Inspiratif

Tips Aman Sholat Berjamaah di Masjid Tanpa Takut Corona

agar supaya shalat berjamaah aman

Virus Corona atau Covid-19 sudah mulai merebak di Indonesia. Tercatat sudah ada 309 kasus positif Corona di Indonesia sampai dengan hari ini (19 Maret 2020). Jumlah korban meninggal dunia pun dilaporkan terus bertambah. 

Penyebaran virus corona yang cepat berdampak pada keputusan pemerintah yang meliburkan sekolah dan menghimbau agar tetap tinggal di rumah selama 2 minggu ke depan. Sejumlah kegiatan yang melibatkan banyak orang juga dibatasi, salah satunya adalah ibadah. 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang penyelanggaraan ibadah di tengah wabah Covid-19. Fatwa nomor 14 tahun 2020 yang dirilis pada Hari Senin, 16 Maret 2020 menyebutkan bahwa jika berada di kawasan yang memiliki potensi penularan tinggi maka boleh meninggalkan jamaah salat lima waktu dan juga salat jum’at.

Jika Sahabat berada di daerah yang memiliki risiko penularan yang rendah, tidak perlu khawatir. Berikut adalah tips-tips agar aman beribadah di tengah Covid-19    :

1.    Menjaga Kebersihan Lantai Masjid

menjaga kebersihan lantai masjid

Penting untuk menjaga masjid agar tetap bersih agar aman dari bakteri dan virus apapun. Bisa dilakukan dengan cara mengepel lantai masjid dengan karbol sesering mungkin, minimal 2 kali sehari.  

2.    Desinfeksi Karpet 

manfaat membersihkan karpet

Selanjutnya, karpet sebagai alas sholat juga harus diperhatikan kebersihannya. Agar bebas dari virus, kuman dan bakteri, dapat disemprot menggunakan desinfektan. Selain itu, desinfeksi juga dapat dilakukan di seluruh bagian masjid, seperti dinding, tiang, tempat wudhu, kamar mandi, dan bagian masjid yang lain.

3.    Membawa Sajadah Sendiri

manfaat bawa sajadah sendiri

Setiap salat di masjid, Sahabat dianjurkan untuk selalu membawa sajadah sendiri. Hal ini bertujuan untuk mencegah tersebarnya Covid-19 yang memiliki potensi tertular ketika sedang melakukan salat. Karena ketika sujud, Covid-19 serta kuman dan bakteri lainnya dapat menyentuh mulut dan juga hidung. Virus kemudian akan menempel dan jika ada orang yang salat di tempat yang sama maka bisa menular. 

Baca Juga : Standar Kebutuhan Air Bersih untuk Tiap Orang

4.    Memisahkan Orang Batuk

memisah dari orang yang batuk

Jika Sahabat menemukan orang yang batuk ketika sholat, maka sebaiknya dipisahkan minimal 1,8 meter. Karena virus corona dapat menular antarmanusia lewat batuk serta bersin dan juga melalui makanan tercemar air liur orang yang sudah terinfeksi virus tersebut. 

5. Menjaga Diri dari Orang yang Batuk

Sahabat juga harus menjaga diri dari orang yang batuk, bisa dilakukan dengan cara menutupkan sorban atau masker ke mulut apabila terdengar ada yang batuk-batuk. Apabila Sahabat tidak membawa kedua alat tersebut, maka tutup dengan lengan bagian dalam. 

Itulah tips yang bisa Sahabat lakukan agar dapat beribadah dengan tenang. Tetap jaga kebersihan ya sahabat, dan jangan panik. Semoga wabah ini cepat berlalu dan kita semua mendapat lindungan dari Allah SWT kapanpun dan dimanapun berada. Amiin Ya Rabbal ‘Alamin.