Inspiratif

8 Cara Memanfaatkan Media Sosial Saat #diRumahAja

tips menggunakan media sosial

Halo Sahabat, udah minggu keempat nih, apa aja aktivitasnya selama #diRumahAja? Pastinya harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat ya.

Seiring dengan diberlakukannya kebijakan work from home dan #diRumahAja, sepertinya interaksi kita dengan media sosial semakin meningkat ya, terutama untuk para milenial nih. Udah dimanfaatkan untuk apa saja media sosialnya? Jangan cuma digunakan untuk scroll-scroll foto aja, hehe

Supaya Sahabat punya banyak aktivitas selain scroll-scroll, ada beberapa tips memanfaatkan media sosial saat #diRumahAja yang bisa kamu lakukan. Apa aja sih? Yuk dibaca sampai habis ya.

1. Ajak Teman untuk Melakukan Penggalangan Dana

Sekarang media sosial udah bisa dipake buat melakukan penggalangan dana, Sahabat. Kamu bisa mengajak teman-teman satu circle-mu membuat program bersama. Dana tersebut disalurkan untuk membeli alat pelindung diri buat tenaga medis, bikin program makanan gratis, atau bisa juga buat bagi-bagi sembako kepada orang yang membutuhkan.

Sebelum presiden yang turun tangan sih buat bagi-bagi sembako, kamu harus sudah duluan jadi pionir. Mau kan?

Baca Juga : 4 Aksi Nyata Hadirkan Asa di Tengah Wabah Corona

2. Sebar Pesan Positif

Ini sih gampang banget, Sahabat. Kamu bisa bikin konten-konten positif berisi pesan kedamaian untuk jiwa-jiwa yang dilanda ketakutan. Tidak harus konten serius semua kok, bisa dalam bentuk bacaan-bacaan yang bernilai hiburan, terus di share ke media sosial kamu.Atau kamu bisa menyebar kabar baik di tengah informasi buruk yang berseliweran.

Gunakan jiwa kreatifmu untuk membuat konten-konten menarik ya.

3. Jadi Relawan Saber HOAX

Nah, ini nih yang bahaya banget, kabar bohong atau sekarang dikenal dengan HOAX. Heran sih, kenapa masih ada aja orang yang menyebar pesan-pesan meresahkan dalam situasi seperti ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, group whatsapp keluarga adalah tempat kabar-kabar aneh ini bermunculan. Mulai dari Corona yang berbentuk dinosaurus jika diperbesar dengan mikroskop, hingga bermacam ragam cara aneh untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kamu tentu tidak mau kan keluargamu menjadi korban atau malah pelaku penyebar berita meresahkan ini? Maka dari itu, mulai dari sekarang jadilah agen saber HOAX yang siap sedia memberantas pesan-pesan meresahkan tanpa sumber di media sosial, dimulai dari group whatsapp keluarga aja dulu.

Oke, lanjut ke tips memanfaatkan media sosial yang selanjutnya ya, belum bosen kan bacanya?

4. Repost Berita Baik

Kaya yang dibilangin di mukadimah artikel ini, kami akan memberikan tips memanfaatkan media sosial yang enggak pakai ribet, dan ini poin keempat, sederhana banget kan? Jika kamu ketemu bacaan yang menarik dan bermanfaat di media sosial, coba like dan share ke orang-orang terdekatmu. Bisa konten ceramah agama, video motivasi, ataupun pesan-pesan baik lainnya seperti artikel ini. Menyebarkan berita baik juga efektif loh untuk menanggulangi hoax di media sosial.

5. Bikin Tips and Trick yang Bisa dilakukan #diRumahAja

Kegiatan ini lagi popular banget sih di media sosial, ada saja tips-tips menarik yang bisa dilakukan #diRumahAja. Mulai dari bikin kopi dalgona, cheese cake, hingga menu-menu sederhana lainnya. Ada juga trik membuat masker kain sederhana yang bisa digunakan oleh non-medis.

Kalau kamu, mau bikin tips apa nih Sahabat di media sosialmu?

6. Bikin Video Tutorial Olahraga

Penting banget menjaga imunitas dan kebugaran agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit, dan salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Jika biasanya kamu berolahraga di luar rumah, sekarang bisa #diRumahAja ya.

Banyak kok aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah, mulai dari push-up sit-up dan teman-teman nya, bisa yoga dan masih banyak lagi deh. Jika kamu adalah orang yang ahli dalam olahraga, kamu bisa bikin tutorial olahraga #diRumahAja terus share deh di media sosial yang kamu punya. Cara yang mudah bukan?

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan dari Virus

7. Ikut Berdonasi dan Dukung Gerakan #diRumahAja

Saat ini banyak sekali lembaga sosial kemanusiaan yang buka donasi untuk membantu sesama melalui media sosial mereka, salah satunya adalah Insan Bumi Mandiri. Saat-saat krisis seperti ini, Insan Bumi Mandiri membuka banyak sekali peluang donasi, mulai dari membantu pejuang keluarga, memberikan makanan gratis, hingga membantu karyawan yang kena PHK.

Selain berdonasi, Sahabat juga bisa mendukung gerakan #diRumahAja ya. Sampaikan pada orang terdekatnya untuk jangan ke mana-mana dulu karena bahaya bisa mengintai di mana saja. Jika rindu tahan dulu aja, setelah semua ini berakhir kita akan kembali bertemu dan tertawa bersama.

8. Jangan Menimbun Pesan apalagi Perasaan

Ini sih buat tambahan aja, jangan suka menimbun pesan. Jika ada pesan positif, bantu sebarkan, kalau ada pesan negatif tolong tenggelamkan. Pesan yang masuk ke kamu jangan dianggurin begitu saja, apalagi pesan di group keluarga, sekolah, kampus, atau kerja.

Sebisa mungkin balas pesan dari mereka yang ada di media sosialmu, menanyakan kabarmu, mendoakan kesehatanmu, apalagi kalau menanyakan “Kerjaan yang deadline nya hari ini udah selesai belum?”


Oke, segitu dulu ya Sahabat tips memanfaatkan media sosialnya. Semoga bacaannya bermanfaat, jangan lupa dibagikan kepada circle terdekatmu. Jangan sampai pesannya berhenti di kamu ( Kalimat ini udah kayak pesan yang tersebar di whatsapp keluarga belum? Hehe).

Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kemudahan untuk berbuat baik. Aamiin. Klik di sini jika kamu ingin berbuat baik hari ini.