Sedekah

Sedekah Sirriyah: Dahsyatnya Pahala Sedekah Sembunyi-Sembunyi

sedekah secara sembunyi sembunyi

Kisah hidup manusia memang begitu berwarna kadang senang dan juga sedih. Tak jarang kondisi tersebut membuat diri menjadi cemas karena hidup yang dipenuhi dengan ketidakpastian. Kadangkala bertubi-tubi juga masalah datang menghampiri, seolah air mata belum kering masalah baru datang silih berganti.

Hati pun bertanya-tanya, sebenarnya apa yang menyebabkan semua permasalahan ini hadir ya? Apakah ini semua karena takdir dari Allah SWT atau justru merupakan sebuah teguran atas setiap kesalahan yang seringkali diperbuat. Baik kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Teguran tersebut tentunya menjadi bentuk kasih sayang dan cinta dari Allah SWT agar kita sebagai hamba bisa tetap dekat dan selalu diberikan perlindungan oleh-Nya. Oleh sebab itu, berhusnudzon kepada Allah SWT adalah cara terbaik yang dapat dilakukan agar hati jadii lebih tenang.

Baca Juga: 5 Manfaat Sedekah Akhir Tahun

Setiap Masalah Pasti ada Solusinya

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Insyirah ayat 5-6

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا , إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan” (QS. Al-Insyirah: 5-6)

Dalam ayat tersebut, Allah SWT mengungkapkan bahwa sesungguhnya di dalam setiap kesempitan, terdapat kelapangan, dan di dalam setiap kekurangan sarana untuk mencapai suatu keinginan, terdapat pula jalan keluar. 

Namun demikian, dalam usaha untuk meraih sesuatu tetap harus berpegang pada kesabaran dan tawakal kepada Allah. Ini adalah sifat Nabi Muhammad SAW, baik sebelum beliau diangkat menjadi rasul maupun sesudahnya, ketika beliau terdesak menghadapi tantangan kaumnya.

Tetap Sabar dalam Kebaikan

Walaupun demikian, beliau tidak pernah gelisah dan tidak pula mengubah tujuan, tetapi beliau bersabar menghadapi kejahatan kaumnya dan terus menjalankan dakwah sembari berserah diri dengan cara bertawakal kepada Allah SWT dan mengharap pahala daripada-Nya. 

Begitulah keadaan Nabi Muhammad SAW sejak permulaan dakwahnya. Pada akhirnya, Allah memberikan kepadanya pendukung-pendukung yang mencintai beliau sepenuh hati dan bertekad untuk menjaga diri pribadi beliau dan agama yang dibawanya. 

Mereka yakin bahwa hidup mereka tidak akan sempurna kecuali dengan menghancur leburkan segala sendi kemusyrikan dan kekufuran. Lalu, mereka bersedia menebus pahala dan nikmat yang disediakan di sisi Allah SWT bagi orang-orang yang berjihad pada jalan-Nya dengan jiwa, harta, dan semua yang mereka miliki. Dengan demikian, mereka sanggup menghancurkan kubu-kubu pertahanan raja-raja Persia dan Romawi.

Ayat tersebut seakan-akan menyatakan bahwa bila keadaan telah terlalu gawat, maka dengan sendirinya kita ingin keluar dengan selamat dari kesusahan tersebut melalui segala cara yang dapat ditempuh, sembari terus bertawakal kepada Allah. Dengan demikian, kemenangan yang di idam-idamkan pun bisa tercapai walau bagaimanapun hebatnya rintangan dan cobaan yang sedang dihadapi.

Begitupun Allah SWT memberitahukan kepada Nabi Muhammad SAW bahwa keadaannya akan berubah dari miskin menjadi kaya, dari tidak mempunyai teman sampai mempunyai saudara yang banyak dan dari kebencian kaumnya kepada kecintaan yang tidak ada taranya.

Baca Juga: Hadist Tentang Keutamaan Sedekah

Tidak Ada Hal yang Mustahil

Impossible is nothing, Ya, tentu kata-kata tersebut sangat pas saat semua harapan dan juga doa senantiasa disandarkan kepada zat yang Maha Segalanya. Bagi Allah SWT tidak ada hal yang tidak mungkin atau bahkan mustahil, ia adalah Sang Pencipta serta yang Maha Menentukan segala upaya yang telah dilakukan.

Dalam jangkauan kita untuk membantu mereka yang sedang dalam kesulitan juga dapat menjadi salah satu mewujudkan hal yang mustahil. Seperti hal nya Arya yang sudah begitu lama mengalami sakit kulit yang membuatnya minder. Sampai pada akhirnya Arya pun bisa kembali cerita karena ia bisa sembuh kembali.

Sahabat salah satu amalan yang begitu sangat dicintai oleh Allah SWT adalah sedekah. Amalan ini tidak akan putus meskipun kita sudah meninggal. Pahala yang tetap mengalir menjadi salah satu penegasan bahwa amalan ini bernilai dan dicintai oleh Allah SWT.

Sedekah termasuk amalan yang dicintai oleh Allah SWT, tidak hanya sebagai ibadah vertikal namun juga horizontal. Melalui sedekah seseorang dapat membantu sesama serta memberikan keberkahan bagi sekitar. Membantu mereka yang mengalami kesulitan dan juga sedang membutuhkan.

Sedekah yang Dilakukan Sembunyi-Sembunyi

Sedekah sirriyah adalah sedekah yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Sedekah ini sangat utama karena lebih mendekati ikhlas dan selamat dari sifat riya’. Sebagaimana firman dari Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 271

“Jika kamu Menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu.” (QS. Al Baqarah: 271)

Perlu diketahui, bahwa yang utama untuk disembunyikan adalah pada sedekah kepada fakir dan miskin. Hal ini, karena ada banyak jenis sedekah yang mau tidak mau harus ditampakkan, seperti membangun masjid, membangun sekolah, jembatan, membuat sumur, membekali pasukan jihad dan sebagainya.

Di antara hikmah menyembunyikan sedekah kepada fakir miskin adalah untuk menutupi aib saudara kita yang miskin tersebut. Sehingga tidak tampak di kalangan manusia serta tidak diketahui kekurangan dirinya. Tidak diketahui bahwa tangannya berada di bawah dan bahwa dia orang yang tidak punya. Hal ini merupakan nilai tambah tersendiri dalam berbuat ihsan kepada fakir-miskin.

Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW memuji sedekah sirriyyah, memuji pelakunya dan memberitahukan bahwa dia termasuk tujuh golongan yang dinaungi Allah SWT nanti pada hari kiamat.

Semoga kita senantiasa selalu diberikan taufik dan juga hidayah agar senantiasa berbuat kebaikan terhadap sesama serta diberikan kekuatan untuk bersedekah. Aamiin Ya Rab.

donasi pedalaman bantu mereka yang membutuhkan