Kurban

Semarak Kurban Online : Tetap Perhatikan Batas Waktu Kurban Berikut Ini

Halo Sahabat, waktu kurban sudah semakin dekat nih. Udah ikut kurban online di Insan Bumi Mandiri belum? Kalau belum, segera cek website kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau bisa membaca artikel kami sebelumnya untuk informasi harga kurban di Insan Bumi Mandiri. Jangan sampai telat dan lewat batas waktu kurban ya.

Saat ini kurban online tentunya sudah tidak terdengar asing lagi di telinga kita semua, karena memang sudah menjadi hal yang umum. Kurban di tengah wabah corona juga sangat terbantu berkat adanya kegiatan kurban online. Meskipun begitu, masih ada aturan-aturan yang harus diperhatikan, salah satunya adalah mengenai batas waktu kurban.

Hal ini sudah semestinya menjadi perhatian untuk para pekurban, jangan sampai kurban dilaksanakan terlalu awal, atau malah sudah lewat dari batas waktu kurban yang ditentukan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut kami berikan sedikit ulasan mengenai batas waktu kurban yang sudah ditentukan oleh syariat Islam. Harapannya, setelah membaca ini para pekurban mengetahui batas waktu kurban yang benar, terutama bagi para pekurban yang ikut dalam kegiatan kurban online untuk pedalaman Indonesia bersama Insan Bumi Mandiri.

1. Kapan Waktu Awal Untuk Menyembelih Hewan Kurban

Mengenai batas waktu kurban, waktu awal yang sesuai dengan ajaran agama Islam dijelaskan oleh hadis berikut ini :

“Barangsiapa yang menyembelih kurban sebelum shalat (Idul Adha), maka ia berarti menyembelih untuk dirinya sendiri. Barangsiapa yang menyembelih setelah shalat (Idul Adha), maka ia telah menyempurnakan manasiknya dan ia telah melakukan sunah kaum muslimin” (HR. Bukhari).

Hadis di atas menjelaskan bahwa waktu awal untuk menyembelih hewan kurban adalah setelah selesai melaksanakan shalat ied bersama imam. Adapun mereka yang menyembelih hewan kurban sebelum shalat ied dilaksanakan, maka kurbannya menjadi tidak sah.

Hal ini diperkuat juga dengan hadis berikutnya :

Dari Jundab, ia menyaksikan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu beliau berkhutbah dan bersabda, “Barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat ied, hendaklah ia mengulanginya. Dan yang belum menyembelih, hendaklah ia menyembelih dengan menyebut ‘bismillah’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga : Kenapa Harus Berkurban di Insan Bumi Mandiri

2. Apakah Hewan Kurban disembelih di Siang Hari atau Malam Hari?

Pembahasan mengenai batas waktu kurban selanjutnya adalah, apakah kurban dilaksanakan di siang hari atau malam hari? Atau bolehkah dilaksanakan di kedua waktu tersebut?

Menyembelih hewan kurban diperbolehkan di siang hari ataupun di malam hari. Namun, disunahkan penyembelihan hewan kurban dilakukan pada waktu siang agar dapat dilakukan dengan lebih baik dan dapat dihadiri oleh orang-orang. (Fiqhul Udhiyah, hal. 107)

Jadi batas waktu kurban tidak dipengaruhi oleh siang dan malam ya, penyembelihan diperbolehkan dalam kedua waktu tersebut namun lebih diutamakan di siang hari.

3. Kapan Berakhirnya Waktu Penyembelihan Hewan Kurban?

Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai akhir dari batas waktu kurban yang sesuai dengan syariat. Menurut Imam Hanafi, kurban hanya boleh disembelih pada hari raya idul adha setelah shalat ied dilaksanakan, dan dua hari setelahnya.

Sementara menurut Imam Syafii, waktu penyembelihan hewan kurban yang dibolehkan adalah sejak hari kurban (10 Dzulhijjah), hingga akhir hari tasyriq ketiga (13 Dzulhijjah). Pendapat ini juga terdapat dalam madzhab Hambali dan dinilai kuat oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Ibnul Qoyim, as-Syaukani, Ibnu Baz, dan Ibnu Utsaimin rahimahumullah.

Imam An-Nawawi menyampaikan bahwa mengenai akhir waktu penyembelihan, keterangan Imam as-Syafii sama dengan keterangan para ulama syafiiyah bahwa batas waktu penyembelihan sampai terbenam matahari di hari tasyriq ketiga (13 Dzulhijjah). Dalam hal ini juga disepakati bahwa boleh menyembelih hewan kurban dalam rentang waktu tersebut, siang maupun malam. (Al-Majmu’ Syarh Muhadzab, 8/388).

Demikianlah beberapa ulasan mengenai batas waktu kurban yang sesuai dengan syariat Islam. Hal ini diharapkan dapat menjadi perhatian bagi para pekurban yang ikut kurban online di Insan Bumi Mandiri maupun tidak.

Baca Juga : 10 Keutamaan Kurban di Pedalaman Bersama Insan Bumi Mandiri

Bagi bara pekurban yang ikut kurban online di Insan Bumi Mandiri, jangan khawatir mengenai batas waktu kurban ini. Karena nantinya kambing atau sapi yang sudah Anda beli akan disembelih pada waktu yang telah ditentukan dan tentunya mengikuti syariat dan pendapat para ulama.

Semoga bacaan ini dapat menambah wawasan kita semua, memberikan manfaat kepada pekurban, masyarakat umum, dan tentunya bagi kami yang menulis.

Wallahu a’lam bishshawab.

Baca Juga : Syarat Hewan yang Boleh dikurbankan