Kesehatan

Kenali Vaksin dan Cara Kerjanya

Tepat setahun yang lalu, pandemi COVID-19 melanda negara kita, Indonesia. Setelah melewati masa pandemi sekian lama, kini vaksin telah berhasil diciptakan sebagai perlindungan dari infeksi dan penyebaran virus tersebut.

Wabah COVID-19 berawal dari kota Wuhan di Cina. Virus ini kemudian menyebar ke seluruh penjuru negeri dan berubah menjadi suatu pandemi yang saat ini masih kita alami.

Munculnya pandemi ini menyebabkan banyak perubahan di dalam hidup kita. Dulu kita bisa berkumpul bersama kawan dan keluarga, bebas traveling ke mana pun, dan juga bisa belajar di sekolah dengan nyaman.

Sekarang kita dituntut untuk memiliki kebiasaan baru yang disebut juga dengan “New Normal”.

Setahun kita berusaha menjaga jarak, menjauhi keramaian, dan menjalani pola hidup sehat demi menjaga kesehatan untuk diri sendiri juga orang tersayang.

Akhirnya, di awal tahun 2021 ini, ada kabar baik yang datang untuk Sahabat. Saat ini, vaksin COVID-19 telah sampai ke Indonesia dan dalam proses pendistribusian ke seluruh daerah di Indonesia. Artinya dalam waktu dekat Sahabat akan melakukan proses vaksinasi.

Kedatangan vaksin ini medapat berbagai jenis tanggapan dari masyarakat. Ada yang menyambut baik, akan tetapi tak sedikit pula yang ragu dengan keefektifannya.

Lalu apa sebenarnya vaksin itu? Mengapa masih banyak orang yang menolak keberadaannya?

Mari kita pelajari beberapa hal mengenai vaksin berikut ini

1. Pengertian Vaksin

Vaksin merupakan suatu zat yang memiliki peran untuk membentuk sistem imun atau kekebalan dalam tubuh Sahabat. Vaksin ini bersifat antigenik, yang artinya dapat merangsang perkembangan sistem imun dengan meningkatkan pembentukan antibodi di dalam tubuh.

Menurut World Health Organization (WHO), vaksin telah menyelamatkan banyak orang dari penyakit yang berbahaya. Beberapa vaksinasi atau imunisasi yang wajib Sahabat dapatkan yaitu TBC, polio, hepatits, campak, dan DPT (Difteri,Pertusis, dan Tetanus.

2. Jenis dan Cara Kerja Vaksin

Sahabat, vaksin dapat berasal dari berbagai jenis bahan. Ada yang berasal dari virus hidup yang telah dilemahkan, virus inaktif, toksoid atau racun yang terdapat pada virus, dan bagian-bagian tertentu dari virus tersebut.

Vaksin yang telah masuk ke dalam tubuh dapat merangsang kerja dari sel imun dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan. Sel imun yang telah terbentuk dan berhasil mengalahkan virus kemudian membentuk memori. Memori inilah yang nantinya digunakan sel imun untuk menyerang virus ketika akan menyerang tubuh kita untuk kedua kalinya.

Jadi vaksin ini sangat penting untuk membentuk sel imun di tubuh Sahabat dalam melawan virus yang berbahaya.

3. Gejala Pasca Vaksinasi

Di balik sistem kerjanya yang efektif dalam meningkatkan sistem imun. Banyak juga yang mengalami efek samping pasca penggunaan vaksin. Beberapa gejala yang dialami adalah bengkak, demam, kemerahan, pegal-pegal, dan lemas.

Tenang, Sahabat tidak perlu panik atau pun takut, gejala seperti itu adalah hal yang normal pasca melakukan proses vaksinasi.

Gejala-gejala tersebut adalah respon alami tubuh saat sistem imun bekerja untuk mengalahkan virus yang masuk ke dalam tubuh. Gejala ini juga menjadi indikasi bahwa sel imun Sahabat bekerja dengan baik dalam melawan virus.

Jika Sahabat atau rekan Sahabat mengalami gejala pasca melakukan proses vaksinasi, Sahabat dapat mengonsumsi makanan bergizi baik, tidur yang cukup, atau minum suplemen. Gunanya untuk membantu sel imun yang sedang melawan virus agar tetap bekerja optimal.

Baca juga : 5 Gejala Baru Virus Corona yang Wajib Diketahui

Melalui proses vaksinasi telah banyak jiwa yang terselamatkan dari penyakit mengerikan. Salah satu keberhasilan vaksin yang paling menakjubkan yaitu penyakit cacar yang kejadiannya menurun bahkan hampir tidak ada di tahun 1980.

Tingkat keberhasilan vaksin dalam menangani suatu penyakit juga menjadi harapan kita semua di masa pandemi ini. Vaksin COVID-19 diharapkan dapat menciptakan respon kekebalan agar kita dapat kembali beraktivitas seperti semula.

Sahabat, selain menjaga kesehatan diri sendiri, kita juga perlu peduli terhadap kondisi kawan kita yang masih kesulitan untuk mendapat fasilitas kesehatan atau pun sekedar mendapat makanan yang sehat.

Sahabat dapat membantu kawan kita dengan memberikan donasi untuk menciptakan Indonesia yang sehat dengan klik disini.