Inspiratif

Peringati Hari Pangan Nasional,  Ini 10 Daftar Makanan Sehat di Tengah Pandemi 

Di tengah pandemi corona, Badan Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyarankan agar kita menjaga pola makan sehat selama virus corona. Salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Nutrisi dan asupan yang terkandung di dalamnya penting untuk membantu tubuh dalam mengatasi penyakit yang datang dari lua, termasuk virus corona.

Berikut adalah daftar makanan sehat di tengah pandemi yang wajib Sahabat tahu. 

1.    Buncis

buncis sebagai ketahanan pangan nasional

Makanan sehat pertama yang dianjurkan adalah buncis. Selain mengandung protein tinggi, buncis juga mengandung nutrisi penting yang terbuat dari asam amino untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. 

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, buncis juga dipercaya dapat memelihara enzim serta mensintetis yang bertujuan untuk menjaga sistem tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.

2.    Bayam

bayam sebagai sumber nuutrisi dan ketahanan pangan nasional

Selanjutnya, masih di jajaran sayuran. Bayam menempati posisi kedua. Sayuran ini dikenal banyak mengandung vitamin-vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Sebut saja vitamin C dan vitamin A yang berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Ada pula antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan oleh lingkungan luar.

Cara terbaik mengonsumsi bayam adalah dengan memasaknya sedikit atau langsung dimakan mentah. Bisa juga dijadikan sebagai lauk tumis atau dicampur dengan smoothie.

3.    Bawang Putih

bawang putih

Bawang putih berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, hal ini membuatnya dapat diandalkan untuk melawan beberapa infeksi. Menurut studi Advances in Therapy pada tahun 2001 , mengkonsumsi bawang putih dua sampai tiga siung setiap hari dapat menyembuhkan pilek.

Manfaat Kesehatan lain yang terkandung di bawang putih adalah dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan dapat menurunkan tekanan darah.

4.    Kunyit

kunyit

Sahabat tentu tidak akan kesulitan menemukan kunyit di dapur Sahabat. Rempah-rempah ini sangat populer dan seringkali jadi bumbu di setiap masakan. Nah, ternyata kunyit mengandung kurkumin yang gunanya sebagai antioksidan untuk menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh.

Zat di dalam kunyit juga mempunyai sifat antiradang yang diyakini bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit serius, sebut saja demensia, diabetes, tumor, hingga gangguan jantung. 

Banyak juga ya Sahabat manfaat dari kunyit. Yuk jangan lupa sering-sering konsumsi kunyit mulai dari sekarang!

5.    Buah-buahan

buah-buahan

Buah-buahan ternyata dapat pula menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Beberapa jenis buah seperti jeruk, lemon, papaya, manga, stroberi, dan kiwi kaya akan antioksidan, vitamin, sehingga berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh kita agar tetap terjaga. 

6.    Ikan

ikan

Dikenal sebagai negara kepulauan, negara kita tentu tidak asing lagi dengan makanan sehat satu ini. Bahkan, mantan Menteri kelautan dan Perikanan Bu Susi Pudjiastuti berpesan jika ia akan menenggalamkan siapa pun yang tak mau makan ikan di tengah pandemi.

Ikan memiliki kandungan vitamin A, vitamin B12, dan protein. Kedua vitamin tersebut bertujuan untuk memperkuat sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit-penyakit yang datang dari luar, khususnya virus corona. 

7.    Alpukat

alpukat dan segenap nutrisi yang ada di dalamnya

Selain menjaga kekebalan tubuh, hal lain yang penting dilakukan dalam menghadapi pandemi corona adalah mengurangi kecemasan. Dengan banyaknya berita atau tulisan di media sosial tentang bahaya corona, Sahabat tentu jadi khawatir dan merasa cemas tentang keselamatan diri dan keluarga. Nah, untuk membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan kecemasan. Makanan sehat yang bisa Sahabat coba adalah alpukat.

Rasa cemas yang datang adalah dampak dari tubuh yang kekurangan vitamin B. Mengonsumsi alpukat adalah pilihan tepat karena buah ini kaya akan vitamin B, vitamin yang berfungsi untuk kebutuhan otak dan sel-sel yang sehat.

8.    Kacang Mete

kacang mete

Makanan sehat lain untuk membantu mengurangi kecemasan adalah kacang mete. Hormon serotonin yang dikandungnya dapat membantu meredakan depresi dan kecemasan. Selain itu, kacang mete juga mengandung seng yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

9.    Susu

nutrisi dari segelas susu

Siapa yang tak kenal dengan makanan sehat satu ini? Kita dapat dengan mudah menemukannya, baik membeli di supermarket atau membeli eceran di pedagang susu pinggir jalan. Ternyata, susu terbukti mampu mengatasi rasa gelisah dan gangguan susah tidur loh, Sahabat.

Memiliki kandungan B12, protein, dan kalsium yang berlimpah, susu mampu membuat Sahabat merasa jauh lebih tenang dan mengurangi tekanan darah. Manfaat kalium di dalamnya juga mampu mengendurkan otot yang tegang karena stress.

10.    Cokelat

coklat

Cokelat seringkali dikaitkan sebagai simbol cinta dan kasih sayang. Siapa sangka? makanan sehat satu ini juga dapat mambantu mengurangi kecemasan di tengah pandemi. Rasa manis yang ada di dalamnya dapat meningkatkan suasana hati kita menjadi lebih baik sekaligus juga ampuh menghilangkan rasa sedih yang sedang kita alami. Sifat antioksidan yang tinggi juga berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari serangan radikal bebas yang mengganggu.

Tapi ingat ya, Sahabat. Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya ya 😊

Sahabat, itu tadi 10 daftar makanan sehat di tengah pandemi yang bisa kita konsumsi. Selain mudah ditemukan, makanan-makanan sehat di atas juga bisa kita dapatkan dengan harga terjangkau. 

Jangan lupa jaga kesehatan dan konsumsi makan-makanan sehat. Semoga selalu sehat di tengah pandemi yang sedang marak ini ya Sahabat 😊 

Sayangnya, Saudara-saudara kita di pedalaman masih belum mendapatkan gizi yang cukup. Yuk ulurkan tangan untuk membantu mereka