Ramadhan

5 Hal yang Harus Disiapkan Agar Ramadhanmu Semakin Maksimal

persiapan ramadhan

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh kaum muslim di dunia. Pada bulan penuh berkah ini, akan dilakukan puasa selama satu bulan penuh. Walaupun sudah menjadi agenda setiap tahunnya, tetap saja banyak persiapan yang harus dilakukan. Persiapan ini harus dilakukan untuk memaksimalkan bulan Ramadhan yang penuh dengan keistimewaan ini.

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Sebelum mempersiapkan datangnya Ramadhan, kaum muslim harus mengetahui apa saja keistimewaan Ramadhan dibanding bulan lainnya. Dilansir dari artikel mengenai keistimewaan di bulan Ramadhan, beberapa keistimewaan Bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

1. Malam Lailatul Qadar

Salah satu keistimewaan pada bulan Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Malam ini adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, sehingga malam ini sangat mulia dan penuh berkah. Biasanya, malam ini jatuh pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Agar mendapatkan seribu bulan ini, umat muslim harus rajin dan lebih sering melakukan ibadah.

2. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Di dalam bulan Ramadhan, terdapat sebuah hari yang disebut dengan Nuzulul Qur’an atau malam diturunkannya Al-Qur’an. Sehingga, bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat mulia bagi kaum muslim.

3. Doa-doa Akan Dikabulkan 

Pada bulan Ramadhan, terdapat banyak waktu mustajab yang bisa kita lakukan untuk berdoa. Beberapa waktu yang baik untuk berdoa di bulan Ramadhan adalah waktu sahur, buka puasa, sepertiga malam yang terakhir, setelah shalat, dan banyak lagi. 

4. Nilai Amal Baik Akan Dilipatgandakan 

Semua amalan baik yang dilakukan pada bulan Ramadhan, pahalanya akan berkali lipat. Banyak sekali amal dengan pahala berlipat ganda yang bisa dilakukan pada bulan Ramadhan, sehingga umat muslim harus lebih rajin untuk beribadah lagi. Setiap melakukan kebaikan pasti akan diganjar pahala. Nah, khusus di bulan Ramadhan ini, setiap amalan dan ibadah yang kamu lakukan nilai dan pahalanya akan berlipat ganda.

5. Bulan Penuh Berkah

Pada dasarnya, terdapat tiga berkah, yaitu 10 malam pertama rahmat Allah SWT, Berkah Ramadhan secara garis besar bisa dibagi menjadi tiga, yaitu 10 malam pertama yang merupakan rahmat Allah, 10 hari kedua berisi ampunan, dan 10 hari terakhir adalah pembebasan manusia dari api neraka.

6. Dibukanya Pintu Kebaikan 

Pada bulan Ramadhan, pintu neraka ditutup dan syaitan dirantai di dalamnya. Selain itu, pintu kebaikan juga berhubungan dengan pahala yang dilipatgandakan dan berkah-berkah lainnya. 

7. Pengampunan Dosa

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, 10 hari kedua bulan Ramadhan adalah waktu untuk pengampunan. Sehingga, jika seorang muslim bersungguh-sungguh bertaubat dan meminta ampunan, maka dosa-dosanya insha Allah akan diampuni oleh Allah SWT.

8. Bulan Untuk Bersedekah

Pada bulan Ramadhan, kita bisa merasakan bagaimana saudara-saudara kita yang tidak mampu harus menahan kelaparan. Oleh karena itu, kita akan memiliki empati yang lebih untuk membantu saudara-saudara kita tersebut. Tak hanya makan dan minum, namun juga memberikan pakaian dan sepatu baru untuk lebaran, dan sedekah yang lainnya.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Membayar Fidyah Ramadhan

Hal Yang Harus Disiapkan Agar Ramadhan Semakin Maksimal

Dirangkum dari artikel 10 Persiapan menyambut bulan Ramadhan, bada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan Ramadhan kita. Berikut adalah 5 hal yang harus disiapkan agar Ramadhan semakin maksimal:

1. Mempersiapkan Fisik

Kaum muslim yang hendak menjalankan puasa selama satu bulan penuh, tentu saja harus memiliki kondisi fisik yang sehat dan bugar. Hal ini sangat berguna untuk kelancaran puasa kita serta mendorong kita untuk melakukan ibadah lebih maksimal. Untuk menjaga kesehatan fisik, 

2. Perkuat iman

Sebelum menyambut Ramadhan, sudah menjadi keharusan untuk memperkuat keimanan, seperti memperbaiki ibadah shalat dan membaca Al-Qur’an. Hal ini akan berguna ketika kita hendak melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Misalnya, jika sehari-hari kita sudah melakukan shalat dengan bersungguh-sungguh, niscaya ketika Ramadhan tiba, kita akan terbiasa dengan shalat yang baik. Begitu Pula dengan membaca Al-Qur’an dan perbuatan baik lainnya. 

3. Persiapkan kebutuhan harian

Mempersiapkan kebutuhan seperti contohnya menyediakan bahan baku untuk sahur dan berbuka puasa. Sebaiknya, persiapkan makanan yang bergizi dan menyehatkan. Hal ini akan berpengaruh terhadap performa tubuh kita selama berpuasa satu bulan penuh. Diperhatikan kembali biayan yang akan dikeluarkan. Akan lebih baik jika kita mendata bahan kebutuhan yang ingin dibeli guna mengetahui pengeluaran kita. 

4. Melakukan perbuatan baik

Melakukan perbuatan baik lainnya, baik kecil atau besar, sebisa mungkin harus dilatih sebelum memasuki Ramadhan. Contohnya membantu keluarga, teman, banyak bersyukur, dan lain sebagainya. Hal ini juga akan membuat kita terbiasa melakukan perbuatan-perbuatan baik tersebut selama bulan puasa.

5. Senantiasa menjaga kebersihan

Ingat sebuah pepatah “Kebersihan adalah sebagian dari Iman”. Hal ini berarti, bahwa kita sebagai umat muslim, harus menjaga kebersihan kita. Baik kebersihan diri, ataupun lingkungan sekitar kita. Tak hanya di bulan puasa, sebenarnya, namun di hari biasa pun kita harus senantiasa menjaga kebersihan. Hal ini berhubungan dengan kesehatan. Jika kita memiliki tubuh yang sehat, maka puasa pun akan lancar, dan ibadah lain yang akan dikerjakan menjadi maksimal. 

Sahabat, inilah 5 Hal yang Harus Disiapkan Agar Ramadhanmu Semakin Maksimal. Setelah mengetahui betapa besarnya keistimewaan Ramadhan, tentulah kita harus melakukan ibadah semaksimal mungkin. Lima hal tersebut dapat membantu kita untuk mencapai hasil maksimal tersebut.

Pada artikel juga telah disinggung bagaimana berbagi menjadi salah satu keistimewaan bulan Ramadhan. Dengan begitu, alangkah baiknya jika kita melakukan ibadah itu di bulan yang suci ini. Insha Allah, berkah yang akan diberikan oleh Allah SWT akan berlipat ganda sebagaimana bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan. Klik di sini untuk berdonasi.

menjemput keberkahan bulan ramadhan