Kesehatan

12 Tips Pilih Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah

Siapa yang tak pernah makan jajanan anak sekolah saat kecil dulu? Makanan ini merupakan kebutuhan kita di kala istirahat pelajaran, atau setelah bel pulang sekolah berbunyi. Jajanan anak sekolah jadi andalan untuk memenuhi kebutuhan kalori kita yang terkuras setelah seharian lelah menerima pelajaran.

Sayangnya, tidak semua jajanan yang kita beli berasal dari tempat yang sehat dan bersih. Kita perlu selektif dalam memilih jajanan anak sekolah agar terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

Cara Memilih Jajanan Sehat

Memilih jajanan yang sehat tidak hanya penting bagi anak-anak saja. Namun, juga berlaku bagi kita yang sudah dewasa. Apalagi sekarang ada begitu banyak makanan dan jajanan yang dapat di pesan dengan cara instan, misalnya seperti dengan menggunakan aplikasi maupun website.

Memilih jawaban yang sehat selain di lihat dari segi rasa dan juga aroma, memperhatikan nilai gizi juga begitu penting. Berikut adalah 12 tips memilih jajanan anak sekolah yang sehat:

1. Memperhatikan Kebersihan Makanan

memperhatikan kebersihan makanan
Memperhatikan Kebersihan Makanan.

Tips pertama untuk memastikan bahwa jajanan anak sekolah yang kita makan sehat adalah dengan memperhatikan faktor kebersihannya, yaitu dengan melihat apakah makanan tersebut dihinggapi lalat atau tidak, dan juga aman dari paparan debu.

Dengan memperhatikan kebersihan makanan dimulai dari kemasannya, membuat kita merasa lebih aman dalam mengonsumsinya. Karena sudah terhindar dari segala penyakit.

2.    Hindari Warna Mencolok

hindari makanan mencolok
Menghindari Makanan yang Memiliki Warna Mencolok.

Selazimnya anak-anak pada umumnya, mereka akan memilih jajanan yang punya warna mencolok karena terlihat lebih menarik. Namun, hal itu sebaiknya dihindari, karena biasanya jajanan berwarna mencolok mengandung zat pewarna berbahaya sehingga harus dihindari. Zat tersebut juga dapat memicu terjadinya kanker.

3.    Memperhatikan Bungkus Makanan

memperhatikan bungkus makanan

Sahabat perlu menghindari jajanan anak sekolah yang berasal dari koran bekas atau kertas bekas. Karena bahan tersebut rentan sekali terkontaminasi dengan virus dan juga bakteri. Kemasan tersebut tidak tahu kita bagaimana asal muasalnya, apabila menjadi tempat makanan untuk kita tentu akan sangat berbahaya.

4.    Jangan Tergiur dengan Harga Murah

jangan tergiur harga murah
Jangan Tergiur dengan Harga Murah.

Harga yang murah tentu menjadi salah satu alasan mengapa banyak dari kita memutuskan untuk membeli makanan tertentu. Namun, harga yang murah juga perlu untuk dipertanyakan.

Saat memilih jajanan anak sekolah, jangan mudah tergiur dengan harganya yang murah. Perhatikan dulu jajanannya adalah tidak terjebak memakan bahan sintesis yang berbahaya bagi tubuh.

5. Memperhatikan Kebersihan Penjual

memperhatikan kebersihan penjual.
Seorang Penjual Bakso sedang Menunggu Pelanggannya.

Selain kebersihan makanan tips lain untuk memilih jajanan makanan adalah memperhatikan kebersihan penjual. Semakin bersih tempat jualannya maka semakin layak jajanan tersebut untuk dimakan. 

6.    Memilih Jajajan yang Bergizi

memilih jajanan bergizi
Memilih Jajanan yang Bergizi.

Tak dapat dipungkiri kandungan gizi yang baik akan semakin menambah kualitas dari makanan. Meski membeli jajanan di luar, usahakan hal ini tidak dilupakan. Jajanan yang baik mengandung lemak, protein, mineral, dan karbohidrat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

7.    Memilih Jajanan yang Ditutup Rapat

memilih jajanan yang tertutup rapat

Hindari membeli jajanan anak sekolah yang dijual di tempat terbuka serta tidak terlindungi oleh penutup. Jajanan tanpa penutup dapat berpotensi terkontaminasi oleh asap kendaraan bermotor, debu, dan juga lalat yang hinggap di atas jajanan.

Baca Juga : Daftar Makanan Sehat Di Tengah Pandemi

8.    Teliti Dalam Memilih

cendol jajanan kota bandung
Lebih Cermat dalam Memilih Makanan.

Sebelum memilih, ada baiknya meneliti lebih lanjut mengenai jajanan yang akan kita beli. Terkadang ada pedagang nakal yang menjual makanan yang sudah basi atau makanan sisa. Perhatikan juga beberapa hal seperti tanggal kadaluarsa pada kemasan, bau aneh pada makanan, dan juga jika berubah warna atau berjamur.

9.    Menyicipi Rasanya

menyicipi rasanya
Mencicipi Rasa Sebelum Mengonsumsinya.

Jajanan yang tidak aman dikonsumsi umumnya akan terasa sangat gurih dan membuat lidah jadi bergetar. Hindari jajanan yang memiliki ciri-ciri seperti ini. Penting juga bagi Anda untuk memeriksa makanan tersebut, apabila terdapat kandungan bahan-bahan yang berbahaya maka jangan mengonsumsinya.

10.    Memilih Bahan Alami

memilih bahan alami
Memilih Bahan Alami.

Ada baiknya memilih jajanan yang sedikit melewati proses penggorengan atau pembakaran. Daripada membeli sosis bakar, lebh baik memilih buah segar atau rujak, bukan? Meski sama-sama jajanan anak sekolah, buah lebih punya gizi sehat daripada sosis bakar.

Baca Juga: 4 Tips Rahasia Aman Di Tengah Corona

11.    Menghindari Junk Food

menghindari junk food
Junk Food Banyak DIgemari oleh Masyarakat.

Kemudahan zaman membuat banyak hal menjadi serba praktis, termasuk saat kita ingin mengonsumsi makanan. Salah satunya adalah Junk Food, selain penyajiannya yang mudah dan cepat rasanya juga tidak kalah enak dengan makanan lain.

Tidak sedikit yang menjual jajanan anak sekolah berupa junk food dan kawan-kawannya. Sebaiknya tidak sering mengonsumsi junk food karena di dalamnya tidak memiliki nutrisi yang cukup. Jajanan jenis junk food juga dapat membuat penyakit berbahaya di dalam tubuh.  

12.    Membawa Alat Makan Sendiri

membawa alat makan sendiri
Bakso, Siomay dan Batagor Menjadi Salah Satu Favorit Kawula Muda.

Bakso, Siomay, dan Batagor adalah tiga jenis makanan yang biasanya disuguhkan dengan mangkuk atau piring milik penjual. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya membawa peralatan makan sendiri. Belum lagi jika mangkok hanya dicuci di dalam ember yang airnya jarang diganti.

Nah, Sahabat. Itu tadi 12 tips memilih jajanan anak sekolah yang sehat dan aman dikonsumsi. Di masa pandemi seperti sekarang ini, kewaspadaan kita harus semakin ditingkatkan terutama dalam memilih makanan agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Sahabat, sayangnya saudara-saudara kita di pedalaman masih kesulitan mendapatkan makanan yang layak. Jangankan membeli jajanan anak sekolahan, untuk membeli makan sehari-hari saja mereka masih kesulitan. Saatnya membantu mereka sekarang!

Mari bantu mereka yang membutuhkan.