Kurban

Tabungan Kurban, Awali Cerita Kebaikanmu Untuk Pedalaman

Banyak orang yang ingin melaksanakan ibadah kurban, tapi sering terkendala dengan belum cukupnya dana yang dimiliki untuk membeli hewan kurban. Tabungan Kurban Insan Bumi Mandiri hadir untuk memberikan solusi atas kendala tersebut.

Berdasarkan kesepakatan dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) yang bertempat di Gedung Kemenko PMK (28/8), hari raya Idhul Adha jatuh pada 31 Juli 2020. Agar anda bisa mempersiapkan qurban tanpa terburu-buru, Insan Bumi Mandiri hadir menawarkan program Tabungan Qurban.

Apa itu tabungan qurban?

Tabungan kurban merupakan sebuah program dari Insan Bumi Mandiri yang berfokus untuk Sahabat yang terkendala dalam hal biaya karena memang tidak dapat membayar kurban sekaligus. Dengan adanya program ini, bisa menjadi solusi alternatif bagi Sahabat yang sedang merencanakan kurban dari saat ini.

Lalu, saja kebaikan yang bisa Anda lakukan dengan bergabung di program Tabungan Qurban? Berikut kami informasikan beberapa hasil qurban di pedalaman yang dilakukan Insan Bumi Mandiri pada tahun 2019 silam, dan tentunya diawali dengan dibukanya program tabungan qurban.

Kilas Balik Kurban Pedalaman 2019

Pada kegiatan qurban 2019 yang lalu, Insan Bumi Mandiri sendiri berhasil menyalurkan 1.495 hewan qurban setara kambing (satu sapi dihitung tujuh kambing). Adapun wilayah persebaran daging qurban di pedalaman terbagi di tiga provinsi, yaitu Nusa Tenggara Timur (Alor, Manggarai Barat, Sikka, TTS, Lembata, Sumba, Malaka, Ende, Flores Timur, Ngada Flores, Belu), Nusa Tenggara Barat (Dompu dan Kecamatan Sape), dan Sumatera Selatan di daerah Musi Rawas.

kurban idul adha 2022

Banyak kisah menarik yang muncul dari setiap proses yang dilakukan. Mulai dari pembelian hewan, proses pengiriman hewan qurban yang harus melintasi laut, kambing yang dibawa berenang, dan masih banyak lagi.

Tentunya, tidak ada kata lelah dan menyerah dari pelaksana qurban yang seluruhnya adalah karyawan dan relawan Insan Bumi Mandiri. Sebab, semua yang dilakukan adalah tulus untuk kebaikan dan kebahagiaan mereka yang ada di pedalaman sana.

1. Menyejahterakan Peternak Lokal

bantu peternak lokal ntt

Hewan-hewan qurban yang disalurkan Insan Bumi Mandiri dibeli dari peternak lokal dengan tujuan membantu perekonomian masyarakat di daerah tersebut.

Direktur Insan Bumi Mandiri Ridwan M Hilmi menjelaskan, potensi ternak yang bagus di pedalaman Indonesia Timur, merupakan salah satu faktor mengapa Insan Bumi Mandiri lebih memilih untuk membeli hewan dari peternal lokal.

“Di NTT terutama di wilayah pendalaman transaksi ekonominya rendah sekali. Hanya pebisnis besar yang mendapat keuntungan, hasil bumi ditampung oleh asing, sementara masyarakat lokal hanya menjadi kuli,” ujar Ridwan.

Para peternak lokal sangat bahagia saat ternaknya dibeli. Mereka langusng langsung mendapatkan uang cash yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok, kebutuhan sekolah anak, dll. Sehingga manfaatnya dirasakan langsung oleh mereka.

Salah satu peternak lokal di daerah Belu NTT, Aris mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Yayasan Insan Bumi Mandiri karena telah membeli sapi nya sebagai hewan qurban.

“Saya dan masyarakat di sini sangat senang dan gembira. Terima kasih telah membeli sapi di desa kami dengan harga yang sangat memuaskan bagi masyarakat yang punya ternak,” ucap Aris.

Hal ini menambah jumlah manfaat yang bisa diberikan dari berqurban di pedalaman. Tidak hanya sekedar mendapat nikmat daging qurban, namun masyarakat juga mendapat manfaat besar secara finansial dari hasil penjualan ternak mereka.

2. Distribusi Langsung ke Lokasi Terpencil di Pedalaman

distribusi lokasi pedalaman

Hal yang sangat membahagiakan dalam program qurban 2019 adalah nikmatnya daging qurban dirasakan oleh seluruh saudara kita di pedalaman, khususnya Indonesia Timur. Tak hanya masyarakat muslin saja yang merasakan kebahagiaan mendapatkan daging qurban, warga nonmuslim pun ikut serta merasakan nikmatnya daging qurban.

Rasa terima kasih diungkapkan oleh Slamet Hatmin, selaku kepada Desa Leubatang, Lembata, NTT, “Terima kasih atas program Qurban di Pedalaman yang sudah dilakukan oleh Yayasan Insan Bumi Mandiri. Sebelumnya kami tidak pernah merasakan bagaimana nikmatnya mendapat daging qurban,” aku kepala desa di daerah Leubatang itu.

Hadirnya program ini membuat semua ummat bisa merasakan betapa nikmatnya daging di Hari Raya Qurban. Warga sangat berharap program qurban di pedalaman yang sudah dilakukan oleh Yayasan Insan Bumi Mandiri bisa terus berlanjut pada tahun mendatang lagi.

Antusiasme dan kebahagiaan warga membuat kami semakin termotivasi untuk menyalurkan kebaikan-kebaikan qurban di pedalaman. Agar lebih banyak lagi orang yang dapat merasakan kebahagiaan. Apakah Anda ingin bergabung bersama kami?

3. Tabungan Qurban, Awal Kisah Qurban untuk Pedalaman

Koordinator tim Customer Relation Insan Bumi Mandiri Tanti mengatakan, program Tabungan Qurban ini diharapkan mampu memfasilitasi donatur yang ingin berqurban, tapi terhalang oleh biaya qurban yang semakin tinggi.

“Berawal dari banyaknya donatur yang dikirimi ajakan melalui pesan whatsapp untuk berqurban pada tahun 2018, ternyata banyak yang belum memiliki alokasi dana yang cukup untuk memberli qurban. Maka dari itu, sejak tahun lalu kami membuka program Tabungan Qurban untuk siapapun yang ingin mulai mencicil qurban di tahun depan,” kata Tanti.

Dibukanya program Tabungan Qurban ini mendapat sambutan positif dari pada donatur Insan Bumi Mandiri. Banyak dari mereka yang akhirnya ikut serta karena merasa dimudahkan dengan sistem pembayaran yang ditawarkan oleh program tabungan qurban.

Johar Matruidi, salah satu donatur Yayasan Insan Bumi Mandiri mengungkapkan, program tabungan qurban ini sangat membantunya untuk mengelola pengeluaran persiapan qurban, “ Tabungan Qurban meringankan dan memudahkan saya untuk mempersiapkan qurban, ” aku Johar. Johar sendiri saat ini sudah terdaftar sebagai pequrban yang turut serta dalam program Tabungan Qurban di Pedalaman 2020 nanti.

Baca Juga : Bantuan Sekolah Sukur dan Invetasi Sapi

Yayasan Insan Bumi Mandiri memiliki komitmen yang kuat untuk selalu memberikan bantuan kebaikan dan kebahagiaan pada saudara-saudara kita di pedalaman, salah satunya dengan kegiatan Qurban di Pedalaman. Kebahagiaan bukan hanya untuk disimpan sendiri, kebahagiaan untuk disebarluaskan kepada banyak orang dan salah satu caranya adalah dengan berqurban. Berbagi kenikmatan untuk saudara kita yang ada di pedalaman.

Program Tabungan Qurban diharapkan dapat menambah jumlah pequrban yang bersedia untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat di pedalaman bersama Insan Bumi Mandiri. Dengan adanya program ini, Anda juga dapat membeli hewan qurban lebih awal dan pembayaran dapat dilakukan secara berkala menjelang hari qurban.

Semoga pada kegiatan qurban selanjutnya, hewan qurban yang disalurkan lebih banyak dan dapat menjangkau lebih banyak lagi wilayah dan masyarakat. Makin banyak hewan qurban, makin banyak pula kebahagiaan yang bisa dibagikan. Amiin