Kurban

Kenali 11 Daerah Sasaran Kurban di Pedalaman Nusantara

daerah kurban

Sahabat sudah membaca artikel Serba-Serbi Kurban di Pedalaman Timur Indonesia? Di sana dijelaskan tentang keunikan-keunikan yang terjadi selama Insan Bumi Mandiri menyalurkan daging kurban ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Salah satu alasan Insan Bumi Mandiri kembali mengadakan program Kurban di Pedalaman pada tahun 2020 ini adalah karena kebahagiaan yang terlihat dari wajah warga di pedalaman saat mendapatkan daging kurban. Seperti yang kita ketahui, sebagian besar dari mereka jarang sekali merasakan nikmatnya daging karena tingkat ekonomi yang rendah sehingga tak mampu membelinya.

Daerah Tertinggal di Indonesia

Tahukah Sahabat? Ternyata tidak hanya Nusa Tenggara Timur saja yang memiliki daerah tertinggal. Ada puluhan daerah-daerah lainnya yang juga masuk dalam kategori daerah tertinggal 2020-2024 yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Bahkan beberapa daerah di Jawa juga termasuk loh!

Daerah-daerah tertinggal ini mempunyai tingkat kemiskinan yang tinggi, infrastruktur yang terbatas, pendidikan yang rendah, dan sarana kesehatan yang seadanya. Pada tahun 2020 ini, melalui Kurban di Pedalaman Nusantara Insan Bumi Mandiri berkomitmen untuk menyalurkan kurban ke daerah-daerah lain juga selain NTT. Daerah apa saja itu? Yuk kita kenali bersama.

Banten

Banten adalah provinsi yang terletak di wilayah paling barat Pulau dekat Jawa. Posisinya sangat  dekat dengan Jakarta, Ibukota Indonesia. Banten juga merupakan salah satu provinsi terpadat di Indonesia. Meski begitu, sayangnya masih ada 346 desa tertinggal di sana yang sangat jauh dari kemajuan peradaban. Daerah tertinggal tersebut tersebar di empat daerah yaitu kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, dan Tangerang. Hadirnya Kurban di Pedalaman Nusantara diharapkan mampu menghadirkan kebahagiaan untuk mereka.

Papua Barat

Papua memiliki keindahan alam serta kebudayaan asli yang masih terjaga dengan sangat baik. Namun, sayangnya 82,03 % dari sekitar 2 ribu desa di Provinsi Papua Barat masih berstatus tertinggal. Selain itu, hampir seluruh wilayahnya masih tergolong rentan kerawanan pangan. Untuk itu melalui Kurban di Pedalaman Nusantara dapat menjadi manfaat yang besar bagi warga Papua Barat untuk bergembira pada momen Idul Adha tahun 2020 ini.

Sumatera Utara

Terhitung terdapat 4 daerah tertinggal yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu daerah-daerah di provinsi ini juga sangat rawan dengan banjir, disebabkan karena curah hujan yang tinggi ditambah banyaknya pegunungan yang gundul akibat illegal logging. Setiap tahunnya, banjir rutin terjadi di daerah rawan tersebut dan menyebabkan kerugian hingga triliunan rupiah. Kurban di Pedalaman Nusantara diharapkan dapat membantu warga setempat yang terdampak langsung.

Maluku Utara

Daerah yang berjuluk “Negeri rempah-rempah” ini memiliki sumber daya alam yang sangat potensial. Provinsi dengan ibu kota Sofifi ini terdiri dari 1.474 pulau dan hanya 89 di antaranya yang berpenghuni. Pada tahun 2020 ini tercatat ada dua kabupaten yang tergolong dalam daerah tertinggal. Mari layarkan Kurban Pedalaman Nusantara hingga ke pedalaman Maluku sana.

Sulawesi Selatan

Provinsi yang terletak di bagian selatan Pulau Sulawesi ini merupakan salah satu wilayah penghasil padi terbesar di Indonesia. Namun sayangnya masih ada beberapa daerah yang tertinggal sehingga sulit merasakan keceriaan dan kebahagiaan menikmati daging kurban. Khusus momen Idul Adha tahun ini, mari kita berikan kebahagiaan kurban di pedalaman nusantara agar bisa meluas sampai ke sana. 

Jawa Barat

Jawa Barat adalah salah satu provinsi terbesar di Indonesia yang mempunyai 9 Kota dan 18 Kabupaten. Namun ternyata ada daerah-daerah yang masih tertinggal secara ekonomi. Dengan berkurban di pedalaman nusantara ke Jawa Barat, Sahabat bisa ikut berbagi ke daerah pedesaan yang jarang menikmati daging kurban.

Kalimantan Barat

Kondisi alam di Provinsi Kalimantan Barat beriklim tropik basah yang memiliki curah hujan yang tinggi sepanjang tahunnya, hal ini menyebabkan perkebunan dapat tumbuh subur di sana. Akan tetapi masih banyak petani-petani kecil yang merasakan kesulitan kerana sawah dan kebun yang mereka garap bukan milik mereka. Mari kita salurkan Kurban di Pedalaman Nusantara untuk mereka.

Sumatera Selatan

Pada tahun ini setidaknya ada 44 peristiwa bencana yang terjadi di provinsi Sumatera Selatan. Ribuan warga terdampak secara ekonomi dan banyak yang kehilangan tempat tinggal. Kurban di Pedalaman Nusantara akan menjadi sarana untuk bisa membahagiakan mereka di hari Kurban.

Jawa Tengah

Terkenal sebagai jantung budaya di Pulau Jawa, semenjak Covid-19 menyerang daerah dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia itu melemah secara ekonominya. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya. Ekonomi boleh melemah, tapi tidak dengan semangat kita untuk saling berbagi.  Semoga dengan Kurban di Pedalaman Nusantara ini dapat menjadi api semangat bagi mereka yang terdampak ekonominya.

Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat terkenal karena memiliki pemandangan alam yang eksotis dan populer seantero negeri bahkan mancanegara. Sebut saja Pulau Moyo dan Pulau Kenawa di Sumbawa, Gunung Rinjani di Lombok, dan Pulau Satonda di Dompu. Keindahan alam di sana dipercantik dengan alam NTB yang masih asri dan hijau. Namun, keindahan tersebut tidak seindah masyarakat di daerah pedalamannya yang masih kesulitan menikmati daging kurban setiap tahunnya. Yuk kita bantu mereka dengan Kurban di Pedalaman Nusantara.

Jawa Timur

Pada tahun ini sepanjang 638 hektare sawah di Jawa Timur rusak akibat banjir di banyak pedesaan. Banyak dari petani menjadi kesulitan mencari nafkah. Ditambah lagi saat ini Jawa Timur menjadi provinsi tertinggi dengan jumlah kasus covid-19 sebanyak 10.404 kasus. Ayo, kirimkan kebahagiaan kurban untuk warga di sana.

Itu tadi 11 Daerah Sasaran Kurban di Pedalaman Nusantara tahun 2020 ini yang akan disalurkan pada program Kurban di Pedalaman. Semoga titipan kurban dari donator dapat dilayarkan ke seluruh penjuru negeri dan membahagiakan lebih banyak orang lagi di seluruh Indonesia.

Klik di sini untuk Kurban sekarang!