Kesehatan

Tips Vaksinasi Covid-19: Sebelum, Saat dan Sesudahnnya

Hingga saat ini pandemi Covid-19 masih belum saja berhenti. Terhitung sudah hampir satu tahun lebih, kita berdamai dengan diri sendiri dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pemberitaan tentang perkembangan corona pun sudah mulai dikurangi, hal tersebut dilakukan demi menjaga kesehatan mental dari masyarakat agar tidak mudah panik.

Bicara mengenai vaksin di artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai vaksin beserta cara kerjanya. Mungkin bagi Sahabat yang belum mengetahui vaksin dan juga cara kerjanya bisa membaca artikel tersebut terlebih dahulu. Sebelum membahas lebih jauh mengenai proses vaksinasi dan juga tips setelah vaksin.

Pertimbangan Sebelum Vaksin

Vaksin digunakan untuk memancing antibodi yang ada di dalam tubuh agar kita kebal terhadap suatu virus. Sebenarnya penggunaan vaksin bukanlah hal yang asing ditelinga kita. Sejak kecil kita juga sudah mengalami beberapa kali vaksin seperti vaksin cacar, polio, campak dan juga lainnya. Namun dikarenakan saat ini virusnya berbeda maka mungkin kita masih penasaran maupun khawatir akan terjadi sesuatu.

Jika melihat berita memang di beberapa daerah ada pasien yang setelah melakukan vaksinasi mengalami kondisi yang tidak diinginkan. Nah, sebagai salah satu bentuk ikhtiar kita juga masih bisa mengusahakan agar proses vaksinasi bisa berjalan dengan baik dan juga lancar.

Sebelum Melakukan Vaksinasi

mempersiapkan fisik dan mental merupakan modal utama melakukan vaksinasi

Bagi Sahabat yang ingin melaksanakan vaksinasi sebaiknya melakukan medical cek-up terhadap riwayat penyakit yang pernah dialami. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan pada saat vaksinasi berlangsung. Sebagai contoh jika Anda pernah memiliki riwayat penyakit jantung, maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter.

Selain itu, Anda juga bisa memeriksakan kondisi kesehatan Anda beberapa hari sebelum di vaksin. Seperti berolahraga secara teratur, tidur yang cukup dan juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Hal tersebut dilakukan agar jika nanti saat pelaksanaan vaksinnya tiba. Sahabat memiliki kondisi yang sedang fit untuk divaksin, karena sejatinya proses vaksinasi adalah memasukan suatu virus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh guna memancing antibodi.

Saat Melakukan Vaksinasi

tetap menjaga protokol kesehatan saat di tempat vaksin

Beberapa hari sebelumnya biasanya Anda sudah mendapatkan jadwal kapan waktu beserta lokasinya. Jika sudah seperti itu, maka langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah datang tepat waktu dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Sebagai gambaran biasanya sebelumnya Anda diharuskan untuk mengambil nomor antrian, setelah itu melakukan pendaftaran ulang. Sambil biasanya Anda disuruh menunggu bersama dengan pasien lainnya. Kemudian setelah itu barulah bisa melakukan pengecekan tekanan darah serta tahapan terakhir proses vaksinasi.

Biasanya seorang pasien yang sudah divaksin disarankan untuk menunggu selama 30 menit untuk melihat apakah mengalami reaksi pada pasiennya atau tidak. Jika memang sudah maka pasien bisa diperbolehkan untuk pulang dan juga istirahat.

Setelah Melakukan Vaksinasi

lari merupakan salah satu usaha agar badan tetap sehat dan bugar

Banyak yang berpikir jika setelah melakukan proses vaksinasi maka akan kebal terhadap virus corona sehingga membuat tidak patuh terhadap protokol kesehatan yang berlaku. Padahal kenyataannya belum tentu. Selain menjaga diri kita sendiri dengan melaksanakan protokol kesehatan, kita juga ikut serta dalam menjaga orang-orang tersayang yang berada di sekitar kita.

Sahabat bisa menerapkan beberapa pola hidup sehat yang sebelumnya sudah dibahas misalkan seperti berolahraga secara teratur, tidur yang cukup serta mengkonsumsi buah dan sayur sebagai makanan yang bergizi.

Dengan melakukan  vaksinasi serta menjaga protokol kesehatan dan juga ikhtiar-ikhtiar lainnya semoga senantiasa sehat. Aamiin

Sahabat mari sejenak melihat ke samping, di luar sana ada begitu banyak saudara kita yang membutuhkan pertolongan dari kita. Sahabat bisa membantu mereka dengan hanya mengklik link di sini

bersama bantu mereka yang sedang mengalami kesulitan dalam hidup