Inspiratif

7 Fakta Dibalik Uniknya Bahasa Isyarat Tangan

Hari ini atau tanggal 23 September diperingati sebagai Hari Bahasa Isyarat Internasional. Ditetapkan oleh PBB dan World Federation of the Deaf (WFD), peringatannya diharapkan dapat menjadi ajang pengenalan bahasa isyarat tangan agar semakin dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki status yang sama dengan bahasa yang biasa kita ucapkan.

Nah, Sahabat peringatan ini ternyata menyimpan fakta-fakta unik yang belum banyak orang ketahui. Yuk kita simak bersama fakta-faktanya!

Uniknya Bahasa Insyarat

1.    Dipakai oleh Jutaan Orang

bahasa insyarat tangan digunakan oleh jutaan orang

Menurut Lembaga yang mengkaji segala bahasa di dunia bernama Ethnologue, terdapat lebih dari 4,8 juta penutur bahasa isyarat tangan di seluruh dunia. Sama seperti bahasa pada umumnya, memiliki banyak macam turunan. Misalnya saja di Amerika, terdapat 500.000 jenisnya.

2.    Bahasa yang Mudah Dipelajari

bahasa insyarat tangan mudah untuk dipelajari

Mempelajari bahasa isyarat tangan tidak sesulit yang dibayangkan. Tips yang bisa dilakukan adalah dengan cara berinteraksi langsung dengan teman-teman tuli. Semakin sering kita mempraktekkannya, maka akan semakin mudah dipelajari dan dipahami. 

Baca Juga : Peringati Hari Pangan Nasional, Ini 10 Daftar Makanan Sehat di Tengah Pandemi

3.    Upaya Pemenuhan Hak Asasi 

bahasa insyarat tangan upaya pemenuhan hak asasi manusia

Peringatan ini tidak hanya berfungsi sebagai seremional saja. Namun lebih dari itu, tujuannya adalah untuk melestarikan bahasa isyarat tangan dan mengakui eksistensinya. Selain itu, diakuinya bahasa isyarat tangan juga sangat penting untuk perkembangan serta psikologis teman tuli di seluruh dunia.

4.    Berbeda-beda Di Tiap Negara

bahasa insyarat tangan berbeda-beda di setiap negara

Meskipun Hari Bahasa Isyarat diperingati di seluruh dunia, ternyata setiap negara memiliki bahasa isyarat tangan yang berbeda-beda. 

Misalnya, Inggris dan Amerika yang memiliki bahasa isyarat yang berbeda (American Sign Language dan Britisih Sign Language). Untuk Indonesia sendiri menggunakan Bahasa Isyarat Indonesia atau yang biasa dikenal dengan BISINDO.

Baca Juga: 3 Kisah Inspiratif dari Pedalaman

5.    Menjadi Salah Satu Profesi

bahasa insyarat tangan menjadi salah satu profesi

Jika Sahabat melihat televisi, biasanya di pojok kanan bawah layar ada penerjemah bahasa isyarat. Yap, benar sekali. Orang yang ahli dapat berprofesi sebagai penerjemah. Mereka biasanya mengambil program studi Pendidikan Luar Biasa semasa kuliah.

6.    Tidak Suka Disebut Tunarungu

tidak suka disebut sebagai tunarungu

Penuturnya adalah orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran atau istilah medisnya yaitu tunarungu. Namun, ternyata mereka tidak suka disebut dengan ‘Tuna Rungu’. Karena tunarungu memiliki arti ‘rusak pendengaran’. Mereka lebih suka disebut dengan tuli karena lebih mempresentasikan pengguna bahasa isyarat.

7.    Bermanfaat bagi Kesehatan

bahasa insyarat tangan sangat bermanfaat bagi kesehatan

Bahasa isyarat ternyata tidak hanya bermanfaat untuk orang tuli. Namun bermanfaat juga untuk masyarakat umum. Mempelajari bahasa tersebut dapat membuat otak lebih aktif dan wajah lebih ekspresif. Kedua hal ini adalah kunci awet muda seseorang.

Baca Juga : 4 Tips Aman dari Corona Ala Pedalaman

Nah Sahabat, itulah 7 fakta unik seputar bahasa isyarat tangan yang harus kamu ketahui. Semoga dengan peringatan ini dapat membuat lebih banyak orang yang peduli dengan teman tuli di seluruh dunia.