Inspiratif

Tips Memilih Taman Pendidikan Al-Quran yang Sesuai untuk Anak

tips memilih tpq

Selain memberikan pendidikan di tingkat formal, tentu tak kalah penting untuk memberikan pendidikan Agama sejak usia dini pada anak-anak. Di Indonesia,kehadiran Taman Pendidikan Al-Quran atau yang biasa disebut TPQ tampaknya memiliki peran yang cukup besar untuk membantu pengajaran pendidikan agama Islam sejak usia kanak-kanak. 

Saat ini, mendaftarkan anak-anak di TPQ menjadi pilihan banyak orang tua untuk menanamkan pendidikan Islam di usia dini. Lalu bagaimana tips memilih TPQ yang tepat dan sesuai untuk anak? Berikut penjelasannya.

Pengertian TPQ

Taman Pendidikan Al-Quran atau yang biasa disebut dengan TPQ merupakan sebuah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal agama Islam. Tujuan dibentuknya TPQ yaitu untuk mengajarkan ilmu Alquran pada anak-anak sejak usia dini. 

TPQ umumnya diperuntukkan bagi anak-anak berusia antara 7-12 tahun karena lembaga ini bisa dibilang setara dengan tingkat RA atau taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

Sebagai lembaga pendidikan, TPQ juga telah memiliki dasar hukum untuk menyelenggarakan pendidikannya. Penyelenggaraan Taman Pendidikan Al-Quran atau TPQ di Indonesia didasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2007 pasal 24 ayat 2 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan yang berbunyi sebagai berikut: 

“Pendidikan Al-Quran terdiri dari taman kanak-kanak Al-Quran (TKQ), Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), Ta’limul Quran lil Aulad (TQA), dan bentuk lain yang sejenis.”

Tips Memilih TPQ yang Tepat untuk Anak 

Seperti pada pendidikan formal umumnya, para orang tua tentu menginginkan anak-anaknya juga bisa mendapatkan pendidikan terbaik dalam hal agama Islam. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua  agar memilih TPQ yang tepat dan terbaik untuk anak-anak mereka. 

Apabila Sahabat saat ini tengah kebingungan mencari TPQ yang tepat untuk sang buah hati, Sahabat bisa mencoba beberapa tips memilih TPQ berikut ini. 

1. Pertimbangkan Lokasi dan Jarak TPQ dari Rumah 

Tips memilih TPQ yang tepat untuk anak bisa dimulai dari lokasi. Sebaiknya Sahabat memilih TPQ dengan lokasi dan jarak yang tidak terlalu jauh dari rumah. Dengan lokasi TPQ yang dekat dengan rumah, anak-anak bisa menghemat waktu dan biaya untuk pergi ke TPQ tersebut. 

Lokasi TPQ yang berdekatan dengan rumah juga membuat Sahabat bisa lebih tenang karena baik Sahabat maupun si kecil sudah sama-sama mengenali lingkungan tersebut. Apabila si anak sudah berani untuk berangkat mengaji sendiri, Sahabat pun tak perlu khawatir karena tetap bisa mengawasinya kapan saja karena lingkungan TPQ yang tak terlalu jauh dari rumah.

2. Pilih TPQ dengan Jadwal yang Sesuai

Selain mempertimbangkan lokasi, jadwal pembelajaran juga menjadi poin penting dalam tips memilih TPQ untuk anak. Perlu diingat bahwa anak-anak juga harus menyesuaikan jadwal belajar di TPQ dengan jadwal dan kegiatan mereka di sekolah formal. 

Pastikan jika jadwal pembelajaran di TPQ yang Sahabat pilih tidak berbenturan dengan jadwal sekolah dan kegiatan lainnya. Sahabat juga bisa mempertimbangkan lama waktu belajar di TPQ tersebut untuk memastikan jadwal keseharian anak-anak tidak terlalu padat, mengingat usia anak-anak juga masih membutuhkan waktu beristirahat yang cukup.

Baca Juga: 10 Kegiatan di Taman Pendidikan Alquran

3. Perhatikan Kualitas Pengajar dan Kurikulum di TPQ

Tips memilih TPQ yang cukup penting tentunya adalah dengan memperhatikan kualitas para pengajar serta kurikulum pendidikan yang dilaksanakan di TPQ tersebut. Sahabat tentu ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak. Oleh karena itu, poin ini menjadi sangat penting. 

Sebelum mendaftarkan anak ke TPQ yang dituju, Sahabat bisa mencari tahun terlebih dahulu mengenai kurikulum hingga para pengajar di TPQ tersebut dengan mendatangi langsung ataupun mencari tahu dari kerabat yang telah lebih dulu mendaftarkan anak-anaknya di TPQ tersebut. 

4. Cek Besaran Iuran dan Sesuaikan dengan Kesanggupan

Meski biaya pendidikan di TPQ tidak semahal dengan biaya pendidikan di jenjang sekolah formal, namun setiap TPQ umumnya tetap memiliki besaran iuran yang disepakati.

Ada baiknya jika Sahabat juga mencari tahu di awal mengenai besarnya iuran yang harus dibayarkan oleh setiap anak untuk menempuh pendidikan di TPQ yang dipilih. Semakin besar  iuran yang harus dibayarkan tentunya berbanding lurus dengan fasilitas yang didapatkan oleh anak-anak. 

Oleh karena itu, penting pula untuk mencari tahu besaran iuran wajib di TPQ tersebut sehingga Sahabat juga bisa memilih TPQ yang sesuai dengan kebutuhan. 

Itulah beberapa tips memilih TPQ yang tepat untuk anak. Dengan memilih tempat belajar Al-Quran yang tepat, diharapkan anak pun bisa terus bersemangat untuk belajar sehingga ilmu-ilmu Islam bisa ditanamkan sejak mereka  berusia dini. 

Saat ini, Taman Pendidikan Al-Quran atau TPQ pun semakin banyak berdiri di berbagai tempat. Hal ini membuat Sahabat bisa memiliki lebih banyak pilihan untuk mendaftarkan anak-anak ke TPQ yang sesuai dengan kondisi masing-masing. 

Sedekah Jariyah untuk TPQ di Pedalaman

Tak hanya di perkotaan, TPQ di pedalaman pun kini jumlahnya semakin banyak. Sayangnya, masih banyak pula TPQ-TPQ di pedalaman dengan kondisi yang tak layak dan amat memprihatinkan. Yuk bantu bangun TPQ yang layak untuk anak-anak di pedalaman dengan klik di sini