Kurban

6 Alasan Kenapa Boleh Kurban di Daerah Lain

alasan boleh kurban daerah lain

Sahabat, menjelang Idul Adha yang akan hadir dalam waktu beberapa bulan lagi, kita masih dihadapkan dengan virus covid-19 yang membatasi semua aktivitas kita. Kita tidak bisa leluasa pergi keluar rumah, sekedar survey harga kambing atau sapi.

Di samping itu, seakan menjawab permasalahan tersebut, trend kurban online kini sudah mulai bermunculan. Tanpa perlu repot-repot pergi ke penjual hewan kurban, kini berkurban dapat dilakukan melalaui handphone atau laptop masing-masing.

Kita bisa memilih hewan yang diinginkan. Setelah itu, hewan kurban yang sudah dibeli nantinya akan disalurkan ke daerah-daerah yang membutuhkan. 

Hukum Kurban di Daerah Lain

Berbagai pertanyaan pun bermunculan. Apakah boleh kurban di daerah lain yang jauh dari rumah? Bagaimana hukumnya?

Sahabat, khususnya di tahun ini, kita justru dianjurkan untuk berkurban di luar rumah. Mengapa begitu? Mari simak 6 Alasan Kenapa Boleh Kurban di Daerah Lain:

1. Hukumnya Boleh

Kurban di Nusa Tenggara Timur
Berkurban di daerah NTT

Sebelum mengetahui alasan lebih lanjut, terlebih dahulu kita harus tahu hukumnya kurban di daerah lain. Seperti dilansir muslim.or.id, fatawa Syabakah Islamiyah no. 43778:

“Apabila di daerah lain terdapat maslahat yang kuat, yang menuntut untuk mengirimkan hewan kurban ke daerah tersebut, maka boleh-boleh saja berkurban di daerah lain. Sembelihan kurban tersebut sah selama seorang mendermakan hewan kurbannya dengan meniatkan sebagai sembelihan kurban.”

Selain dalil di atas, tidak ada pula dalil eksplisit (nash) yang membatasi kurban harus di daerah asal (domisili). 

Baca Juga : Amankah Kurban Online?

2. Lebih Banyak Maslahat (Kebaikan) 

berbagi hewan kurban
Berbagi langsung dengan mereka di pedalaman

Amal kebaikan kita semakin banyak manfaatnya maka akan semakin besar pula pahalanya. Dengan kurban di daerah lain yang jauh dari rumah, Sahabat bisa ikut mengirimkan daging kurban kepada orang-orang yang sangat membutuhkan, seperti di pedalaman.

Di pedalaman sana kondisinya lebih memprihatinkan daripada kondisi yang kita alami sekarang. Jangankan ada virus covid-19, hari biasa saja masyarakat muslim minoritas di sana sangat kesulitan dalam mendapatkan daging kurban. Maka dari itu, tahun ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk Anda membeli kurban online untuk menyalurkannya pada saudara kita di pedalaman Indonesia.

Ingin mencari lembaga kurban online terbaik? Klik di sini

3. Menaati Anjuran Pemerintah

taat pada anjuran pemerintah

Aturan PPKM, karantina wilayah, dan larangan-larangan lainnya masih menjadi teman akrab bagi kita akhir-akhir ini. Sahabat tentunya jadi tidak bisa leluasa pergi ke pasar hewan atau peternak untuk mencari hewan kurban yang diinginkan.

Dengan memesan kurban di daerah lain secara online, Sahabat dapat ikut serta membantu pemerintah dalam menyukseskan terputusnya rantai penyebaran virus covid-19 karena menghindari kerumunan.

Baca Juga: Kurban Online: Solusi Terbaik untuk Atasi Pandemi Corona

4. Menghemat Energi

cara agar hemat energi
hemat energi

Memasuki bulan Ramadhan, kita disibukkan untuk beribadah sebanyak-banyaknya. Dengan kurban di daerah lain secara online, Sahabat tak perlu datang ke tempat penjualan hewan kurban. Cukup mempercayakan kepada lembaga tertentu untuk mengurus seluruh proses kurban mulai dari pembelian, penyembelihan, hingga pendistribusian.

5. Sistem Pembayaran Online

sistem pembayaran online
Pembayaran secara online.

Bisa menggunakan sistem pembayaran secara online adalah kelebihan kurban di daerah lain yang jauh dari rumah. Sahabat tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang banyak ketika melakukan pembayaran.

Selain itu, transaksi online menhindarkan Sahabat menyentuh uang secara langsung. Seperti diketahui, virus covid-19 bisa menular melalui hal tersebut.

6. Leluasa Memilih Hewan Kurban yang Diinginkan

tips memilih hewan untuk kurban

Alasan lain kenapa sebaiknya kurban di daerah lain adalah Sahabat bisa memilih hewan kurban yang diinginkan secara lebih leluasa. Sahabat bisa memilih beragam jenis kambing atau sapi sekaligus juga melihat kisaran harganya. Dengan cara tersebut Sahabat jadi lebih bebas dan memiliki waktu lebih dalam memilih sehingga menghasilkan pilihan yang terbaik. 

Coba : Cek harga Kambing & Sapi terbaru

Sahabat, itu tadi adalah 6 Alasan Kenapa Kenapa Boleh Kurban di Daerah Lain. Untuk memudahkan Anda melaksanakan ibadah kurban, Insan Bumi Mandiri menyediakan program Kurban di Pedalaman. Tidak hanya memudahkan Anda, tapi dengan kurban online untuk pedalaman Indonesia ini, kita sudah ikut membangkitkan perekonomian peternak lokal di sana.

Semoga di tahun ini kita bisa berkurban dan membantu lebih banyak orang yang membutuhkan ya. Amiin ya Rabbal Alamin.

Bagi Sahabat yang ingin berkurban di pedalaman, klik di sini.