Sedekah

Keutamaan Sedekah Jariyah, Mendapat Keringanan Siksa Kubur

sedekah jariyah

Sedekah merupakan amalan utama yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara konsisten. Sedekah adalah amalan yang membuat pemberinya mendapat pahala sekaligus memberi manfaat bagi orang yang menerimanya. Allah SWT juga menjanjikan pahala yang besar bagi hamba-Nya yang dengan tulus memberikan sedekah. 

Sedekah menurut bahasa berasal dari kata “shidqoh” yang artinya benar. Nabi Muhammad SAW pun menuturkan bahwa sedekah adalah perwujudan dan bukti keimanan seseorang, termasuk sedekah jariyah. Sedekah jariyah adalah amalan yang mampu mengalirkan pahala secara terus menerus bagi yang mengamalkannya.

Hadits sedekah jariyah diriwayatkan dari Abu Hurairah, yang artinya:  “Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, sdekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, dan anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim, no. 1631).

Begitu besarnya pahala yang akan didapat ketika seorang Muslim mengamalkan sedekah jariyah, dimana pahala yang dilakukan dari sedekah tersebut akan terus mengalir bahkan ketika ia telah meninggal dunia. 

Agar Sahabat lebih memahami keutamaan dari sedekah jariyah, mari kita bahas keutamaan-keutamaan sedekah jariyah yang tertulis pada Alquran dan hadits berikut ini. 

Keutamaan Sedekah Jariyah

1. Mendapatkan Ganjaran Harta dan Pahala Yang Berlipat 

Keutamaan yang pertama dari sedekah jariyah adalah mendapat ganjaran harta dan pahala yang berlipat dari Allah SWT. Dalam Alquran, Allah SWT berjanji akan melipat gandakan harta dan juga pahala bagi umat-Nya yang gemar bersedekah. 

Janji Allah SWT ni sesuai yang tercantum dalam ayat Al-Quran surat Al Hadid ayat 18 yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki  maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Allah SWT juga menjanjikan pahala yang berlipat bagi hamba-Nya yang bersedekah seperti yang tertulis di Alquran surat Al Baqarah ayat 261 yang artinya: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai. Pada setiap tangkai ada satu biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”

Dari ayat-ayat tersebut kita dapat menyimpulkan agar jangan takut menjadi miskin karena bersedekah, melainkan justru Allah SWT berjanji akan melipatgandakannya. 

2. Mencegah Kematian Buruk & Memanjangkan Usia

Keutamaan selanjutnya dari sedekah jariyah adalah untuk mencegah kematian buruk dan memanjangkan usia. Memanjangkan usia yang dimaksud adalah bahwa amalan dari orang yang bersedekah akan  terus dikenang dan mengalirkan pahala lebih dari umur hidupnya di dunia ini. Artinya, pahala akan terus mengalir meskipun ia sudah meninggal dunia. 

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani). 

3. Sedekah Sebagai Penghapus Dosa 

Sedekah jariyah juga menjadi amalan yang dapat menghapus dosa-dosa sebagaimana air memadamkan api. Kita tidak tahu sebanyak apa dosa yang dimiliki, maka jangan ragu memperbanyak amalan sedekah untuk menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan. 

Perumpamaan ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi). 

4. Menjauhkan Diri Dari Api Neraka

Keutamaan sedekah jariyah selanjutnya adalah menjauhkan diri dari api neraka. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, apabila sedekah mampu menghapus dosa-dosa maka artinya kita juga akan semakin terhindar dari siksa api neraka. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.”(Muttafaqun ‘alaih). 

5. Memperoleh Naungan Di Hari Akhir

Dalam ayat-ayat Alquran, Allah SWT sudah memperingatkan tentang kepastian hari akhir atau hari kiamat. Pada hari kiamat, manusia akan dibangkitkan serta dikumpulkan di Padang Mahsyar. Pada saat hari itu tiba, jarak matahari juga sangat dekat dengan kepala sehingga setiap orang akan merasa sangat kepanasan. 

Salah satu amalan yang dapat melindungi kita dari panasnya matahari hari kiamat tersebut adalah sedekah jariyah.  Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis yang artinya: 

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu hari pun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR. Al-Baihqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah). 

Dalam riwayat lain juga menjelaskan bahwasannya Rasulullah Saw bersabda: “Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.”(HR Ahmad).

6. Memperoleh Keringanan Siksa Kubur

Selain dahsyatnya hari kiamat yang mengerikan, terdapat azab atau siksa kubur yang juga ditakutkan oleh umat Muslim. Telah banyak kisah yang menceritakan bagaimana mengerikannya siksa kubur. Namun tentu siksa kubur ini adalah akibat dari perbuatan selama hidup di Dunia.

Namun sedekah jariyah yang kita lakukan memiliki keutamaan yang bisa meringankan siksa kubur. Hal ini berdasarkan dari hadits riwayat Thabrani yang menyatakan “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur”.

Dengan banyak bersedekah akan membantu kita kelak di alam kubur. Amalan dari sedekah itu akan memadamkan api siksaan kubur.

Sedekah Jariyah untuk Pedalaman Indonesia

Itulah keutamaan-keutamaan dari sedekah jariyah yang bisa meringankan kita dari siksa kubur hingga mendapat naungan di hari kiamat karena pahala mengalir yang tak akan pernah terputus dari sedekah tersebut meski kita sudah meninggal dunia. 

Dengan begitu banyaknya keutamaan dari sedekah jariyah, mari kita berlomba untuk memperbanyak amalan sedekah jariyah kita agar bisa menjadi penyelamat di akhirat kelak. Sahabat bisa mengirimkan sedekah melalui Insan Bumi Mandiri. Sedekah yang Sahabat kirimkan akan disalurkan untuk saudara-saudara kita di pedalaman Indonesia. Klik di sini untuk kirimkan sedekahmu! 

Baca juga : Wakaf Al-Quran : Pahala yang Terus Mengalir Tanpa Henti

Sumber artikel : 

-https://sedekahair.org/keutamaan-sedekah-jariyah-menurut-al-quran-hadits/#:~:text=Sedekah%20jariyah%20juga%20menjadi%20amalan,HR.%20At%2DTirmidzi).