Kesehatan

3 Cara Menghargai Jasa Pahlawan Kesehatan

“Indonesia kembali berduka. Para dokter dan tenaga medis, sebagai pahlawan garda terdepan melawan virus covid-19, berguguran satu per satu.”

Sebagaimana dilansir dari BBC Indonesia per 17 Agustus 2021, tercatat ada 1.891 tenaga kesehatan yang meninggal sepanjang pandemi Covid-19. Rinciannya 640 dokter; 637 perawat; 377 bidan; 98 dokter gigi; 34 ahli gizi; 33 ahli teknologi laboratorium, dan 13 ahli kesehatan masyarakat.

Di tengah kondisi genting pandemi covid-19, kita justru kehilangan banyak tenaga medis. Negara kita bahkan tercatat menjadi yang tertinggi di Asia dalam hal jumlah angka kematian dokter akibat covid-19. Kematian tersebut bisa terjadi karena beberapa dokter, perawat dan tenaga medis lainnya terus-menerus terpapar oleh virus corona dari pada pasien Covid-19.

Seorang dokter pernah mengaku bahwa ia trauma dan sempat merasa kalah di tengah meroketnya kasus positif covid-19 di Pulau JAwa pada bulan Juni hingga Juli lalu. Salah satu mengatakan bahwa ia memikul beban jiwa yang sangat berat akibat pandemi. Sebab, meskipun secara mental ia telah terlatih untuk tetap tegar saat melihat ajal, tapi ia juga tak pernah menyangka bakal menghadapi begitu banyak kematian.

Cara Menghargai Jasa Dokter

Lantas, apa yang perlu kita lakukan untuk menghargai perjuangan dan jerih payah mereka? Jangan sampai, pengorbanan yang telah mereka lakukan sia-sia karena ketidakpedulian kita. Berikut 5 cara menghargai jasa pahlawan kesehatan yang mestinya kita lakukan:

1.    Memberikan Semangat

memberikan semangat untuk pahlawan kesehatan
Dokter dan tenaga kesehatan adalah pahlawan kesehatan.

Dokter dan para tenaga medis juga manusia, mereka bisa lelah dan kehilangan motivasi saat melakukan pekerjaannya. Sebagai sesama warga negara Indonesia, sudah sepantasnya kita selalu memberikan semangat untuk mereka.

Sahabat bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh warga Inggris. Pada waktu yang telah ditentukan, mereka bertepuk tangan dengan meriah dari depan pintu rumah, balkon, dan jendela rumah mereka untuk menunjukkan penghargaan mereka terhadap para tenaga medis yang sudah berjuang sekuat tenaga merawat pasien covid 19.

Meski tidak dalam bentuk yang sama, kita bisa mendukung mereka melalui media sosial kita masing-masing. Atau bisa juga secara langsung apabila Sahabat memiliki teman atau kerabat yang bekerja di rumah sakit.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat Di Saat Pandemi

2.    Tetap Lakukan Protokol Kesehatan

tetap lakukan protokol kesehatan
Menggunakan masker merupakan salah satu cara menjaga protokol kesehatan.

Sebagian besar dari Sahabat mungkin sudah bosan mendengar ini. Memakai masker, selalu mencuci tangan, dan menjaga jarak. 3 hal yang hampir selalu kita dengar setiap hari. Namun, justru itulah cara yang dapat kita lakukan untuk menghargai jasa pahlawan kesehatan.

Patuh terhadap protokol kesehatan dapat membantu menekan angka penyebaran covid 19. Hal ini akan membuat rumah sakit tidak kewalahan dalam menangani banyaknya pasien yang masuk. Tentunya dokter dan tenaga medis juga menjadi tidak kelelahan dalam menjalankan tugasnya. 

Maka dari itu, yuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan! Jadikan pengorbanan mereka tidak sia-sia dengan langkah kecil yang kita lakukan.

Baca Juga: Rahasia Aman Corona Dari Masyarakat Pedalaman

3.    Mendoakan Mereka

doa terbaik untuk tenaga kesehatan
Memberikan doa terbaik.

Cara menghargai jasa pahlawan kesehatan yang terakhir adalah mendoakan mereka. Seperti diketahui, kekhawatiran dan kecemasan terhadap virus Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan fisik seseorang, tapi juga kesehatan mental. Jiwa yang tenang adalah kunci agar mental kita tetap baik-baik saja menghadapi pandemi.

Berdoa untuk keselamatan dan kesehatan seluruh tenaga medis yang bertugas, adalah upaya paling mudah yang dapat kita lakukan saat ini. Mendoakan mereka yang masih hidup agar terus diberi kekuatan,juga mendoakan yang telah meninggal agar mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

Baca Juga: 3 Doa Agar Selalu Diberikan Kesehatan

Pada akhirnya, kita hanyalah manusia yang lemah tanpa kehadiran-Nya. Menghargai jasa pahlawan kesehatan adalah upaya kita untuk berjuang bersama melawan virus covid 19. Semoga kita dapat memenangkan peperangan ini.

Sahabat, mari bantu lindungi mereka sekarang.

bersama bantu mereka yang sedang mengalami kesulitan dalam hidup