini. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan reksa dana pasar uang syariah untuk menyimpan dana investasi dalam jangka waktu yang pendek. Reksa dana pasar uang ini dapat dicairkan kapan saja atau likuid. Selain itu, melalui reksa dana #Sahabat juga tidak dikenai pajak karena bukan merupakan objek pajak. Kelebihan lain yang dimiliki yaitu reksa dana ini halal dilakukan dengan potensi imbal yang lebih positif daripada tabungan serta deposito, yaitu sebesar 5,8 persen per tahun.

Keuntungan utama dari reksa dana syariah adalah, #Sahabat jadi tidak mudah tergiur untuk menggunakan dana qurban untuk keperluan lainnya. Sebab dana yang tersimpan berada di dalam rekening tersendiri yang tidak bisa ditarik dari mesin ATM atau digesek di mesin debit bank. Tentu sangat sesuai bagi #Sahabat yang kadang tidak sanggup menahan diri untuk membeli keperluan-keperluan pribadinya.

Selain berinvestasi di reksa dana syariah, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan cara menabung emas. Cara ini relatif lebih mudah dilakukan serta juga dapat menghindarkan #Sahabat dari godaan mengambil uang ivestasi untuk qurban secara tiba-tiba. Jika dalam bentuk emas, #Sahabat tentu tidak mudah untuk tergoda mengambilnya.

Kabar baiknya, harga emas juga mengalami kenaikan setiap tahunnya. #Sahabat tak perlu khawatir dari risiko mengalami penurunan harga yang besar yang bisa membuat #Sahabat merugi. Emas juga merupakan salah satu investasi yang termasuk likuid atau mudah dicairkan. Catatan untuk #Sahabat, pilihlah tempat investasi yang terpercaya dan jelas. Seperti pegadaian atau lembaga lainnya. #Sahabat juga bisa berinvestasi melalui aplikasi seperti bukalapak, tokopedia, tamasia, dan lain sebagainya. Bahkan lewat kemudahan teknologi tersebut #Sahabat sudah bisa menabung emas hanya dengan berbekal Rp10.000 saja. 

Baca Juga : Stunting di Nusa Tenggara Timur

4. Memanfaatkan THR dan Bonus Tahunan

Cara ini efektif apabila #Sahabat tidak ingin menyisakan uang setiap bulannya karena banyaknya kebutuhan yang ada. Seperti halnya setiap perusahaan atau instansi tempat #Sahabat bekerja, Tunjangan Hari Raya (THR) adalah sesuatu yang selalu didapatkan menjelang hari raya dan biasanya berjumlah lumayan. #Sahabat bisa langsung menyisakan sejumlah harga satu ekor kambing atau sapi qurban. Jika jumlah tersebut belum mencukupi, #Sahabat bisa memanfaatkan sebagian THR dan dikumpulkan setiap bulan.

5. Patungan Qurban

Jika cara-cara di atas masih dirasa berat. #Sahabat dapat mencoba cara berikutnya, yaitu patungan qurban. Menurut Ibnu Qudamah dalam kitab Al-Mughni, mayoritas ulama memperbolehkan patungan qurban. Adapun syaratnya adalah, menggunakan qurban unta, kerbau, atau sapi yang sehat, layak, dan tidak penyakitan. Dalam hal ini patungan untuk hewan kambing tidak diperbolehkan. Adapun untuk sapi, #Sahabat dapat patungan maksimal dengan 7 orang lainnya atau artinya masing-masing orang membayar 1/7 dari total harga sapi.

6. Berkurban Melalui Pihak Ketiga

Jika #Sahabat tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan qurban seperti yang dicontohkan di atas, #Sahabat dapat menggunakan pihak ketiga agar dapat memudahkan #Sahabat. Salah satunya adalah melalui Insan Bumi Mandiri. 
Pada tahun 2019 lalu, Insan Bumi Mandiri meluncurkan program Tabungan Qurban untuk Pedalaman. Hal ini menyusul banyaknya masukan dari orang-orang yang masih kesulitan dalam berqurban karena terhalang biaya qurban yang semakin tinggi. Dengan program ini, #Sahabat dapat membeli hewan qurban lebih awal dan pembayaran bisa dilakukan secara berkala menjelang hari qurban. 

Penyaluran hewan qurban melalui Program Tabungan Qurban Insan Bumi Mandiri akan disebarkan ke berbagai titi di  daerah pedalaman Indonesia. Tahun 2019 silam, sebanyak 1.495 hewan qurban berhasil disalurkan ke tiga provinsi di Indonesia, antara lain Nusa Tenggara Timur (Malaka, Ende, Lembata, Sikka, Manggarai Barat, dan Alor), Nusa Tenggara Barat (Dompu dan Kecamatan Sape), dan Sumatera Selatan di daerah Musi Rawas. 

Baca Juga : Tabungan Qur’an di Pedalaman

Dengan program Qurban di Pedalaman ini menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakat di pedalaman sana yang selama ini memang jarang sekali bisa merasakan lezatnya daging qurban. Tabungan Qurban Insan Bumi Mandiri juga memiliki tujuan lain, yaitu membantu perekonomian masyarakat setempat karena semua hewan-hewan qurban yang disalurkan berasal dari peternak lokal.

Jadi tidak hanya mendapat hewan daging qurban, masyarakat di sana juga bisa merasakan manfaat besar secara finansial dari hasil penjualan hasil ternak mereka. Bagaimana #Sahabat? Menarik sekali bukan? Kebahagiaan yang dirasakan mereka tentu dapat memacu kita untuk lebih semangat lagi dalam berikhtiar.

Nah, itu tadi 6 cara yang dapat #Sahabat lakukan agar bisa berqurban tanpa takut kantong jebol. Masing-masing cara memiliki kelebihan serta kekurangannya, tergantung kondisi dan situasi yang sedang #Sahabat alami. Pada intinya, melalui cara-cara di atas, #Sahabat tidak perlu takut kehabisan uang, sehingga dapat berqurban dengan tenang dan maksimal. 

Bagi #Sahabat yang belum pernah berqurban juga bisa menggunakan tips tersebut untuk memulai mempersiapkannya. Semoga kita semua mendapatkan kemudahan serta kelapangan rezeki yaa #Sahabat, sehingga bisa berqurban di tahun ini. Amiinn Ya Rabbal Alamin.

kurban idul adha 2022