Inspiratif

5 Manfaat Mengejutkan Dari Meminum Kopi Di Pagi Hari

manfaat minum kopi

Bekerja merupakan salah satu rutinitas dari beberapa orang termasuk mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini. Berangkat pagi hingga pulang sore atau malam, begitu terus di setiap harinya. Terkadang ada beberapa dari kita yang mulai bosan dengan pekerjaan yang kita lakukan, hingga membuat mengantuk di pagi hari.

Namun, tahukah Anda jika masalah tersebut merupakan hal yang wajar dan dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Maka salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi kopi. Hal ini terbukti ampuh dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa kantuk yang Anda miliki.

Kopi dan Kafeine

Kopi diyakini bisa menjadi obat bagi orang yang sering mengantuk. Kandungan kafeine yang terdapat di dalamnya dapat membantu Anda agar bisa tetap terjaga sepanjang hari. Termasuk untuk meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan Anda. Penasaran? Berikut ulasannya.

Saat akhir pekan biasanya Kedai Kopi kerap digandrungi oleh sebagian dari kita. Terutama bagi mereka yang menyebut mereka sebagai coffee addict maupun coffee lovers. Selain itu, bisa juga pesan dengan mudah melalui aplikasi.

Selain sebagai tempat yang nyaman untuk nongkrong. Kedai kopi juga bisa dijadikan sebagai tempat diskusi, bekerja dan juga sekedar bersantai bersama keluarga di sela jalan-jalan mengelilingi kota.

tetap produktif di pagi hari dengan meminum kopi

Manfaat Mengonsumsi Kopi

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan pada saat meminum kopi di pagi hari.

  1. Meningkatkan Energi

Seharian bekerja dan juga beraktivitas tentu membuat Anda membutuhkan begitu banyak energi. Selain berolahraga, makan, juga tidur yang cukup bisa juga menambah asupan tersebut dengan secangkir kopi di pagi hari.

Kafein dalam kopi akan membantu Anda menghilangkan perasaan grogi di pagi hari, dan membuat Anda merasa tidak terlalu lelah. Setelah Anda minum kopi dan kafein diserap ke dalam aliran darah di otak, kafein memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut Adenosin.

Menurut Authority Nutrition, kopi dipercaya mampu meningkatkan berbagai aspek fungsi otak mulai dari memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi dan juga fungsi kognitif umum lainnya. Jadi, supaya tidak panik saat dipanggil rapat kopilah solusinya.

  1. Dapat Membantu Membakar Lemak

Bagi mereka yang ingin membakar lemak biasanya olahraga menjadi solusi, khususnya olahraga kardio. Tapi tahukah Anda jika konsumsi kopi juga bisa membakar lemak? 

Kafein yang ada di kopi bisa ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak komersial sebagai salah satu zat alami langka yang membantu pembakaran lemak.

Penelitian juga menunjukkan hal yang senada bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang yang kurus.

  1. Sebagai Nutrisi Bagi Tubuh

Hampir semua makanan dan minuman yang terbuat dari bahan alami memiliki kandungan nutrisi bagi tubuh. Selama tidak dikonsumsi berlebihan tentu akan sangat baik untuk dikonsumsi.

Dengan meminum kopi pagi Anda, Anda tidak hanya mendapatkan aroma panggang segar yang manis (atau pahit), tetapi Anda juga mendapatkan nutrisi berupa riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan juga niasin yang masuk melalui secangkir kopi Anda.

Sebagai tambahan dalam segelas kopi susu berukuran sama yang diracik dengan susu tanpa lemak mengandung 100 kalori, 10 gram protein, 15 gram karbohidrat, dan 35% kalsium.

Jika Anda menggunakan susu full-fat, kandungan gizi dalam gelas kopi susu Anda menjadi: 180 kalori, 9 gram lemak, 14 gram karbohidrat, 10 gram protein, dan 30 persen kalsium.

  1. Mengurangi Risiko Kematian

Studi pertama, yang diterbitkan oleh Annals of Internal Medicine, menyimpulkan bahwa mereka yang minum kopi paling banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

Studi ini menggunakan data dari kohort European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC), yang mencakup informasi dari lebih dari 520.000 pria dan wanita di 10 negara Eropa.

Terdengar sangat dramatis bukan? , tetapi inilah faktanya bahkan sebuah studi National Institutes of Health – AARP Diet and Health terhadap lebih dari 400.000 orang pun menemukan bahwa partisipan pria yang minum bahkan hanya satu cangkir sehari mengurangi risiko kematian sebesar 6%.

Minum dua sampai tiga cangkir atau enam cangkir atau lebih mengurangi risiko sebesar 10% selama jangka waktu penelitian. Tentu hal tersebut disesuaikan dengan batas konsumsi kafeine per hari. 

Konsumsi kafein yang aman adalah 200–400 mg per hari. Ini sama dengan sekitar 2–4 cangkir kopi atau 4–8 cangkir teh per hari.

  1. Membuat Anda Lebih Bahagia

Hampir setiap orang yang ada di dunia ini pasti ingin bahagia dalam hidupnya. Bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi kopi tentu dapat mengurangi risiko depresi dan mengangkat suasana hari Anda ketika merasa sedikit sedih.

Penelitian khusus yang dilakukan untuk membantu hal ini. Pertama dalam studi Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011, menemukan bahwa wanita yang minum empat cangkir atau lebih perhari memiliki resiko 20% lebih rendah untuk mengalami depresi.

Tak hanya itu, kopi juga bisa memicu produksi dari hormon endorphin yang merupakah salah satu dari hormon yang dapat mendatangkan kebahagiaan bagi manusia.

Tak hanya dari kopi saja sebuah penelitian juga menunjukan bahwa berbagi dengan sesama (berdonasi) juga bisa memicu hormon kebahagiaan. Dan kini berdonasi juga bisa semudah memesan kopi di secara online. Caranya dengan mengklik link berkut 

bantu berdayakan pedalaman Indonesia