Sedekah

Cara dan Doa Sedekah Subuh untuk Mendapatkan Keberkahan

sedekah subuh

Sedekah merupakan amalan yang begitu mulia dan amat dianjurkan untuk senantiasa dilakukan. Sedekah adalah amalan yang membuat pemberinya mendapat pahala sekaligus memberi manfaat bagi orang yang menerimanya. Sedekah bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan dengan cara yang beragam. Namun ada satu waktu yang begitu istimewa dimana Allah SWT menjanjikan pahala besar apabila kita bersedekah di waktu tersebut. 

Waktu tersebut adalah waktu subuh. Subuh adalah salah satu waktu yang baik untuk melakukan berbagai kebaikan. Di waktu tersebut adalah permulaan hari. Jadi, jika bersedekah di waktu tersebut akan mendatangkan kebaikan. Di waktu subuh ketika matahari belum terbit, malaikat turun ke bumi dan mendoakan umat muslim yang sedang beribadah. Oleh sebab itu, orang-orang yang bersedekah di waktu subuh turut didoakan hajatnya oleh para malaikat. 

Hal itu terdapat dalam sebuah hadits yang berbunyi: “Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’. Sedangkan yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sedekah subuh juga menjadi amalan baik ini yang bisa menghapus dosa-dosa, sekaligus terkabulnya permintaan. Selain itu, sedekah subuh juga jadi alternatif ibadah yang bisa dilakukan wanita yang sedang haid dan tidak bisa menjalankan ibadah wajib.

Bagaimanakah tata cara dan doa untuk melakukan sedekah subuh ini? Berikut penjelasannya! 

Niat, Doa, dan Tata Cara Sedekah Subuh

1.Niat Sedekah Subuh 

Sebelum melakukan amalan sedekah subuh, ada baiknya Sahabat memulainya dengan membaca niat sedekah subuh untuk melengkapi amalan sedekah subuh yang akan dilakukan. Berikut adalah bacaan niat sedekah subuh. 

“Nawaitut taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa idkholas sururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.” 

Artinya: “Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi SAW, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

2.Doa Sedekah Subuh

Setelah membaca niat sedekah subuh, selanjutnya Sahabat bisa melakukan sedekah subuh yang kemudian dilanjutkan dengan membaca doa setelah bersedekah seperti berikut. 

“Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim.” 

Artinya: “Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

3.Tata Cara Sedekah Subuh 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan sedekah subuh. Cara pertama misalnya dengan membuat celengan amal sendiri di rumah. Cara pertama ini sangat mudah dilakukan. Cara yaitu dengan menabung sedekah setiap subuh dan simpan dalam celengan tersebut sampai terkumpul banyak. Apabila sudah terkumpul banyak, Sahabat  bisa memberikan hasil celengan tersebut ke masjid atau menyerahkannya kepada anak yatim serta dhuafa.

Sahabat bisa membuat celengan amal ini dari barang-barang bekas seperti kaleng atau kotak yang tidak dipakai. Selanjutnya, isi celengan tersebut setiap subuh secara rutin dan istiqomah. 

Cara selanjutnya yaitu dengan memberi makanan di sekitar rumah, masjid, atau pondok pesantren. Buatlah makanan dan bagikan ke sekitar pada waktu subuh. Supaya bisa lebih tepat sasaran, Sahabat juga dengan bersedekah ke panti asuhan atau badan penyaluran sedekah.

Cara sedekah subuh yang lain yaitu dengan memberikan barang yang masih berguna tapi tidak terpakai. Contohnya lemari kecil atau peralatan rumah tangga. Sahabat bisa menaruhnya di teras atau dekat pagar depan rumah pada waktu subuh. 

Selanjutnya, berikan tulisan bahwa orang lain bisa mengambilnya dengan gratis. Hal ini akan membuat para pejalan kaki yang membutuhkannya mengambil barang tersebut. Apabila hendak bersedekah makanan, Sahabat juga bisa memberikan sedekah makanan dengan menggantungnya di pagar rumah. 

Sedekah subuh bisa juga dilakukan dengan cara mengantarkan sebuah bantuan kepada yang membutuhkan, seperti bantuan untuk korban bencana maupun bantuan berupa logistik yang dibutuhkan orang tersebut, dan lebih baik jika mengantarnya di waktu subuh.

Cara mudah lainnya untuk melakukan sedekah subuh adalah dengan mengirimkan sedekah subuh secara online. Di waktu subuh, Sahabat bisa melakukan niat sedekah subuh dan mengirimkan sedekah tersebut melalui Insan Bumi Mandiri. Sedekah subuh yang Sahabat kirimkan akan disalurkan ke pedalaman Indonesia untuk membantu saudara-saudara kita yang tengah berjuang dan mengalami kesulitan. Klik di sini untuk kirimkan sedekah subuhmu. 

Baca juga : 5 Keajaiban Sedekah ketika Sedang Masa Sulit

Sumber artikel : 
https://yatimmandiri.org/blog/berbagi/niat-sedekah-subuh/
https://www.inews.id/lifestyle/muslim/tata-cara-sedekah-subuh-dan-niatnya-agar-hajat-dikabulkan