Inspiratif Tentang IBM

Update Februari: Sebarkan Kebaikan Jelang Ramadhan

sebar kebaikan

Jelang Ramadhan, kebaikan dari Sahabat sudah sampai ke saudara-saudara kita di pedalaman. Puji syukur, pada Bulan Februari ini, sebanyak 3.416 penerima manfaat dari 74 titik wilayah berbahagia menerima kebaikan tersebut. Berikut ini beberapa kebaikan yang kisahnya tak boleh Sahabat lewatkan!

Air Bersih untuk Kampung Muara Tiku

Warga di Kampung Muara Tiku, Musi Rawas Utara, Sumatra Selatan, kesulitan air bersih. Kondisi tersebut terjadi karena sungai yang dijadikan warga sebagai sumber air utama tercemar limbah perusahaan tambang emas. Pencemaran itu membuat air sungai menjadi keruh dan berwarna coklat pekat.

Bayangkan, warga harus menggunakan air tersebut untuk mandi dan mencuci karena tak punya pilihan lain. Maka tak heran jika banyak warga yang mengalami diare hingga sakit paru-paru kronis. Berkat uluran tangan Sahabat, warga akhirnya dapat mulai menggali sumur. Setelah memakan waktu berbulan-bulan untuk menggali, akhirnya pada 13 Februari 2023, warga berhasil menemukan sumber air bersih yang keluar dari tanah.

Menyaksikan hal itu, warga langsung membeli cincin, tutup sumur, pompa air, dan material-material lainnya untuk membuat sumur dengan dana yang terkumpul. Warga sangat senang saat air menyembur deras dari lokasi penggalian, mereka pun langsung mengguyur badan dengan air bersih nan segar tersebut saat itu juga.

Berbagi Kebahagiaan untuk Warga Pedalaman 

Warga Kampung Makipaket, Flores, Nusa Tenggara Barat, selalu bersyukur karena mereka memiliki masjid di kampungnya. Mereka jadi tak perlu berjalan sejauh 5 km untuk ke masjid lain. Sayangnya, kondisi masjid yang terletak di tengah gurun di Kampung Makipaket tersebut sudah usang termakan usia. Atapnya sudah banyak bocor dan kayunya lapuk. Jika kondisi ini dibiarkan, robohnya masjid ini tinggal menunggu waktu.

Alhamdulillah, pada tanggal 22 Oktober 2021, masjid tersebut mulai dirobohkan untuk direnovasi. Saat ini masjid tersebut sudah selesai direnovasi. Akhirnya muslim mualaf dan minoritas di sana dapat kembali beribadah dengan tenang.

Kebaikan yang menghampiri saudara-saudara kita di Kampung Makipaket tak selesai sampai situ. Pada Sabtu, 11 Februari 2023, tim Insan Bumi Mandiri membagikan bahan makanan di sana. Untuk menuju lokasi, tim Insan Bumi Mandiri harus menerjang hujan lebat, melewati jalanan yang banjir dan penuh lumpur. Motor yang ditunggangi tim kami pun sempat mogok. Namun, perjuangan ini terbayar seketika sampai di lokasi. Senyuman warga yang menyambut kedatangan kami seolah membayar semua rasa lelah.

Warga pun langsung bergegas mengolah bahan makanan yang sudah sampai. Malam harinya, warga menikmati hidangan ini secara bersama-sama, di masjid yang sudah selesai di renovasi.

Air Bersih sudah Mengalir ke Kampung Muara Cabang Ulu

Ketika kekeringan melanda akibat kemarau, warga Kampung Muara Cabang Ulu, Lubuklinggau, Sumatra Selatan, harus berjalan kaki sejauh 500 meter menaiki bukit melewati jalanan yang licin untuk mendapatkan air. Aktivitas tersebut menjadi rutinitas sebanyak 80 kepala keluarga di sana ketika kekeringan melanda. Sayangnya, air yang diperjuangkan warga tersebut bukanlah air bersih. Jika tidak menggunakan air tersebut, maka warga tidak bisa mandi, minum, mencuci, dan buang air. Warga tak punya pilihan lain.

Kebaikan hati Sahabat yang senantiasa membantu, membawa berkah bagi mereka. Pada 27 Desember 2022, penggalian sumur bor di Kampung Muara Cabang Ulu, telah dimulai. Kondisi terakhir, warga di sana kini sudah memiliki penampungan air bersih.

Sahabat, terima kasih karena telah membantu perjuangan saudara-saudara di pedalaman. Atas kebaikannya, semoga Sahabat mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari Yang Maha Kuasa. Kedepannya, semoga lebih banyak lagi kebaikan yang dapat disebarkan hingga ke pedalaman. Sekali lagi, terima kasih, Sahabat!