Tentang IBM

5 Tips and Trick Berdonasi Aman ala Insan Bumi Mandiri

Halo #SahabatPedalaman, artikel kali ini akan membahas sesuatu hal penting terkait aktivitas lembaga donasi yang saat ini sudah mulai banyak berdiri di Indonesia. Namun, tidak jarang juga nih, ada oknum-oknum nakal memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari keuntungan pribadi sebagaimana yang sudah pernah disampaikan pada artikel sebelumnya.

Banyak modus penipuan yang beredar saat ini dengan kedok donasi, mulai dari meminta sumbangan ke rumah-rumah, menjual voucher diskon dengan iming-iming sekian persen keuntungan akan didonasikan, atau melalui pesan singkat melalui sms, email ataupun whatsapp.

Kita pasti gak mau dong, kalau niat baik kita yang ingin berdonasi dan berperan bagi kehidupan sosial kemanusiaan malah jadi dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab ini. Tentunya kita ingin uang atau barang yang sudah kita berikan dapat diterima oleh orang yang benar-benar membutuhkan.

Tips Berdonasi Aman

Daftar Isi

Meskipun tidak semuanya adalah penipuan, kita tetap perlu berhati-hati, Sahabat. Terus bagaimana caranya agar kita tahu kalau lembaga atau individu yang menawarkan program donasi kepada kita itu terpercaya dan benar adanya. Nah, di bawah ini akan diinformasikan kepada #SahabatPedalaman semua mengenai  5 Tips and Trick Berdonasi Aman ala Insan Bumi Mandiri.

Semoga setelah membaca ini Sahabat dapat merasa lebih aman dalam memilih tempat dan sasaran untuk berdonasi ya. Selamat membaca.

1. Tanyakan Identitasnya

Ini adalah langkah pertama yang dapat #SahabatPedalaman lakukan. Tanyakan identitas orang atau lembaga yang menawarkan program donasi kepada kita. Sahabat bisa menanyakan namanya, dia dari lembaga mana dan posisinya sebagai apa di dalam lembaga tersebut.

Kebanyakan orang merasa repot jika harus bertanya, sehingga memberi begitu saja. Padahal, ini bisa menjadi celah penipuan loh, Sahabat. Dengan memberikan pertanyaan kepada si pemberi tawaran donasi, kita bisa terlindung dari potensi-potensi kejahatan ini.

Jika dia bisa memberikan informasi dengan lengkap dan jelas perihal identitasnya dari lembaga mana, serta tujuan donasi ini untuk apa tanpa terlihat panik dan mengada-ngada, Sahabat udah bisa sedikit lega nih. Berarti orang tersebut beserta program donasi yang ia tawarkan bisa dipercaya dan benar adanya.

Namun, tidak cukup sampai di sini Sahabat, masih ada beberapa langkah lagi yang mesti dilakukan untuk memastikan keamanan Sahabat dalam berdonasi. Terus ikuti langkah-langkah selanjutnya ya.

2. Tanyakan dengan Spesifik Perihal Ajakan Donasi yang Ditawarkan

Langkah kedua yang bisa Sahabat lakukan adalah tanyakan dengan spesifik mengenai program donasi yang ditawarkan. Lokasinya di mana, kebutuhan dananya berapa dan sistem penyalurannya seperti apa.

Selain itu, Sahabat juga dapat meminta bukti berupa foto penerima donasi dan penjelasan keterangan detail kondisinya seperti apa. Dengan begitu, kita bisa mengetahui apakah tujuan donasi yang diminta benar adanya dan layak untuk kita bantu.

Tanyakanlah yang menurut Sahabat penting untuk ditanyakan dan diketahui. Jawaban dari pertanyaan tersebut tentunya akan membantu kita dalam meyakinkan diri sendiri untuk berdonasi.

Baca Juga : Cara Donasi Melalui Website Insan Bumi Mandiri

Tapi masih belum yakin nih, gimana ya? Tenang Sahabat, masih ada tips selanjutnya, yuk lanjutkan membaca.

3. Tanyakan Program-Program yang Sudah Terlaksana

Jika dengan langkah pertama dan kedua Sahabat masih belum yakin, apakah ajakan donasi yang diterima adalah benar atau penipuan, maka coba lakukan langkah selanjutnya. Tanyakan program donasi yang sudah pernah mereka laksanakan.

Sahabat bisa meminta dokumentasinya, berapa jumlah dana yang sudah disalurkan dan bagaimana prosesnya hingga saat ini. Jika memang mereka sudah berpengalaman dalam menerima dan menyalurkan donasi, tentunya mereka memiliki banyak program donasi yang sudah dilaksanakan.

Dari sini Sahabat bisa melihat, apakah organisasi yang menggalang dana ini sudah berpengalaman dan nyata adanya. Jangan sampai Sahabat memberikan donasi kepada lembaga yang belum jelas track record nya ya.

Masih belum cukup yakin? Jangan khawatir, masih ada langkah selanjutnya.

4. Minta Alamat Kantor dan Contact Center yang Bisa Dihubungi

Jika Sahabat sudah menerima penjelasan panjang lebar, tapi masih belum yakin untuk berdonasi, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan meminta alamat kantor lembaga donasi dengan spesifik.

Kantor ini berada di kota mana, kecamatan apa, kelurahan apa, hingga bangunan nomor berapa. Jangan lupa juga minta foto kantornya agar lebih meyakinkan. Setelah itu, minta juga agar dia menginformasikan nomor telfon yang bisa dihubungi.

Baca Juga : Insan Bumi Mandiri Penipu? Jawab Keraguan Anda di Sini

Tidak ada salahnya Sahabat mencoba menelepon langsung ketika orangnya masih ada di sana. Apakah nomor tersebut aktif atau tidak. Jika tidak bisa dihubungi, maka Sahabat patut waspada dan mencoba meminta nomor lain.

Namun, jika nomor bisa dihubungi, cobalah untuk memverifikasi informasi yang Sahabat terima kepada lembaga tersebutApakah informasi yang diberikan sama atau ternyata malah berbeda.

Apakah sudah cukup meyakinkan? Jangan buru-buru ditutup dulu website nya, kita masih punya satu tips lagi nih Sahabat.

5. Cari Informasi Lewat Google atau Orang Terdekat

Langkah terakhir yang bisa dilakukan setelah memastikan identitas orang dan lembaga yang menawarkan program donasi adalah mencari informasi lewat mesin pencari di internet atau yang biasa kita sebut googling.

Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk mendapatkan berbagai jenis informasi yang kita butuhkan dengan handphone atau perangkat komputer yang kita miliki. Sahabat bisa mengetik nama lembaga yang sudah disebutkan sebelumnya pada mesin pencari google untuk melakukan penyelidikan.

Jika website lembaga yang dicari sudah ditemukan, bacalah dengan spesifik informasi yang tersedia. Perhatikan dengan saksama perihal identitas lembaga, alamat, dokumen legal dan ulasan dari orang lain mengenai lembaga tersebut. Serta perhatikan juga apakah program donasi yang ditawarkan oleh orang tadi tercantum di dalam website tersebut atau tidak.

Selain dari google, Sahabat juga bisa mendapatkan informasi dari orang-orang terdekat. Apakah mereka pernah mendengar nama lembaga yang Sahabat informasikan atau tidak. Sahabat juga bisa meminta bantuan mereka untuk mencarikan informasi yang dibutuhkan.

Itulah 5 tips and trick donasi aman ala Insan Bumi Mandiri yang bisa Sahabat praktikkan ketika mendapat ajakan untuk berdonasi. Tentunya bacaan ini bukan bermaksud menakut-nakuti Sahabat untuk berdonasi ya. Tetapi, kami mengajak agar Sahabat lebih berhati-hati dalam memberikan bantuan berupa uang atau barang kepada orang lain agar niat baik kita tidak dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadinya.

Semoga setelah membaca artikel ini, dapat melindungi #SahabatPedalaman dari tindak penipuan berkedok donasi ya. Semakin hati-hati kita dalam menyeleksi informasi dan ajakan yang kita dapat, maka semakin kecil juga kemungkinan kita akan tertipu.

Mari budayakan mencari informasi terlebih dahulu sebelum bertindak agar kita merasa lebih aman dan tidak menyesal kemudian hari.


donasi pedalaman bantu mereka yang membutuhkan