Ramadhan Tentang IBM

6 Ladang Amal Kebaikan di Bulan Ramadhan

Tidak terasa, sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bagaimana nih persiapannya? Apakah sudah sangat siap atau masih ada beberapa yang perlu untuk disiapkan?

Bicara tentang persiapan, tentu ada begitu banyak hal yang kita siapkan di bulan Ramadhan ini, baik dari segi fisik, mental, maupun rohani. Beberapa dari Sahabat mungkin ada yang sudah mempersiapkan puasa Ramadhan dengan melaksanakan puasa senin-kamis. Nah, amalan itu juga termasuk ke dalam amalan utama yang bisa dilakukan untuk menyambut Ramadhan lho!

Persiapan Sambut Ramadhan

Dalam menyambut Ramadhan, umat Muslim tentunya akan menunjukkan salah satu wujud cintanya kepada Allah SWT. Salah satu yang sederhana adalah menyambutnya dengan keriangan hati, sebagaimana Allah berfirman dalam Surah Yunus ayat 58, Allah SWT berfirman:

Qul bifadlil laahi wa birahmatihii fabizaalika falyaf rahuu huwa khairum mimmaa yajma’uun

Artinya: “Katakanlah: ‘Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.”

Beberapa hal yang bisa dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan agar puasa menjadi lebih berkah bisa dimulai dengan menuntaskan pekerjaan yang dimiliki dengan segera. Misalnya, sebelum memasuki bulan Ramadhan Anda bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan yang diprioritaskan agar tidak mengganggu  ibadah Ramadhan.

Hal tersebut dikarenakan ketika kita berpuasa nanti akan ada begitu banyak godaan yang dikhawatirkan dapat mengganggu khusyuknya ibadah kita. Maka oleh karena itu, umat muslim juga perlu untuk mempersiapkan mental sebelum memasuki bulan Ramadhan nanti. Agar semakin siap dan dapat mengontrol hawa nafsu yang dimiliki.

Ladang Amal Kebaikan

Selain mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menjemput kebaikan yang berlimpah. Di Bulan Ramadhan ini juga Sahabat punya banyak kesempatan untuk beramal dan membantu sesama. Berikut beberapa kebaikan yang bisa Sahabat amalkan terutama di bulan Ramadhan nanti:

1. Membayar Fidyah

Jika Sahabat masih ada yang memiliki hutang puasa di Ramadhan tahun lalu, kemudian tidak sanggup untuk membayar qodho karena kondisi tertentu, seperti: sakit parah, sedang hamil atau menyusui, dan kondisi yang tidak memungkinkan lainnya. 

Fidyah sendiri merupakan tebusan atau ganti yang harus ditunaikan oleh seseorang yang tidak mampu untuk melaksanakan puasa Ramadhan karena beberapa sebab seperti lanjut usia, ibu hamil/menyusui, serta bagi mereka yang mengkhawatirkan bayinya.

Besarnya fidyah adalah senilai dengan porsi makan sempurna yang biasa dimakan oleh seorang muslim untuk mengganti puasa yang ditinggalkannya selama bulan Ramadhan. Begitupun sebaliknya dibayarkan pada hari dimana dia meninggalkan puasa tersebut.

Bagi Sahabat yang berniat untuk membayarkan fidyah, baik untuk diri sendiri maupun orang lain dapat mengamalkannya melalui link berikut.

2. Sedekah Pembangunan Masjid

Menjelang Ramadhan, ada begitu banyak masjid di Pedalaman Indonesia yang kondisinya masih begitu memprihatinkan. Mereka para mualaf yang tinggal di pedalaman terpaksa harus berjalan hingga berpuluh-puluh kilometer hanya untuk bisa melaksanakan shalat berjamaah di masjid terdekat dari kampungnya.

Berbagai upaya pun dilakukan mulai dari patungan hingga kerelaan hati dari beberapa orang yang mewakafkan tanah yang dimiliki untuk dijadikan masjid. Namun, sayang upaya mereka agar di bulan Ramadhan ini bisa shalat berjamaah di masjidnya sendiri harus terhenti.

Hal tersebut terjadi karena uang hasil patungan sudah tidak cukup lagi untuk membiayai pembangunan masjid yang masih tersisa. Sahabat, Yuk! Bantu mereka dengan sedekah pembangunan masjid, InsyaAllah amal kebaikan yang berlipat sudah menanti.

3. Memberi Hidangan untuk Berbuka

Salah satu waktu yang paling dinanti dan jadi momen bahagia di bulan Ramadhan adalah pada saat berbuka puasa. Salah satu amalan yang sering dilakukan adalah dengan memperbanyak sedekah. Di bulan suci Ramadhan, sedekah bisa dilakukan dengan cara memberi makan saat berbuka kepada mereka yang berpuasa.

Selain dapat menambah keberkahan, berbagi makanan untuk berbuka puasa juga dapat dijadikan sebagai bentuk mempererat silaturahmi sesama umat Islam. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut :

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, berkata Rasulullah SAW. bersabda: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

4. Sedekah Alquran

Tidak sedikit yang memiliki target untuk mengkhatamkan Alquran ketika bulan. Ramadhan tiba. Namun apa jadinya jika momen Ramadhan yang seharusnya jadi tempat untuk mereka untuk membaca dan menghafalkan alquran malah justru tidak bisa terlaksana.

Melalui program sedekah alquran, Sahabat dapat membantu mereka para muslim di pedalaman Indonesia yang ingin terus mendalami dan menghafal Alquran. InsyaAllah pahala jaryah menanti di setiap mereka membuat kitab suci umat  Islam tersebut.

5. Santuan untuk Hafidz

Taman Pendidikan Alquran menjadi salah satu tempat bagi anak-anak untuk belajar dan mendalami ilmu agama Islam. Terutama melalui Alquran, sebagai pedoman hidup bagi umat muslim di seluruh dunia. Tak jarang di sana kita akan menjumpai para hafidz yang dengan tekun terus senantiasa menggafal dan memahami Alquran.

Untuk sampai ke TPQ dan belajar di sana mereka harus melewati berbagai rintangan dan juga ujian, termasuk jauhnya jarak yang harus mereka tempuh untuk sampai ke TPQ. Namun, hal tersebut tidak membuat mereka mengeluh, mereka tetap semangat belajar setiap hari demi bersama-sama mencapai mimpi untuk menjadi seorang hafidz alquran.

Melalui program Muliakan Hafidz Alquran di Bulan Suci Ramadhan, sahabat dapat membantu mereka agar tetap bersemangat untuk mendalami ilmu Alquran melalui halaman berikut.

6. Santunan untuk Yatim Pedalaman

Siapa yang tidak terenyuh ketika mendengar kisah perjuangan dari anak-anak yatim tanggung di pedalaman. Bayangkan, di usianya yang masih begitu belia, mereka harus berjuang untuk menafkahi keluarga karena orang tua yang menjadi tumpuan telah tiada.

Seperti halnya Sadiyah yang menjadi tulang punggung bagi kedua adiknya agar mereka bisa terus bersekolah dan mewujudkan wasiat dari sang ayah, yaitu menjadi seorang ulama. Fauzan dan Abdur belajar dengan sungguh-sungguh agar kelak juga bisa membayar pengorbanan sang kakak.

Sahabat, di bulan Ramadhan yang saat ini tinggal menunggu hari, alangkah indahnya jika bisa berbagi untuk para yatim di pedalaman Indonesia. Melalui program Paket Ramadhan untuk Yatim Pedalaman di Indonesia, semoga bisa mengisi rumah-rumah mereka dengan kehangatan di hari raya dengan lebih bermakna.

Sahabat, demikian beberapa rekomendasi kebaikan yang bisa dilakukan jelang dan pada saat bulan Ramadhan. Semoga dengan kebaikan yang Sahabat titipkan dapat menjadi berkah bagi kita semua untuk senantiasa mendapatkan Ridho-Nya dalam menjalani hidup di dunia ini. Aamiin

jemput kebahagiaan di bulan Ramadhan